Sukses

Volume Perdagangan Kripto di India Merosot Setelah Pajak 30 Persen Berlaku

Belum diketahui pasti penurunan volume karena undang-undang pajak baru atau sejalan dengan penurunan global.

Liputan6.com, Jakarta - Volume perdagangan kripto dari bursa utama India telah menukik sejak 1 April, hari ketika pajak baru atas keuntungan kripto mulai berlaku. 

Menurut data yang dikumpulkan oleh Crebaco, sebuah perusahaan riset cryptocurrency, volume empat bursa India dikumpulkan dengan menganalisis data di Coinmarketcap dan Nomics, sebuah perusahaan data. 

Data mengungkapkan penurunan 72 persen di WazirX, 59 persen di ZebPay, 52 persen di CoinDCX dan 41 persen di BitBns. Volume perdagangan diukur dalam dolar AS.

India sekarang menerapkan pajak 30 persen atas keuntungan dari transaksi kripto dan tidak mengizinkan mengimbangi keuntungan dengan kerugian dari transaksi kripto lainnya. 

Meskipun begitu, belum diketahui pasti apakah penurunan volume perdagangan karena undang-undang pajak baru karena penurunan volume di bursa India sebagian besar sejalan dengan tren global. Namun, momen penurunan di India juga bertepatan dengan diberlakukan pajak baru.

“1, 2, dan 3 April adalah hari libur. Sejak itu, volume terus turun. Saya tidak berpikir ini akan kembali," kata CEO Crebaco, Sidharth Sogani dikutip dari CoinDesk, Kamis (28/4/2022). 

"Ini telah menciptakan tolok ukur baru. Bisa turun lebih jauh atau menyamping, tetapi tidak mungkin naik kembali. Jelas bahwa pajak baru berdampak negatif pada pasar. Pemerintah harus melihat ini, dan karena tidak ada cara untuk menghentikan ini (kripto), pemerintah harus merangkul teknologinya,” lanjut dia.

Menurut analis kripto senior Suril Desai tidak jelas apakah penurunan volume berarti perdagangan telah pindah ke tempat lain. 

“Satu-satunya volume perdagangan yang kami dapatkan berasal dari bursa. Perdagangan off-chain bisa terjadi yang tidak ada catatannya,” kata Desai.

Salah satu pendiri dan CEO Unocoin, Sathvik Vishwanath bursa India lainnya, mengatakan undang-undang pajak baru mempengaruhi pasar.

"Orang yang berpenghasilan kurang dari 1.000.000 (rupe India) per tahun dipengaruhi oleh pajak penghasilan tetap 30 persen untuk kripto,” ujar Vishwanath.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pajak Kripto 30 Persen di India Bikin Kecewa Investor

Meskipun industri kripto di India telah memulai kenaikan selama sekitar satu bulan terakhir, tetapi investor kripto di India tampaknya tidak memiliki banyak hal untuk dibanggakan. 

Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman baru-baru ini membuat pengumuman besar terkait industri kripto di India. Sesuai dengan aturan yang baru direvisi dan mulai berlaku mulai 1 April, setiap pendapatan yaitu, keuntungan yang dihasilkan dari transfer aset digital virtual (VDA) di dalam batas negara akan dikenakan pajak dengan tarif 30 persen. 

Mudahnya seperti ini, katakanlah seorang warga negara India membeli bitcoin seharga USD 40.000 (Rp 574,3 juta) per koin dan kemudian menjualnya dengan harga USD 60.000 (Rp 861,5 juta) tidak lama kemudian. 

Individu itu akan bertanggung jawab untuk membayar pajak tetap sebesar 30 persen dari laba USD 20.000 yang dia realisasikan sebagai bagian dari transaksi.

Investor Bereaksi Buruk

Akibat hal tersebut, investor kripto di India memberikan respons atau bereaksi buruk terhadap aturan yang baru ditetapkan itu. Segera setelah berita tentang penerapan pajak baru pemerintah dipublikasikan, sejumlah tokoh cryptocurrency terkemuka turun ke Twitter untuk mengungkapkan ketidaksenangan mereka.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Hambat India

Salah satu pendiri saluran YouTube populer kripto India, Aditya Singh mengatakan, India harus menjadi pusat kripto dunia dibanding menekannya.

“India harus bertujuan untuk menjadi pusat kripto dunia, daripada menekan industri ini dengan pajak yang berat. Ini akan menciptakan begitu banyak pekerjaan dan pendapatan bagi pemerintah,” tulis SIngh di Twitter, dikutip dari FX Empire, Rabu, 13 April 2022.

Demikian pula, salah satu pendiri pertukaran cryptocurrency terbesar di India WazirX, Nischal Shetty, mencatat undang-undang seperti ini akan menghambat posisi India sebagai pemimpin dalam lanskap kripto global.

Dalam pandangannya, cara terbaik untuk “mengurangi pajak ini” adalah dengan membantu industri aset digital India tumbuh ke tingkat yang bahkan lebih besar daripada saat ini.

Terakhir, salah satu pendiri aplikasi penumpukan Bitcoin GoSats, Mohammad Roshan, menyatakan pungutan pajak baru hanya menunjukkan pemerintah sepenuhnya salah informasi tentang pasar. 

“Kami kehilangan bakat India ke negara lain. Kita hidup di dunia Web3. Kita bisa memilih untuk menggigit peluru atau menghindari peluru,” kata Roshan.

 

 

4 dari 4 halaman

Volume Perdagangan Turun

Menurut perusahaan intelijen blockchain Crebaco, sejak 1 April, volume transaksi di semua bursa India telah turun sebesar 55 persen. Tidak hanya itu, dalam 48 jam pertama sejak pungutan pajak mulai berlaku, lalu lintas internet yang terkait dengan bursa teratas negara itu telah berkurang sekitar 40 persen.

Selain itu, antara 31 Maret dan 4 April, volume perdagangan rata-rata di Zebpay, CoinDCX, dan WazirX masing-masing turun 46 persen, 55 persen, dan 75 persen. 

Namun, sejak 2 April, angka-angka ini meningkat, meskipun sedikit. Ini menunjukkan investor India mungkin hanya ingin menghindari kerugian besar atas keuntungan yang mereka pesan dan mungkin sekali lagi akan terakumulasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.