Sukses

Wali Kota New York Erick Adams Bakal Terima Gaji Pertama dalam Kripto

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota New York City Eric Adams pada Kamis mengatakan, gaji pertamanya, yang tiba pada Jumat, akan secara otomatis diubah menjadi cryptocurrency melalui Coinbase Global Inc.

Dalam pernyataan tersebut, Adams juga mengatakan gajinya akan dikonversi ke Ethereum dan Bitcoin, Walikota sebelumnya mengatakan dia akan menerima tiga gaji pertamanya dalam Bitcoin dan mengisyaratkan niatnya untuk menjadikan kotanya pusat industri cryptocurrency.

"New York adalah pusat dunia, dan kami ingin itu menjadi pusat cryptocurrency dan inovasi keuangan lainnya," kata Adams dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (22/1/2022). 

Coinbase Global mengoperasikan pertukaran yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Meskipun popularitasnya meningkat di kalangan investor ritel dan profesional, cryptocurrency, termasuk Bitcoin dan Ethereum, telah berjuang keras karena fluktuasi nilai yang sering terjadi.

Baik Bitcoin dan Ethereum mencatat nilai rekor tertinggi pada November lalu. Namun, nilai-nilai tersebut anjlok menjelang tahun baru. Pada 10 Januari, Bitcoin turun lebih dari 5 persen, jatuh di bawah level USD 40.000 untuk pertama kalinya sejak September. 

Setelah pemilihannya pada November lalu, Adams juga menyarankan agar sekolah-sekolah New York mengajarkan kursus tentang cryptocurrency dan teknologi blockchain

“Salah satu alasan Adams mengubah gaji pertamanya menjadi cryptocurrency adalah untuk memberikan contoh utama tentang bagaimana New York City dapat memberdayakan orang melalui teknologi dengan serangkaian opsi yang lebih beragam untuk mengelola keuangan mereka,” kata Chief Technology Officer Kota New York, Matt Fraser dalam sebuah pernyataan.

Meskipun Adams belum mengusulkan kebijakan khusus yang akan menjadikan New York sebagai pusat cryptocurrency, penggemar aset digital menyebut pelukannya terhadap Bitcoin dapat menarik lebih banyak startup aset digital ke New York.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Klub Makan NFT Bakal Hadir di New York

Sebelumnya, ekosistem NFT yang semakin berkembang membuat berbagai koleksi NFT seperti Bored Ape Yacht Club dan yang lainnya,  mulai mendapatkan popularitas tahun lalu dan menjadi klub keanggotaan dengan penuh manfaat bagi para anggotanya. 

Baru-baru ini VCR Group, perusahaan perhotelan yang didirikan oleh pengusaha, Gary Vaynerchuk mengumumkan akan membuat sebuah restoran bernama Flyfish Club (FFC) dengan membawa tema NFT yang sedang populer. 

"Flyfish Club (FFC) adalah satu-satunya klub makan pribadi anggota pertama di dunia di mana keanggotaan harus dibeli melalui blockchain sebagai Non-Fungible-Token (NFT). 

Nantinya pemegang token akan mendapatkan akses ke restoran kami dan berbagai kuliner, budaya dan pengalaman sosial,” kata VCR Group, seperti dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Sabtu (15/1/2022).

Flyfish Club didirikan oleh pendiri VCR Group yaitu Gary Vaynerchuk, David Rodolitz, dan Josh Capon. Menurut situs resmi mereka, restoran tersebut nantinya akan berlokasi di New York City. Selain itu, restoran akan memiliki ruang dengan desain arsitektur tertentu seperti langit-langit tinggi dan pemandangan indah. 

Restoran akan menyajikan masakan laut internasional yang dimasak oleh koki terkenal. Adapun, restoran ini akan dibagi menjadi 3 area berbeda yaitu ruang makan utama, lounge koktail, dan ruangan omakase yang akan menjadi ruang pribadi dengan etalase sushi dari Jepang.

Meskipun sudah mendapatkan banyak perhatian dari berbagai pihak, restoran tersebut berencana untuk dibuka pada kuartal I atau kuartal II  2023.

3 dari 3 halaman

Jenis Keanggotaan

Hal yang perlu diperhatikan dari sistem keanggotaan dari restoran ini nantinya adalah tidak semua orang yang mempunyai NFT bisa mengunjungi restoran ini. Orang yang ingin berkunjung harus membeli NFT dari koleksi Flyfish Club untuk menjadi bagian dari keanggotaan. 

Ada dua jenis keanggotaan yaitu Flyfish dan Flyfish Omakase. Flyfish memiliki 2.650 token (masing-masing 2,5 ETH) yang dapat memberi akses ke semua area dan acara kecuali ke ruangan omakase. Sedangkan, Flyfish Omakase hanya memiliki 385 token (masing-masing 4,25 ETH) yang memberi akses ke semua ruang dan acara.

Pada 7 Januari, mereka meluncurkan penjualan publik sebanyak 1.151 token, dan kedua keanggotaan terjual habis. Jadi jika yang lain ingin membeli token, harus membelinya di pasar OpenSea, di mana pilihan termurah dijual dengan harga 3.889 ETH atau sekitar USD 12.800. 

Reservasi restoran hanya bisa dilakukan oleh para anggota klub. Namun, para anggota bisa mengajak orang lain yang tidak termasuk dalam anggota sebagai tamunya untuk berkunjung ke restoran. 

Selain itu, para anggota juga bisa menyewakan tokennya pada orang lain yang ingin datang ke restoran, dengan begitu pemilik token bisa mendapatkan keuntungan tambahan. 

Mulai hari ini hingga restoran dibuka, anggota dapat menikmati banyak manfaat dan pengalaman seperti mencicipi anggur bersama Gary Vaynerchuk dan akses ke acara pribadi di Minneapolis selama Konferensi Veecon.