Sukses

Pasar Kripto Betah di Zona Merah, Sejauh Mana Harga Bitcoin Bisa Turun?

Pasar kripto semakin terpuruk, sampai sejauh apa harga Bitcoin bisa turun?

Liputan6.com, Jakarta - Realitas baru dari suku bunga yang meningkat dan ketakutan resesi yang meningkat terus bergejolak melalui pasar kripto selama sepekan terakhir membuat harga cryptocurrency mulai terpuruk. 

Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan pada sekitar USD 34.200 atau sekitar Rp 495,7 juta (asumsi kurs Rp 14.497 per dolar AS), penurunan lebih dari 2 persen, dan menjadi titik terendah sejak Juli tahun lalu. Meski begitu, kinerja bitcoin lebih baik daripada kebanyakan Altcoin utama di 20 teratas.

Di sisi lain, kripto terbesar kedua, ethereum diperdagangkan di kisaran USD 2.550, turun sekitar 3 persen selama periode yang sama dan titik terendah sejak awal Maret. Token luna Terra jatuh lebih dari 8,5 persen pada satu titik. Kemudian Solana (SOL) turun sekitar 5 persen. 

Dilansir dari CoinDesk, Senin (9/5/2022), CEO manajer dana kripto BitBull Capital, Joe DiPasquale mengatakan Bitcoin masih terbebani oleh tekanan makro dan sentimen pasar secara umum. 

DiPasquale memperkirakan Bitcoin akan turun lebih jauh, terutama karena kebijakan moneter terus berkontraksi, tetapi dia tidak melihat Bitcoin akan jatuh di bawah kisaran USD 25.000 hingga USD 30.000, bahkan jika penurunan mencapai proporsi yang ekstrem. 

Penurunan pasar kripto masih selaras dengan pasar saham, yang ditutup Jumat lalu dengan Nasdaq teknologi berat tenggelam 1,4 persen sehari setelah jatuh 5 persen , menjadi kinerja terburuk sejak 2020.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bank Sentral Dongkrak Suku Bunga

S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average turun dalam peningkatan yang lebih kecil tetapi melanjutkan penurunan mereka menyusul kenaikan suku bunga setengah poin yang diperkirakan secara luas oleh bank sentral AS Rabu lalu.

Sehari kemudian, Bank of England (BoE) melanjutkan jalur moneternya yang lebih hawkish, menaikkan suku bunga seperempat poin ke level tertinggi dalam 13 tahun.

Itu adalah kenaikan suku bunga keempat berturut-turut BoE sejak Desember. Bank sentral di bagian lain dunia telah mengikuti strategi serupa untuk menjinakkan inflasi yang telah mencapai level tertinggi 40 tahun dan mengancam akan meningkat lebih lanjut di tengah dampak dari invasi Rusia ke Ukraina.

Sementara itu pada Jumat, laporan pekerjaan Departemen Tenaga Kerja AS terbaru, yang menunjukkan kenaikan 428.000 pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan pada April, menggarisbawahi kekhawatiran bahwa pasar pekerjaan yang secara historis ketat akan meningkatkan upah dan mempercepat inflasi. 

Selama kuartal pertama tahun ini, majikan AS membayar pekerja rata-rata 1,4 persen lebih banyak daripada selama periode tiga bulan sebelumnya, menurut laporan itu. Itu adalah lompatan terbesar dalam dua dekade.

3 dari 5 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 9 Mei 2022

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Mei 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas masih terus melanjutkan penurunan. Beberapa kripto yang sempat menguat tipis, harus kembali merosot ke zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi (9/5/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 3 persen dalam 24 jam dan 10,81 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 34.160,21 per koin atau setara Rp 495,2 juta (asumsi kurs Rp 14.498 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 3,52 persen dan 9,67 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.693,13 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin juga turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 2,40 persen dan 8,14 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 356,73 per koin.

Kemudian Cardano (ADA) masih di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,86 persen dan 4,13 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,7485 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 4,35 persen dan 14,78 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 75,68 per koin.

XRP juga harus kembali merosot ke zona merah. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 2,39 persen dan 5,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,5693 per koin.

Terra (LUNA) juga masih melemah. Terra anjlok 3,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 19,61 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 65,30 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya USDT berada di level USD 0,9998. Sedangkan USDC di level USD 1,00.

 

4 dari 5 halaman

Aset Pengembang Ethereum Sentuh Rp 22,9 Triliun

Sebelumnya, Ethereum Foundation (EF) menerbitkan laporan keuangan yang menunjukkan yayasan tersebut saat ini memegang aset USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 22,9 triliun dalam perbendaharaannya.

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Minggu (8/5/2022), sekitar USD 1,3 miliar dari aset perbendaharaan itu disimpan dalam Ethereum sementara sisa perbendaharaan terdiri dari investasi dan aset non-kripto.

Ethereum Foundation adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan dalam ekosistem Ethereum. Laporan EF April 2022 yang baru-baru ini diterbitkan menjelaskan ada berbagai cara EF mendukung lingkungan Ethereum.

EF menciptakan tim yang berfokus pada peningkatan Ethereum dan ekosistem jaringan, organisasi nirlaba ini menyediakan proyek dengan hibah untuk mendanai tim lain di luar tim inti EF. Tim itu mengelola alokasi domain yang didelegasikan, dan juga memanfaatkan teknik pendanaan pihak ketiga.

Faktanya, menurut laporan EF, yayasan tersebut memegang 80,5 persen kepemilikan kripto dalam Ether, yang mewakili 0,297 persen dari total pasokan Ethereum. EF bersikeras selama penurunan pasar kripto, yayasan itu mengalokasikan perbendaharaan konservatif yang kebal terhadap perubahan harga Ethereum.

Alasan mengapa EF memegang begitu banyak Ether adalah karena itu mewakili keyakinan pada potensi masa depan Ethereum dan kepemilikannya “mewakili perspektif jangka panjang itu.”

EF Menghabiskan USD 48 Juta pada 2021

Laporan EF juga mengungkapkan tahun lalu, yayasan itu menghabiskan total sekitar USD 48 juta, dan USD 20 juta dari total pengeluaran ditujukan untuk "pengeluaran eksternal".

Sisanya mendanai tim dan proyek dengan ekosistem Ethereum. Seluruh saldo pengeluaran ditempatkan ke dalam kategori unik yang meliputi penelitian dan pengembangan. Ethereum Foundation adalah salah satu dari banyak organisasi yang menyimpan Ether dalam perbendaharaan.

5 dari 5 halaman

Mengenal EPS Coin, Token Kripto Asli Milik Platform Ellipsis Finance

Sebelumnya, Ellipsis Finance adalah cabang resmi dari Curve Finance yang berjalan di Binance Smart Chain. Sama seperti Curve, Ellipsis Finance memungkinkan pertukaran stablecoin.

Dilansir dari Deficoin.io, Sabtu, 7 Mei 2022, platform ini diluncurkan pada Maret 2021 dan akan mendapatkan dukungan dari tim Curve Finance sebagai cabang induknya.

Untuk membuat pemahaman yang lebih jelas tentang Ellipsis Finance, fork resmi dari Curve Finance, pertama-tama kita melihat ke fork induk.

Curve Finance adalah pertukaran terdesentralisasi yang berjalan di ethereum untuk menyediakan sarana pertukaran yang efisien antara stablecoin. Keunikan Curve adalah menghilangkan kerugian yang tidak permanen dan mengurangi selip untuk penyedia likuiditas dan pedagang, masing-masing.

Diluncurkan pada Januari 2020 oleh Michael Egorov, platform ini telah muncul sebagai salah satu bursa teratas untuk stablecoin. Meskipun Fisikawan Rusia Egorov telah mengerjakan proyek Defi sejak 2018, butuh dua waktu baginya untuk mempresentasikan Curve, DEX-nya.

Ellipsis Finance akan mempertahankan nilai inti dari Curve Finance. Ini menyiratkan pengguna tidak akan dikenakan biaya untuk setoran dan penarikan. Selain itu, akan ada swap stablecoin yang sangat efisien dan tidak ada penguncian likuiditas.

Melalui penggunaan kurva ikatan untuk swap, protokol perbedaan besar bagi penggunanya. Mereka memiliki kesempatan untuk menukar stablecoin dengan slippage yang sangat rendah.

Ini sangat berbeda dengan pertukaran terdesentralisasi lainnya di mana pedagang memiliki stok dengan selip tinggi untuk memperdagangkan mata uang kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.