Sukses

Pasar Kripto Menguat Sepanjang Pekan Keempat Juni di Tengah Sentimen Negatif

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin dan altcoin teratas lainnya berhasil naik sepanjang pekan keempat Juni 2022 di tengah berbagai sentimen negatif dari industri dan ketidakpastian ekonomi. 

Pada Rabu, 22 Juni 2022, harga bitcoin melonjak sekitar 1 persen menjadi USD 20.698 atau sekitar Rp 307 juta, menurut Coin Metrics. Sebelumnya, selama akhir pekan, Bitcoin sempat jatuh ke level USD 17.958.05. Itu merupakan titik terendah sejak Desember 2020.

Rebound pasar kripto terjadi di tengah berita utama bearish untuk industri cryptocurrency yang dimulai dengan tekanan dari kekuatan ekonomi makro. Harga grosir naik mendekati rekor kecepatan tahunan pekan lalu dan Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya sebesar tiga perempat poin persentase, kenaikan terbesar sejak 1994.

Perusahaan cryptocurrency, termasuk Coinbase dan BlockFi, memberhentikan karyawan. Pemberi pinjaman kripto, yang menjanjikan hasil tinggi kepada pengguna untuk menyimpan koin digital mereka Celsius membekukan penarikan yang telah memicu ketakutan kebangkrutan.

Seorang analis pasar kripto di bursa bitcoin Jepang Bitbank, Yuya Hasegawa mengatakan penurunan yang terjadi pada akhir pekan tidak terlalu dalam.

"Lingkungan makro belum benar-benar berubah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal minggu lalu. Masih belum ada tanda yang jelas dari inflasi turun dan the Fed mungkin masih mendorong ekonomi ke dalam resesi dengan menaikkan suku terlalu agresif atau hanya dengan gagal untuk menjinakkan inflasi," kata Hasegawa dikutip dari CNBC, Rabu (22/6/2022). 

Adapun seorang analis di pialang aset digital GlobalBlock yang berbasis di Inggris, Marcus Sotiriou mengatakan bitcoin menghadapi resistensi di level USD 21.300. Jika Bitcoin dapat mengatasinya, itu bisa mencapai target berikutnya di USD 23.500. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pasar Kripto Menghijau, Waves Coin Menguat 45 Persen

Sebelumnya, Waves adalah platform blockchain multiguna yang mendukung berbagai kasus penggunaan termasuk aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan smart contract.

Dilansir dari Coinmarketcap, Waves Diluncurkan pada Juni 2016 menjadi salah satu mata uang kripto paling awal di industri melakukan Initial Coin Offering (ICO).

Waves pada awalnya dibuat untuk meningkatkan platform blockchain pertama dengan meningkatkan kecepatan, utilitas, dan keramahan pengguna. Platform ini telah mengalami berbagai perubahan dan menambahkan fitur baru untuk membangun desain aslinya.

Token asli Waves adalah WAVES Coin, token dengan suplai tidak terbatas yang digunakan untuk pembayaran standar penambang di blockchain Waves seperti imbalan blok.

Pendiri Waves

Waves identik dengan pendirinya, yaitu ilmuwan kelahiran Ukraina Alexander Ivanov (dikenal juga sebagai Sasha Ivanov).

.

 

3 dari 5 halaman

Harga Waves

Sebelum menciptakan Waves, Ivanov sudah aktif di dunia mata uang kripto, setelah merilis bursa instan Coinomat dan situs pengindeksan Cooleindex yang sekarang sudah berhenti beroperasi. Dia juga menciptakan versi awal stablecoin, CoinoUSD, yang terikat dengan dolar AS.

Ivanov aktif mempromosikan Waves secara terbuka, sering melakukan wawancara tentang platform ini dan tren di industri blockchain yang lebih luas.

Menurut literatur pemasaran Waves, perusahaan ini kini mempekerjakan lebih dari 180 orang di berbagai lokasi termasuk Moskwa dan Swiss.

Harga Waves

Berdasarkan data Coinmarketcap, Rabu (22/6/2022), harga Waves adalah Rp 107.010 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 28 triliun.

Waves menguat 45,19 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 55 dengan kapitalisasi pasar Rp 11,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 108,5 juta Waves dari maksimal tidak tersedia.

4 dari 5 halaman

Harga Kripto Rabu Pagi 22 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang kompak pada Rabu pagi, 22 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas berhasil kembali menguat dan bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi 22 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,47 persen persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 3,66 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.820 per koin atau setara Rp 308.8 juta (asumsi kurs Rp 14.833 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 2,63 persen, tetapi masih melemah 4,42 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.124 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 3,07 persen dan 1,19 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 220,19 per koin. 

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini harus terkoreksi tipis. Dalam satu hari terakhir ADA turun sedikit 0,65 persen. Namun, harga ADA masih menguat 1,65 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4776 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali rebound pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 6,03 persen dan 27,16 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 36,08 per koin.

XRP juga turut menghijau pagi ini. XRP naik 2,63 persen dalam 24 jam terakhir dan 4,43 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3276 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,20 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih bertahan di USD 1,00

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripo menguat pada hari ini yaitu di level USD 919,5 miliar yang pada hari sebelumnya berada di level USD 895,7 miliar.