Sukses

15 Manfaat Daun Binahong, Bisa Turunkan Kolesterol dan Menyehatkan Jantung

Daun binahong terkenal akan manfaatnya yang luar biasa termasuk bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Malang Tanaman yang dikenal dengan nama latin Anredera cordifolia atau daun binahong tumbuh subur di Indonesia, China, Korea, dan Taiwan. Karakteristiknya adalah daun hijau berbentuk hati, dan tanaman ini telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di berbagai negara.

Keajaiban daun binahong tidak lepas dari kandungan nutrisi luar biasa yang terdapat di dalamnya, seperti saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, flavonoid, vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, riboflavin, beta karoten, dan banyak lagi. Gabungan semua zat ini memberikan manfaat yang beragam untuk kesehatan dan kecantikan. Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkap tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, pada Sabtu (06/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 21 halaman

Mencegah Diabetes

Daun binahong menghambat penyerapan gula di usus, menjadikannya obat alami untuk diabetes karena mengandung steroid, flavonoid, dan kumarin yang menjaga kadar gula darah stabil.

3 dari 21 halaman

Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Ekstrak daun binahong menunjukkan kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro, yang meningkat seiring dengan peningkatan konsentrasinya.

4 dari 21 halaman

Mencegah Radikal Bebas

Daun binahong mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas, mencegah perubahan sel sehat menjadi sel kanker, dan mengurangi dampak buruk radikal bebas secara efektif.

5 dari 21 halaman

Dapat Dipakai untuk Perawatan Pasca Operasi

Setelah operasi, tubuh kehilangan banyak darah dan energi. Daun binahong, kaya akan protein dan mineral, dapat mempercepat pemulihan pasca operasi melalui rebusannya yang efektif.

6 dari 21 halaman

Mengatasi Anemia

Daun binahong dapat menjadi solusi alami bagi yang mengalami tekanan darah rendah. Ramuannya dapat meningkatkan tekanan darah dan mencegah tubuh terasa lesu.

7 dari 21 halaman

Mengobati Sakit Perut

Tidak makan atau makan terlambat bisa menyebabkan sakit perut. Binahong, yang mengandung saponin dan antioksidan, dapat membantu mengatasinya, tetapi pola makan teratur tetap penting untuk mencegah masalah ini.

8 dari 21 halaman

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun binahong efektif menyembuhkan luka, termasuk luka kecil dan bakar, berkat kandungan minyak atsiri dan asam askorbat yang mendukung penyembuhan luka. Menggunakan daun binahong ditumbuk sebagai obat luar juga membantu merawat kulit dan mencegah penuaan dini. 

9 dari 21 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun binahong mengandung antioksidan kuat yang melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh.

10 dari 21 halaman

Mengobati Asam Urat

Rebusan daun binahong dapat mengurangi kadar purin yang menyebabkan asam urat serta mencegah pembentukan asam urat berkat flavonoidnya.

11 dari 21 halaman

Menghaluskan Kulit Wajah

Gunakan air rebusan daun binahong untuk mencuci muka agar kulit wajah lebih halus. Gunakan secara teratur untuk hasil optimal.

12 dari 21 halaman

Mengatasi Permasalahan Komedo

Daun binahong tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Antibakteri di dalamnya dapat mengatasi jerawat, dan air rebusannya membantu menghilangkan komedo.

13 dari 21 halaman

Mencerahkan Kulit

Merebus daun binahong dan meminum air rebusannya dapat secara alami mencerahkan kulit, lebih aman dan efektif daripada pemutih kimia yang berpotensi merusak kulit.

14 dari 21 halaman

Mengatasi Jerawat

Hancurkan daun binahong dan gunakan sebagai masker wajah. Antibakteri dalam daun ini membantu mengatasi jerawat dan meredakan peradangan kulit.

15 dari 21 halaman

Sebagai Anti Aging

Minum air rebusan daun binahong dingin dapat meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini karena nutrisi di dalamnya mendukung elastisitas kulit.

16 dari 21 halaman

Membersihkan Komedo

Air rebusan daun binahong dapat berfungsi sebagai toner alami untuk membersihkan komedo serta menjaga kebersihan pori-pori kulit.

17 dari 21 halaman

Penyakit Apa yang Bisa Disembuhkan Dengan Daun Binahong?

Binahong memiliki berbagai manfaat tambahan, seperti menurunkan tekanan darah, mengobati antihiperlipidemia, dan menghambat xanthine oksidase. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat dalam mengatasi gagal ginjal, mengurangi kadar asam urat, serta mempercepat penyembuhan luka.

 

18 dari 21 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Daun Binahong?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti: Ambil 9-11 lembar daun, pilih yang tidak terlalu muda maupun terlalu tua, lalu cuci dengan bersih. Rebus daun-daun tersebut dengan api kecil bersama 2 gelas air, biarkan hingga airnya berkurang menjadi satu gelas. Konsumsi ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari.

19 dari 21 halaman

Apakah Daun Binahong Bisa Menurunkan Kolesterol?

Rebusan daun binahong juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

20 dari 21 halaman

Apakah Daun Binahong Bisa Membersihkan Ginjal?

Daun binahong, yang sudah dikenal dalam pengobatan tradisional, mengandung senyawa-senyawa aktif yang bisa berdampak terapeutik pada ginjal dan mempercepat proses penyembuhan.

21 dari 21 halaman

Apakah Daun Binahong Bisa Membersihkan Jamur?

Binahong, atau Anredera cordifolia (Tenore) Steenis, adalah tanaman obat yang berasal dari daratan China dan juga ditemukan di Lembang dan sekitarnya. Daunnya mengandung saponin dan alkaloid yang memiliki aktivitas anti-jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.