Sukses

SEC Tambah Personel Divisi Kripto untuk Melindungi Investor

Divisi tersebut akan berada di garis depan dalam melindungi investor.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengumumkan pada Selasa akan ada hampir dua kali lipat stafnya yang bertanggung jawab untuk melindungi investor di pasar cryptocurrency.

Crypto Asset dan Cyber team regulator, sebuah unit dari divisi penegakan SEC yang lebih luas, akan meningkatkan jumlah kepala sebanyak 20 untuk total 50 posisi khusus.

Penegak hukum utama Wall Street mengatakan ada 20 tambahan personel yang akan mencakup pengacara staf investigasi, pengacara persidangan, dan analis penipuan. 

Ketua SEC Gary Gensler dan Direktur Penegakan Gurbir Grewal memuji perekrutan tersebut karena hal itu adalah kunci untuk mengatur salah satu industri terbaru dan terpopuler di Wall Street.

Unit kripto SEC “telah berhasil membawa lusinan kasus terhadap mereka yang ingin mengambil keuntungan dari investor di pasar kripto,” kata Gensler dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC, Kamis (5/5/2022).

“Dengan hampir menggandakan ukuran unit kunci ini, SEC akan lebih siap untuk mengawasi kesalahan di pasar kripto sambil terus mengidentifikasi pengungkapan dan mengendalikan masalah sehubungan dengan keamanan siber,” lanjut dia. 

Grewal menambahkan investor ritel individu cenderung menjadi korban penipuan sekuritas terkait kripto. Ancaman dunia maya terus menimbulkan risiko "eksistensial" terhadap sistem keuangan AS.

“Crypto Asset dan Unit Cyber yang didukung akan berada di garis depan dalam melindungi investor dan memastikan pasar yang adil dan teratur dalam menghadapi tantangan kritis ini,” kata Grewal. 

Pengumuman itu muncul hampir delapan bulan setelah Gensler mengeluh kepada anggota parlemen karena agensinya membutuhkan lebih banyak staf untuk menangani volume teknologi keuangan baru dan kompleks.

Gensler pada September mengatakan kepada Senator Catherine Cortez Masto, D-Nev, regulator dapat menggunakan "lebih banyak orang" untuk menilai dan mengatur sekitar 6.000 proyek digital baru.

Sejak dikonfirmasi oleh Senat untuk memimpin SEC pada April 2021, Gensler telah memulai salah satu agenda regulasi paling ambisius dalam beberapa dekade.

Dia telah mendorong perubahan aturan potensial untuk broker yang menjual pesanan pelanggan, pengungkapan iklim yang lebih menyeluruh dari perusahaan dan pengawasan yang lebih ketat terhadap pasar cryptocurrency yang tumbuh cepat.

Gensler mengatakan investor sendiri menginginkan kejelasan lebih lanjut dari perusahaan tentang risiko yang mereka hadapi dari perubahan iklim dan aktor jahat yang berusaha mencuri aset digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.