Sukses

Fakultas Geografi UGM Gelar Kampanye Lingkungan 2013

Citizen6, Yogyakarta: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) bersama Environmental Geography Student Association (EGSA) mengadakan Kampanye Lingkungan dan Karnaval Sepeda yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup.

Acara yang mengangkat tema "Satukan Hati, Kurangi Polusi, Selamatkan Bumi" pada Sabtu 8 Mei 2013 itu bertujuan untuk memperingati Hari Bumi dan Lingkungan Hidup serta mengajak mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk hidup sehat dan cinta lingkungan.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 90 mahasiswa Fakultas Geografi UGM. Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Akademik, Dr R Suharyadi, kemudian acara dilanjutkan dengan bersepeda menuju titik "0 KM" menulusuri jalan-jalan di Kota Yogyakarta.

Sesampai di tempat tujuan para peserta beristirahat untuk persiapan sholat maghrib. Setelah itu, pada pukul 18.30 WIB, kegiatan kampanye pun dimulai. Saat lampu merah menyala, para peserta Kampanye Lingkungan melakukan orasi untuk mengajak masyarakat yang mengendarai kendaraan bermotor mematikan mesin kendaraannya.

Saat orasi, peserta Kampanye Lingkungan didampingi oleh 2 orang maskot. Maskot tersebut terdiri dari pohon sehat dan tidak sehat yang menunjukkan keadaan lingkungan saat ini. Peserta juga membagikan stiker ataupun pin Hari Bumi dan Lingkungan Hidup kepada pengguna jalan raya yang mau mematikan mesin kendaraannya.

Acara akhirnya ditutup dengan pertunjukkan teatrikal yang dibawakan oleh panitia dan maskot. Acara ini diharapkan dapat sebagai wadah kreatifitas mahasiswa dalam mengapresiasikan kepedulian mereka terhadap Bumi dan lingkungan dan dapat dilakukan setiap tahunnya. (Rahadian Andre/Mar)

Rahadian Andre adalah Mahasiswa Fak Geografi UGM yang juga pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS