Sukses

Instagram Akan Mulai Uji Coba Fitur NFT Minggu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok pembuat dan kolektor Non Fungible Token (NFT) akan segera dapat menampilkan token mereka di Instagram. CEO Meta, Mark Zuckerberg mengkonfirmasi dalam sebuah posting hari ini perusahaan sedang menguji fitur NFT pada platform Instagram, dengan "fungsi serupa" segera hadir di Facebook.

Kepala Instagram, Adam Mosseri mengatakan dalam sebuah video sekelompok kecil pengguna AS akan memiliki kemampuan untuk menampilkan NFT pada postingan, cerita, dan pesan mereka. 

Detail NFT ditampilkan dengan cara yang mirip dengan profil dan produk yang ditandai dan diberi nama "koleksi digital". Mengklik tag akan menampilkan detail seperti nama pembuat dan pemilik.

Mosseri mengatakan tes ini kecil untuk memulai agar Instagram dapat belajar dari komunitas. Mungkin dalam upaya untuk mengatasi ketidakpercayaan terhadap platform jejaring sosial utama yang melompat ke dunia NFT. 

“Saya ingin mengakui NFT dan teknologi blockchain dan Web3 secara lebih luas adalah tentang mendistribusikan kepercayaan, mendistribusikan kekuatan. Tapi Instagram pada dasarnya adalah platform terpusat, jadi ada ketegangan di sana,” ujar Mosseri dikutip dari The Verge, Selasa (10/5/2022). 

Menurut juru bicara Meta Christine Pai, pada tahap percobaan ini, NFT yang dapat ditampilkan adalah NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon. Kemudian NFT Solana dan Flow segera hadir.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dukungan untuk NFT

Mosseri menekankan dukungan untuk NFT di Instagram dapat membantu memperkenalkan teknologi tersebut ke lebih banyak orang. Instagram bukanlah platform pertama yang melakukannya, pada Januari, Twitter memperkenalkan NFT pada platform tersebut sebagai gambar profil berbentuk segi enam. 

Ikon di sudut postingan Instagram dari NFT juga muncul sebagai segi enam. Meskipun perusahaan dan selebriti dengan cepat mulai masuk ke dunia NFT, dan penjualan baru-baru ini telah menghasilkan lonjakan aktivitas.

Namun, sebuah laporan oleh The Wall Street Journal mengatakan penjualan NFT telah datar sejak puncaknya September 2021.

3 dari 4 halaman

Instagram Bakal Dukung NFT dari Ethereum hingga Solana

Sebelumnya, NFT dari beberapa jaringan blockchain paling populer untuk kripto akan hadir di instagram. Pengumuman uji coba dilakukan pada Senin, 9 Mei 2022.

Meta, induk usaha Facebook sedang merencanakan integrasi non-fungible token (NFT) untuk ethereum, polygon, solana, dan flow. Jaringan tersebut menjadi tuan rumah sebagian besar perdagangan koleksi digital dengan ethereum dan bored aped yang memimpin kapitalisasi pasar.

Proyek percontohan akan menampilkan sekelompok kecil penggemar NFT yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Mengutip laman Coindesk, Minggu, 8 Mei 2022, belum jelas apakah instagram akan mendukung NFT dari empat rantai saat peluncuran.

Instagram bermaksud mendukung dompet kripto yang banyak digunakan seperti MetaMask. Dengan memasukkan dompet digital, pengguna akan dapat membuktikan kepemilikan NFT, menampilkannya di profil mereka dan menandai pembuat yang membuatnya.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Tak Bebankan Biaya ke Nasabah

Coindesk telah konfirmasi kalau Instagram tidak akan membebankan biaya kepada pengguna untuk mengunggah dan berbagi NFT seperti yang awalnya dilakukan Twitter untuk gambar profil NFT heksagonal pada Januari.Keputusan tersebut akan memicu munculnya visibilitas budaya baru untuk NFT.

Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, banyak dari pengguna memakai platform tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan karya seninya.

CEO Meta Mark Zuckerberg menggoda inisiatif tersebut pada Maret 2022 tanpa membocorkan banyak detil. The Financial Times sebelumnya melaporkan Meta akan menindaklanjuti uji coba NFT di instagram dengan opsi pencetakan dan keanggotaan grup di Facebook. Coindeks mengirim email ke Meta tetapi belum dapatkan jawaban.