Sukses

10 Manfaat Daun Salam, Mencegah Diabetes, Mengurangi Stres, dan Menangkal Depresi

Selain digunakan sebagai bahan masakan, daun salam juga memiliki segudang kandungan vitamin dan mineral yang manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah diabetes, mengurangi stress, dan mengatasi depresi.

Liputan6.com, Malang Daun salam sering digunakan sebagai penyedap makanan karena aroma khasnya. Meskipun demikian, tahukah Anda bahwa daun salam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan? Daun dan minyaknya mengandung senyawa aktif seperti niasin, serat, tanin, dan vitamin C. Daun salam juga mengandung vitamin A, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, kalium, zat besi, magnesium, dan vitamin C.

Selain itu, daun salam mengandung berbagai komponen aktif seperti a-terpineol, geranyl acetate, a-pinene, ß-pinene, myrcene, metil chavicol, limonene, linalool, neral, eugenol, dan chavicol. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antiseptik, antioksidan, dan juga dapat melawan kanker.

Seperti halnya tanaman obat lainnya, daun salam memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber, pada Minggu (07/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Menjaga Kesehatan Ginjal dan Sistem Pencernaan

Teh herbal dari rebusan daun salam membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan ginjal. Untuk pencernaan, air rebusan ini membantu mengurangi sakit perut, mencegah kerusakan lambung, dan memperlancar buang air kecil. Proses ini mendukung tubuh dalam membuang racun dan mengurangi risiko batu ginjal dengan mengurangi aktivitas enzim urease, yang juga bermanfaat bagi kesehatan ginjal.

3 dari 16 halaman

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun salam dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh berkat kandungan vitamin A, B6, dan C yang berperan sebagai antioksidan, serta mendukung kinerja sel darah putih. 

4 dari 16 halaman

Dapat Mengsir Nyamuk

Daun salam juga memiliki manfaat mengusir nyamuk berkat kandungan asam lauratnya, serta efektif meredakan gatal dan bekas gigitan nyamuk pada kulit. 

5 dari 16 halaman

Menurunkan Resiko Diabetes dan Kardiovaskular

Daun salam dapat menurunkan risiko diabetes dengan mengatur gula darah melalui polifenolnya, serta menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular melalui kandungan aktifnya yang menurunkan kolesterol dan flavonoid antihipertensi.

6 dari 16 halaman

Mengatasi Stress dan Depresi

Senyawa linalool dalam daun salam dapat mengurangi stres dan kecemasan, memberikan efek menenangkan untuk otak dan tubuh. Selain itu, untuk gangguan diare, konsumsi obat herbal dari daun salam segar dapat membantu meredakan gejalanya.

7 dari 16 halaman

Zat Anti Kanker

Studi menunjukkan bahwa daun salam mengandung zat anti-kanker seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi khasiatnya terhadap kanker.

8 dari 16 halaman

Meningkatkan Gairah Seksual

Daun salam juga dapat meningkatkan gairah seksual dengan meningkatkan mood positif dan melancarkan aliran darah.

9 dari 16 halaman

Mencegah Serangan Jantung

Selain itu, dengan kandungan antioksidan dan seratnya, daun salam dapat membantu mencegah serangan jantung. 

10 dari 16 halaman

Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Daun salam dapat eningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

11 dari 16 halaman

Mengatasi Diare

Gangguan kesehatan ini sering kali ditandai dengan frekuensi buang air besar yang tinggi dan feses berbentuk cair. Untuk mengurangi gejalanya, disarankan untuk mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari daun salam segar.

12 dari 16 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Air Rebusan Daun Salam?

Daun salam mengandung fitonutrien dengan sifat antiinflamasi, seperti cineole dan eugenol. Minum air rebusan daun salam dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Untuk memperoleh manfaat ini, sebaiknya air rebusan daun salam diminum saat perut kosong.

 

 

13 dari 16 halaman

Berapa Lembar Daun Salam yang Dibutuhkan untuk Direbus Jadi Obat?

Untuk mendapatkan manfaat ini, rebuslah 10-15 lembar daun salam kering dengan tiga gelas air. Setelah airnya mendidih atau matang, saring dan dinginkan sebelum dikonsumsi.

14 dari 16 halaman

Bolehkah Air Rebusan Daun Salam Dikonsumsi Setiap Hari?

Minum secara teratur rebusan daun salam setiap hari dapat membantu mengatasi berbagai penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, berkat kandungan antioksidan seperti tanin, polifenol, proanthocyanidins, dan flavonoid yang dimilikinya.

15 dari 16 halaman

Apakah Daun Salam Bisa untuk Mengobati Nyeri Sendi?

Daun salam mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk mengurangi gejala seperti nyeri sendi dan otot.

16 dari 16 halaman

Apakah Air Rebusan Daun Salam Aman untuk Ginjal?

Air rebusan daun ini bermanfaat bagi pencernaan dengan cara meringankan sakit perut, mencegah kerusakan lambung, dan meningkatkan kelancaran buang air kecil. Proses ini membantu tubuh mengeluarkan racun dan mendukung kesehatan ginjal, serta dapat mengurangi risiko batu ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini