Sukses

Produser Musik Terkenal AS Lirik NFT dan Metaverse Jadi Sumber Isi Kantong

Liputan6.com, Jakarta Non Fungible Token (NFT) memulai awal yang baik  pada  2022 yang membuat para artis musik mulai memanfaatkan kesempatan itu dan masuk ke dunia NFT hingga metaverse. 

Baru-baru ini, Brandon B. Howard, atau yang sering disebut B. Howard salah satu produser multi-platinum dan penyanyi serta penulis lagu yang tampil di Cina dan Eropa akan menciptakan pertunjukan holografik untuk metaverse pemula yang akan dicetak sebagai NFT.

Pertunjukan tersebut menawarkan kesempatan kepada promotor virtual untuk membeli pertunjukannya, dan membuat Howard tampil secara virtual, di mana saja di seluruh perbatasan digital.

“Saya cukup banyak membuat konser, enam atau tujuh lagu di alam semesta yang berbeda di mana saya akan memiliki artis yang berbeda di alam semesta itu dan saya akan membuatnya tersedia sebagai NFT secara global,” kata Howard melansir Yahoo Finance, Rabu (19/1/2022). 

Sebuah perusahaan bernama 4D Fun, yang dipimpin oleh Paul Vowell, mengambil konser Howard dan membuat versi 3D dari penampilannya serta menempatkannya pada matriks yang membuatnya tersedia di ruang virtual atau tempat Metaverse mana pun.

“Kami dapat menangkap orang tiga dimensi, memasukkannya ke dalam matriks dan memungkinkan promotor masa depan untuk waktu yang tak terbatas kemampuan untuk mendapatkannya di dunia virtual dan membawanya ke Metaverse atau ruang apa pun yang dia ciptakan dan mendistribusikan ulang tiket,” jelas Vowell. 

Sepanjang proses, Howard memanfaatkan teknologi blockchain untuk melihat transaksi berupa pengeluaran tiket dan mampu mengambil tindakan dalam transaksi itu.

Howard berharap untuk memanfaatkan tren itu sebagai cara untuk mengadakan konser, menjual barang dagangan, dan berkolaborasi dengan merek lain. Namun, untuk saat ini, Howard mengandalkan NFT untuk membawa industri musik ke tingkat berikutnya.

“Saya melihat ini sebagai aliran pendapatan utama bagi artis,” kata Howard, mengutip jumlah besar yang dihabiskan konsumen untuk barang-barang digital pada tahun 2021. 

 

2 dari 2 halaman

Nilai Penjualan NFT

Sebagai kategori digital, penjualan NFT mencapai USD 4 miliar pada bulan Desember, menurut perkiraan baru-baru ini.

Ledakan NFT menawarkan seniman kemampuan untuk mengelola sendiri kekayaan intelektual, dan berpartisipasi dalam model bisnis baru yang mendorong penggemar untuk memonetisasi artis dengan cara baru.

Howard juga berpikir NFT dapat menyamakan kedudukan dengan memungkinkan penggemar berinvestasi dalam lagu yang sebenarnya dan menuai sebagian dari royalti. Penawarannya diharapkan akan tersedia pada kuartal kedua atau ketiga di situs resminya.

Howard merupakan bagian dari barisan artis papan atas seperti Doja Cat hingga The Chainsmokers yang mengejar aliran pendapatan terkait NFT saat sektor ini meledak. Hampir USD 41 miliar dihabiskan untuk NFT tahun lalu, menurut Chainalysis, membuat pasar untuk karya seni digital dan barang koleksi hampir sama berharganya dengan pasar seni global.