Sukses

Koreksi Pasar Ancam Nilai Simpanan Kripto Korea Utara

Kondisi ini memengaruhi bagaimana rencana Korea Utara untuk mendanai program senjatanya.

Liputan6.com, Jakarta Melemahnya pasar cryptocurrency telah menghapus jutaan dolar dana yang dicuri oleh peretas Korea Utara, kata empat penyelidik digital. Hal ini menurut mereka mengancam sumber utama pendanaan untuk Korea Utara yang terkena sanksi dan program senjatanya.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (2/7/2022), Korea Utara diduga telah mencurahkan sumber daya untuk mencuri cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir, menjadikannya ancaman peretasan yang kuat dan mengarah ke salah satu pencurian cryptocurrency terbesar yang tercatat pada Maret, di mana hampir USD 615 juta atau sekitar Rp 9,2 triliun dicuri, menurut Departemen Keuangan AS.

Menurut dua sumber pemerintah Korea Selatan yang menolak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah ini mengatakan penurunan tiba-tiba dalam nilai kripto, yang dimulai pada Mei di tengah perlambatan ekonomi yang lebih luas, memperumit kemampuan Pyongyang untuk menguangkan kripto curian. 

Kondisi ini memengaruhi bagaimana rencana Korea Utara untuk mendanai program senjatanya.

Itu terjadi ketika Korea Utara menguji sejumlah rekor rudal yang diperkirakan oleh Institut Analisis Pertahanan Korea di Seoul telah menelan biaya sebanyak USD 620 juta sepanjang tahun ini dan bersiap untuk melanjutkan uji coba nuklir di tengah krisis ekonomi.

Kepemilikan kripto Korea Utara yang lama dan tidak dicuci telah dipantau oleh perusahaan analitik blockchain yang berbasis di New York Chainalysis, yang mencakup dana yang dicuri dalam 49 peretasan dari 2017 hingga 2021. Semua nilainya telah menurun nilainya dari USD 170 juta menjadi USD 65 juta sejak awal tahun.

Salah satu cache cryptocurrency Korea Utara dari pencurian 2021, yang bernilai puluhan juta dolar, telah kehilangan 80 persen hingga 85 persen dari nilainya dalam beberapa minggu terakhir dan sekarang bernilai kurang dari $10 juta, kata Nick Carlsen, seorang analis dengan TRM Labs, perusahaan analisis blockchain lain yang berbasis di AS.

Seseorang yang menjawab telepon di kedutaan Korea Utara di London mengatakan dia tidak bisa mengomentari kecelakaan itu karena tuduhan peretasan mata uang kripto adalah "berita yang benar-benar palsu."

"Kami tidak melakukan apa-apa," kata orang yang hanya menyebut dirinya sebagai diplomat kedutaan. Kementerian luar negeri Korea Utara menyebut tuduhan semacam itu sebagai propaganda AS.

Serangan Maret lalu senilai USD 615 juta terhadap proyek blockchain Ronin, yang menggerakkan game online populer Axie Infinity, adalah pekerjaan operasi peretasan Korea Utara yang dijuluki Lazarus Group, kata pihak berwenang AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.