Sukses

10 Manfaat Kesehatan dari Daun Sirsak, Bisa Menjaga Tekanan Darah dan Mengatasi Insomnia

Selain buahnya, ternyata daun sirsak juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, mulai dari untuk mengatasi insomnia, mengontrol tekanan darah, dan mengatasi diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Buah sirsak mengandung berbagai jenis vitamin dan memiliki daging buah yang lezat. Namun, siapa sangka? Daun sirsak juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Daun sirsak mengandung beragam senyawa antioksidan seperti fitosterol, tanin, dan flavonoid yang dapat melindungi fungsi tubuh. Selain itu, daun sirsak juga memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti-parasit.

Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari daun sirsak yang penting untuk diketahui, seperti dilaporkan dari berbagai sumber pada Sabtu (07/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Mengontrol Gula Darah

Daun sirsak dapat mengatur kadar gula darah. Menurut studi Folia Medica Indonesiana, ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan sel beta pankreas dan menurunkan glukosa darah saat puasa. Selain itu, daun ini juga menghambat enzim yang memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

3 dari 16 halaman

Mengatasi Insomnia

Biasanya, daun sirsak digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur. Zat-zat yang terkandung dalam daun ini memiliki efek menenangkan pada otot-otot, membantu mengurangi stres. Anda bisa meminum rebusan daun sirsak atau mencampurnya dengan teh dan madu untuk menikmati manfaatnya.

4 dari 16 halaman

Dapat Membantu Pengobatan Kanker

Ekstrak sirsak memiliki efek antiproliferatif dan sitotoksik yang dapat membantu dalam pengobatan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan lainnya. Komponen bioaktifnya, anonasi acetogenins (AGEs), memiliki sifat antikanker dengan kemampuan menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat pengobatan kanker ini secara alami.

5 dari 16 halaman

Mengatasi Maagh

Daun sirsak efektif dalam mengatasi masalah maag dengan mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penggunaan daun sirsak juga dapat mendukung pencernaan yang lebih sehat, serta mengurangi risiko sakit maag.

6 dari 16 halaman

Mengontrol Tekanan Darah

Linalool dalam daun sirsak dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, memberikan efek menenangkan pada otak dan tubuh, serta menjaga kestabilan tekanan darah.

7 dari 16 halaman

Mengatasi Rematik

Sirsak kaya akan kalium dan zat besi, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium meningkatkan sirkulasi darah, sementara zat besi mengatur detak jantung.

8 dari 16 halaman

Menangkal Radikal Bebas

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas.

9 dari 16 halaman

Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun sirsak bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan karena sifat antidiare dan antispasmodiknya yang membuat otot saluran cerna lebih rileks, membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti diare.

10 dari 16 halaman

Mengatasi Asam Urat

Daun sirsak mengandung flavonoid tinggi yang diyakini bermanfaat sebagai obat alami untuk asam urat. Flavonoid ini dapat menghambat pembentukan serta meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine, mengurangi risiko serangan asam urat.

11 dari 16 halaman

Mengatasi Jerawat

Daun sirsak efektif sebagai obat jerawat karena kandungan senyawa seperti flavonoid, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, dan polifenol yang memiliki efek antibakteri untuk mencegah infeksi oleh bakteri penyebab jerawat.

12 dari 16 halaman

Air Rebusan Daun Sirsak Bisa untuk Mengobati Penyakit Apa?

Daun sirsak berperan sebagai anti-bakteri dan obat untuk penyakit paru-paru, baik basah maupun kering. Penelitian menunjukkan senyawa dalam daun sirsak dapat menstabilkan kadar gula darah manusia menjadi normal.

 

13 dari 16 halaman

Apa Efek Samping Meminum Air Rebusan Daun Sirsak Setiap Hari?

Rebusan daun sirsak dapat berpotensi meningkatkan suhu tubuh karena senyawa yang mempengaruhi metabolisme tubuh.

14 dari 16 halaman

Apa Penyakit yang Tidak Dianjurkan Minum Air Daun Sirsak?

Disarankan untuk menghindari mengonsumsi daun sirsak jika Anda sedang dalam pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, atau memiliki tekanan darah rendah atau kadar trombosit yang rendah.

15 dari 16 halaman

Apakah Manfaat Daun Sirsak Bagi Wanita?

Daun buah sirsak tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan wanita melalui peningkatan kesuburan, melawan kanker payudara, menurunkan berat badan, dan memperlambat penuaan dini.

16 dari 16 halaman

Apakah Sirsak Boleh untuk Penderita Gagal Ginjal?

Tidak hanya dagingnya, tetapi daun buah sirsak juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi wanita, seperti melawan kanker payudara, meningkatkan kesuburan, menurunkan berat badan, dan memperlambat penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini