Sukses

25 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi Diare Secara Efektif

Daun singkong biasanya digunakan untuk berbagai macam masakan. Namun tahukah Anda, ternyata daun singkong juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan loh!

Liputan6.com, Malang Selain sebagai makanan, banyak orang Indonesia juga memanen daun singkong untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Daun singkong kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, protein, mineral, dan asam amino alami, yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Protein yang terdapat dalam daun singkong bermanfaat untuk pembentukan sel tubuh dan mengatur sistem enzim dalam tubuh. Terdapat pula banyak manfaat kesehatan lain yang ditawarkan oleh daun singkong. Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih detail mengenai manfaat daun singkong bagi kesehatan, yang disusun dari berbagai sumber pada Sabtu (06/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 31 halaman

Memiliki Kandungan yang Baik untuk Ibu Hamil

Singkong mengandung zat besi yang tinggi, baik untuk mencegah anemia pada ibu hamil dengan meningkatkan produksi sel darah merah.

3 dari 31 halaman

Mengatasi Diare

Menurut penelitian dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, ekstrak daun singkong yang mengandung etanol memiliki sifat antidiare.

Studi ini dilakukan pada hewan yang mengalami diare, dan hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak tersebut mampu mengurangi akumulasi cairan di usus serta meningkatkan motilitas gastrointestinal.

4 dari 31 halaman

Memperkuat Imun Tubuh

Vitamin C dan folat tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan bakteri, virus, dan meningkatkan produksi sel serta mencegah mutasi DNA.

5 dari 31 halaman

Memperkuat Tulang

Magnesium penting untuk kekuatan tulang karena mengoptimalkan kepadatan dan kekuatan tulang, serta mengurangi risiko patah tulang.

6 dari 31 halaman

Mengatasi Peradangan pada Sendi

Daun singkong dapat membantu meredakan gejala radang sendi karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, mineral ini memiliki manfaat mengurangi peradangan serta memberikan banyak manfaat kesehatan.

7 dari 31 halaman

Menjaga Berat Badan

Bagi yang sedang diet untuk menurunkan atau mengontrol berat badan, mengonsumsi daun singkong bisa menjadi pilihan. Kukus daun singkong ini dengan sedikit garam dapat membantu menurunkan nafsu makan, membantu mengontrol asupan makanan harian.

8 dari 31 halaman

Meningkatkan Energi

Kandungan protein dan asam amino dapat meningkatkan energi tubuh, memungkinkan kamu untuk beraktivitas secara optimal.

9 dari 31 halaman

Mencegah Terjadinya Infeksi

Infeksi bakteri pada pencernaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Daun singkong yang dikukus dapat mengurangi risiko infeksi bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam pencernaan.

10 dari 31 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun singkong mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dapat mengalir optimal ke seluruh tubuh, mendukung fungsi tubuh yang baik.

11 dari 31 halaman

Melancarkan Pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang optimal, kamu dapat mencegah gangguan penyakit pada sistem pencernaan.

12 dari 31 halaman

Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan dalamnya bermanfaat untuk mencegah paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh serta memicu peradangan jika terjadi secara berkelanjutan.

13 dari 31 halaman

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Daun singkong dapat digunakan untuk membantu penyembuhan luka ringan seperti tersayat atau terjatuh. Caranya, haluskan daunnya menjadi pasta dan balurkan pada luka ringan. Tetapi, untuk luka besar atau parah sebaiknya tidak digunakan.

14 dari 31 halaman

Dapat Menurunkan Kolesterol

Menurut Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis, daun singkong mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa daun singkong lebih efektif dalam menurunkan kolesterol daripada bubuk biji alpukat.

15 dari 31 halaman

Meningkatkan Sistem Metabolisme

Kandungan vitamin B dalam daun singkong sangat penting untuk mendukung sistem metabolisme tubuh agar tetap optimal. Vitamin B membantu membangun sel-sel tubuh dan membentuk enzim yang mendukung metabolisme. Dengan demikian, daun singkong berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh manusia.

16 dari 31 halaman

Meningkatkan Nafsu Makan

Mengonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam diyakini meningkatkan nafsu makan.

17 dari 31 halaman

Mencegah Resiko Kanker

Daun singkong mengandung senyawa fitokimia antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

18 dari 31 halaman

Meregenerasi Sel

Asam amino dalam daun singkong berperan penting dalam meregenerasi sel-sel tubuh manusia dan memperbaiki sel-sel yang rusak agar dapat berfungsi kembali.  

19 dari 31 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam daun singkong penting untuk kesehatan mata, membantu penglihatan normal, mencegah masalah mata, dan mengurangi risiko penyakit seperti katarak.

20 dari 31 halaman

Mencegah Kekurangan Protein

Daun singkong mengandung protein lisin yang membantu melawan kwashiorkor, kekurangan protein yang menghambat pertumbuhan anak.

21 dari 31 halaman

Mengatasi Stroke

Daun singkong bermanfaat untuk mengatasi stroke karena mengandung isoflavon, jenis flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

22 dari 31 halaman

Menjaga Kestabilan Gula Darah

Daun singkong bermanfaat bagi penderita diabetes karena seratnya dapat menghambat penyerapan gula di usus, menjaga gula darah tetap stabil.

23 dari 31 halaman

Berfungsi Sebagai Anti Aging

Daun singkong memiliki manfaat untuk membuat awet muda karena kandungan antioksidannya yang dapat mencegah penuaan dini. Selain antioksidan, terdapat juga lisin, arginin, dan asam amino yang membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak. Penting untuk mengonsumsi dengan porsi yang tepat dan secara rutin untuk hasil optimal. Pastikan untuk mengolahnya dengan konsentrasi yang sesuai agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

24 dari 31 halaman

Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat yang sulit diatasi dan sering kembali memang sangat mengganggu. Salah satu solusinya adalah menggunakan daun singkong. Selain membantu mengatasi penuaan dini, daun singkong juga efektif dalam mengatasi jerawat.

25 dari 31 halaman

Dapat Digunakan Sebagai Bahan Obat Herbal

Air perasan daun singkong, jahe, dan kapur sirih dapat dicampur untuk manfaat pengobatan, seperti flu, luka bernanah, dan diare.

26 dari 31 halaman

Meningkatkan Energi

Daun singkong kaya akan vitamin A, B, C, E, dan nutrisi beta. Singkong juga mengandung 70% karbohidrat, yang memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

27 dari 31 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Mengkonsumsi Daun Singkong?

Daun singkong tidak cocok untuk orang dengan kadar asam urat tinggi, terutama jika dikonsumsi berlebihan karena mengandung zat purin yang bisa meningkatkan asam urat di persendian, menyebabkan nyeri dan peradangan.

 

28 dari 31 halaman

Daun Singkong Dapat Mengobati Penyakit Apa?

Daun singkong kaya antioksidan untuk meningkatkan aliran darah yang lancar, sehingga oksigen dapat tersebar optimal ke seluruh tubuh, mendukung fungsi tubuh yang optimal yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau napas.

29 dari 31 halaman

Bolehkah Penderita Darah Tinggi Mengonsumsi Daun Singkong?

Orang dengan tekanan darah tinggi harus menjaga agar tekanan darah tetap stabil dan menghindari makanan serta minuman yang bisa meningkatkannya. Salah satu contohnya adalah daun singkong.

30 dari 31 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Boleh Mengonsumsi Daun Singkong?

Meskipun lezat dan bermanfaat bagi kesehatan, mengonsumsi daun singkong secara berlebihan tidak dianjurkan, terutama bagi penderita hipertensi, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

 

31 dari 31 halaman

Bolehkah Penderita Stroke Makan Daun Singkong?

Isoflavon dalam daun singkong diyakini bisa menyembuhkan stroke dengan cara mengurangi kadar kolesterol LDL, yang merupakan jenis flavonoid yang efektif untuk mengobati penyakit tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini