Sukses

Mengenal MOVR Coin, Token Kripo yang Dikembangkan Moonbeam Foundation

Liputan6.com, Jakarta - The Moonbeam Foundation menciptakan Moonriver sebagai lingkungan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum di jaringan Kusama (KSM). Moonriver dimaksudkan untuk beroperasi di Kusama sebagai parachain, membantu proyek kripto memperluas jangkauan mereka ke pengguna dan pasar baru dengan pendekatan multi-rantai.

Dilansir dari situs pertukaran kripto Kraken Sabtu (18/6/2022), cryptocurrency asli Moonriver, MOVR Coin, memainkan peran kunci dalam memelihara dan mengoperasikan platform Moonriver. MOVR dapat digunakan untuk mengeksekusi kontrak pintar, memberi insentif pada node, membayar biaya transaksi, dan memfasilitasi tata kelola.

Tim Moonbeam telah memilih untuk meluncurkan Moonriver (MOVR) di Kusama untuk menyediakan platform kontrak pintar yang kompatibel dengan ethereum kepada komunitasnya dan juga merilis Moonbeam (GLMR), platform serupa untuk Polkadot, nanti pada 2021.

MOVR Coin akan dikirimkan ke anggota komunitas yang menggunakan cryptocurrency Kusama (KSM) mereka, untuk memilih aplikasi tersebut untuk ditayangkan sebagai parachain di Kusama dalam proses yang disebut Lelang Parachain.

Desain Jaringan Moonriver (MOVR)

Moonriver dimaksudkan untuk bekerja sebagai platform kontrak cerdas, memungkinkan pengembang untuk menyebarkan kembali ethereum dapps mereka di lingkungan substrat dengan gesekan minimal. Ini berarti kontrak pintar yang mendukung dapps Ethereum tidak perlu ditulis ulang atau dikonfigurasi ulang untuk jaringan Karura.

Substrat adalah kerangka kerja untuk membuat blockchain baru dan aplikasi blockchain yang dapat berjalan di jaringan Kusama dan Polkadot.

Harga MOVR

Berdasarkan data Coinmarketcap, Sabtu (18/6/2022), harga MOVR Coin adalah Rp 169.006 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 291,5 miliar.

MOVR melemah 8,96 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 332 dengan kapitalisasi pasar Rp 802,5 miliar. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 4,7 juta MOVR Coin dari maksimal suplai 10 juta MOVR Coin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 4 halaman

Analis Sebut Bitcoin Berpotensi Turun di Bawah Rp 294,6 Juta

Sebelumnya, pergerakan harga Bitcoin cukup stabil pada Rabu pagi 15 Juni 2022 di sekitar USD 22.000 atau sekitar Rp 324 juta setelah runtuh sejak 2 hari sebelumnya di tengah kekhawatiran inflasi dan kelemahan makroekonomi yang lebih luas. 

Penurunan terjadi setelah AS merilis data inflasi yang lebih buruk dari perkiraan pada Mei dalam sebuah catatan minggu lalu, yang melihat inflasi meningkat sebesar 8,6 persen dibandingkan tahun lalu. 

Trader sekarang memperkirakan kenaikan suku bunga lebih dari 175 basis poin hingga September, yang diperkirakan akan menurunkan pendapatan perusahaan dan memperlambat pengeluaran konsumen.

Trader dan analis kripto tetap sama-sama memiliki pandangan bearish. Salah satunya, Analis pasar senior FxPro Alex Kuptsikevich mengatakan dalam sebuah catatan Selasa sentimen pasar tetap dalam mode "ketakutan yang ekstrem" karena bitcoin mengalami penurunan terbesar sejak awal 2020.

Kuptsikevich menambahkan harga bitcoin bisa jatuh di bawah USD 20.000 atau sekitar Rp 294,6 juta sebelum pembeli jangka panjang kembali ke pasar, asalkan sentimen ekonomi makro membaik.

 

3 dari 4 halaman

Prediksi Terkait Bitcoin

Co-CEO di penyedia produk yang diperdagangkan di bursa kripto, ETC Group, Bradley Duke juga memiliki pandangan sama yang menyatakan bitcoin dapat menguji ulang level seperti 2017 dengan dukungan utama berikutnya pada harga USD 20.000.

“Pasar kripto berada dalam mode ketakutan yang ekstrem, dengan satu-satunya periode yang sebanding baru-baru ini dari sentimen rendah yang diperpanjang hingga Maret 2020,” kata Duke dikutip dari CoinDesk, Rabu, 15 Juni 2022.

Sementara itu, beberapa investor mengatakan penurunan harga bitcoin terkait dengan penurunan saham global.

Contohnya, Direktur eksekutif di dana lindung nilai aset kripto ARK36, Mikkel Morch menjelaskan lingkungan ekonomi global menjadi sangat sulit untuk dinavigasi bagi investor yang terlibat di semua jenis pasar. 

“Selama beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah menjadi aset makro global dan diharapkan mereka akan bereaksi negatif sekarang ketika investor menyadari bank sentral belum bereaksi hampir seagresif yang mereka perlukan. untuk mengendalikan inflasi,” pungkas Morch. 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 18 Juni 2022

Sebelumnya, menjelang akhir pekan ketiga Juni 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Sabtu (18/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas masih bertahan di zona hijau dengan penguatan tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, 18 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,13 persen dalam 24 jam dan 29,74 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.561 per koin atau setara Rp 305.1 juta (asumsi kurs Rp 14.838 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 1,02 persen dan 35,54 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.084 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang berhasil menguat di tengah kripto lain yang melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat tipis 1,12 persen, tetapi masih melemah 24,96 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 216 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini kembali menguat tipis. Dalam satu hari terakhir ADA naik 0,04 persen. Namun masih melemah 17,06 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4865 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga berhasil menguat. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 0,89 persen, tetapi masih melemah 17,25 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,35 per koin.

XRP turut menguat. XRP naik 1,34 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi melemah 17,09 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3197 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9989. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.