Sukses

Mengenal Apa Itu Futures di Investasi Kripto

Liputan6.com, Jakarta - Dalam investasi kripto dikenal dengan istilah futures. Cryptocurrency futures adalah kontrak antara dua investor yang bertaruh pada harga cryptocurrency di masa depan. 

Dilansir dari Investopedia, Rabu (10/8/2022), Futures memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur ke cryptocurrency tertentu tanpa membelinya. Kripto futures menyerupai kontrak berjangka standar untuk komoditas atau saham karena memungkinkan Anda bertaruh pada lintasan harga aset dasar.

Kontrak berjangka Bitcoin pertama terdaftar di Cboe pada awal Desember 2017 tetapi segera menghentikannya. Chicago Mercantile Exchange (CME) memperkenalkan kontrak berjangka Bitcoin pada Desember 2017 juga. 

Kontrak perdagangan pada platform perdagangan elektronik Globex, diselesaikan secara tunai. Bitcoin dan Eter berjangka didasarkan pada Tingkat Referensi Bitcoin CME CF dan Tingkat Referensi Eter CME CF.

Memahami Cryptocurrency Futures

Kontrak berjangka dari aset dasar adalah turunan dari aset tersebut. Kontrak ini dibeli dan dijual antara dua investor komoditas, dan mereka berspekulasi tentang harga aset tersebut pada tanggal tertentu di masa depan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keuntungan Perdagangan Berjangka Cryptocurrency

Kontrak memiliki jumlah unit tertentu, penetapan harga, persyaratan marjinal, dan metode penyelesaian yang harus dipenuhi investor.

Keuntungan Perdagangan Berjangka Cryptocurrency

Keuntungan utama dari perdagangan kontrak berjangka Bitcoin adalah mereka menawarkan eksposur yang diatur ke cryptocurrency. Dalam ekosistem yang bergejolak dengan perubahan harga yang liar, itu adalah poin penting. Kontrak berjangka Bitcoin di CME diatur oleh Commodities Futures Trading Commission (CFTC). Ini menawarkan ukuran kepercayaan dan bantuan kepada investor institusi, yang terdiri dari mayoritas pedagang dalam kontrak semacam itu.

Lebih Sederhana

Bitcoin berjangka juga menyederhanakan proses investasi di Bitcoin. Investor tidak perlu membuat dompet Bitcoin atau menyimpan uang sebagai solusi penyimpanan dan keamanan saat berdagang karena tidak ada pertukaran fisik Bitcoin.

Lebih Aman Daripada Memiliki Kripto

Kontrak berjangka Bitcoin relatif lebih aman untuk mencoba-coba Bitcoin tanpa terbakar karena kontrak berjangka memiliki batas posisi dan harga yang memungkinkan investor untuk membatasi eksposur risiko mereka ke kelas aset.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Rabu Pagi 10 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Rabu, 10 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah alami reli singkat satu hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi (10/8/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 2,74 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, harga bitcoin masih menguat 0,92 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.207 per koin atau setara Rp 344,8 juta (asumsi kurs Rp 14.860 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 3,92 persen, tetapi masih menguat 4,09 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.706 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah tipis 0,19 persen, tetapi masih meroket 14,42 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 324,64 per koin. 

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang melemah. Dalam satu hari terakhir ADA turun 3,85 persen. Namun ADA masih menguat 3,35 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5153 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga ambles pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL merosot 4,46 persen dan 1,45 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 40,53 per koin.

XRP turut ambles pada perdagangan pagi ini. XRP anjlok 2,93 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,09 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3692 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam sedikit turun dari level USD 1,1 triliun menjadi USD 1 triliun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS