Sukses

Dana Pensiun Kripto Rp 526,1 Miliar Dicuri, Perusahaan Ini Tuntut Pertukaran Gemini

IRA Financial sempat alami peretasan yang menghilangkan kripto senilai USD 36 juta atau sekitar Rp 526,1 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - IRA Financial Trust, sebuah perusahaan yang mengelola akun pensiun individu dalam aset non-tradisional seperti Bitcoin, pekan lalu mengumumkan gugatan terhadap pertukaran cryptocurrency Gemini.

IRA Financial sempat alami peretasan yang menghilangkan kripto senilai USD 36 juta atau sekitar Rp 526,1 miliar pada Februari 2022. Penjahat mencuri USD 21 juta dalam bitcoin dan USD 15 juta dalam Ethereum dari akun pensiunan dalam peretasan.

IRA menggunakan platform Gemini untuk menyimpan cryptocurrency dan menuduh sistem pertukaran yang berbasis di New York itu yang harus disalahkan karena gagal membekukan akun dalam jangka waktu yang cukup segera setelah insiden itu.

“Seperti yang dinyatakan dalam pengaduan, gugatan, IRA Financial Trust v. Gemini Trust Company, LLC, menuduh platform pertukaran cryptocurrency Gemini tidak memiliki perlindungan yang tepat untuk melindungi aset kripto pelanggan,” kata pengumuman perusahaan, dikutip dari Decrypt, Senin (13/6/2022). 

"IRA Financial Trust telah bekerja untuk menemukan solusi bagi pelanggan yang terkena dampak sejak insiden ini terjadi dan berjanji untuk menggunakan hasil dari gugatan untuk mengganti pelanggan IRA Financial yang terkena dampak insiden 8 Februari 2022," tambah pengumuman itu.

Gemini menanggapi tuduhan tersebut dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Decrypt. 

"Kami menolak tuduhan dalam gugatan. Standar keamanan kami termasuk yang tertinggi di industri dan kami terus memperbaruinya untuk memastikan pelanggan kami selalu dilindungi. Dalam hal ini, sebagai segera setelah IRA Financial memberi tahu kami tentang insiden keamanan mereka, kami bertindak cepat untuk mengurangi hilangnya dana dari akun mereka,” isi klarifikasi dari Gemini.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Keluhan

IRA Financial yang berbasis di Miami mengelola rekening pensiun individu dengan instrumen tabungan yang diuntungkan pajak untuk pekerja AS, yang dapat mengurangi kontribusi mereka dari pendapatan mereka.

Gemini adalah pertukaran populer yang dijalankan oleh miliarder bersaudara yaitu Cameron dan Tyler Winklevoss. Keduanya terkenal di dunia kripto karena investasi Bitcoin mereka yang relatif awal yang menghasilkan miliaran.

Namun, Gemini telah mengalami serangkaian nasib buruk akhir-akhir ini: Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC) pekan lalu mengajukan keluhan terhadap Gemini, menuduh pihak Gemini itu menyesatkan regulator karena membuat pernyataan palsu atau menyesatkan material dalam upaya untuk mendapatkan persetujuan untuknya. 

Bursa juga mengumumkan bulan ini mereka memberhentikan 10 persen staf dalam upaya membantu perusahaan menghadapi musim dingin kripto.

3 dari 4 halaman

Berhentikan 100 Karyawan

Sebelumnya, miliarder kripto kembar Cameron dan Tyler Winklevoss memberhentikan 10 persen atau sekitar 100 orang dari tenaga kerja di Gemini, yang pertama untuk pertukaran dan penjaga cryptocurrency yang berbasis di AS.

Dilansir dari CNBC, Jumat (3/6/2022), si kembar mengumumkan dalam sebuah posting blog pada Kamis industri berada dalam "fase kontraksi" yang dikenal sebagai "musim dingin kripto," yang telah "diperparah lebih lanjut oleh gejolak makroekonomi dan geopolitik saat ini”.

"Kami tidak sendirian,” isi memo itu. Rekan pertukaran kripto Coinbase baru-baru ini melaporkan pendapatan telah turun 27 persen dari tahun lalu, seperti halnya penggunaan secara keseluruhan.

Sudah beberapa minggu menjadi brutal untuk pasar kripto. Setengah triliun dolar terhapus dari kapitalisasi pasar sektor ini karena terra USD, salah satu stablecoin paling populer yang dipatok dolar AS runtuh. 

Tidak jelas apakah kekalahan baru-baru ini menandai musim dingin kripto berikutnya (pasar beruang multi-tahun yang terjadi berdasarkan siklus untuk kelas aset kripto), meskipun penurunan volume perdagangan di bursa kripto adalah salah satu tanda mungkin menuju ke arah itu.

Musim dingin kripto terakhir yang disebut berlangsung dari 2018 hingga musim gugur 2020 karena nilai mata uang kripto anjlok dan banyak PHK untuk perusahaan kripto. 

Gemini yang telah ada sejak 2014 dan bernilai USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 102,5 triliun pada putaran pendanaan terakhirnya memiliki 1.033 orang dalam daftar gajinya, menurut PitchBook, yang berarti sekitar 100 karyawan yang terkena PHK hari ini akibat pemberhentian ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Tutup Kantor

Adapun langkah selanjutnya, Gemini telah menutup kantor fisiknya hari ini untuk melindungi privasi karyawan. Anggota tim yang terkena dampak akan menerima undangan kalender untuk percakapan individu tentang paket pemisahan dan manfaat perawatan kesehatan.

Pada Jumat, karyawan yang tersisa akan mengambil bagian dalam "pertemuan di seluruh perusahaan" untuk membicarakan masa depannya.

Memo tersebut mengatakan Gemini hanya ingin fokus pada produk yang sangat penting untuk misinya dan pemimpin tim akan menilai apakah tim mereka “berukuran tepat” untuk “kondisi pasar yang bergejolak saat ini yang kemungkinan akan bertahan selama beberapa waktu”.

“Hari ini adalah hari yang berat, tetapi hari yang akan membuat Gemini lebih baik dalam jangka panjang,” tulis para staf dalam memo tersebut. 

Startup fintech lainnya seperti Robinhood dan BitMEX baru-baru ini memangkas staf. Meskipun perusahaan kripto tengah kesulitan menghadapi situasi saat ini, pemodal ventura terus menuangkan uang ke dalam ekosistem kripto. 

Andreessen Horowitz baru-baru ini mengumumkan dana USD 4,5 miliar baru yang didedikasikan untuk mendukung perusahaan kripto dan blockchain, dan Binance Labs (cabang ventura perusahaan) telah mengumpulkan USD 500 juta untuk dana yang didedikasikan untuk berinvestasi di perusahaan rintisan Web3.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.