Sukses

10 Hewan Paling Mudah Lupa di Dunia, Ada yang Hanya Ingat 2 Detik Saja

Setiap hewan memiliki keunikannya masing-masing, termasuk ada hewan yang mudah lupa. Berikut daftar 10 hewan pelupa di dunia, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia hewan, kemampuan mengingat sangat bervariasi antara satu spesies dengan yang lainnya. Sementara beberapa hewan menunjukkan memori yang luar biasa, tapi ada juga yang memiliki ingatan sangat singkat.

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa memori panjang adalah kunci keberhasilan bagi banyak hewan. Namun, bagi beberapa spesies, memiliki ingatan yang pendek justru merupakan bagian dari strategi bertahan hidup mereka. 

Mengetahui lebih banyak tentang kemampuan hewan-hewan ini memberikan wawasan menarik tentang adaptasi dan perilaku mereka dalam bertahan hidup di alam liar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak daftar 10 hewan pelupa di dunia ini, yang dirangkum dari azanimals.com pada Selasa (25/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 17 halaman

1. Simpanse

Meskipun simpanse dikenal karena kecerdasannya yang luar biasa, simpanse bisa menjadi makhluk yang sangat pelupa. Simpanse memiliki rata-rata rentang memori jangka pendek sekitar 20 detik. 

Namun jangan biarkan hal ini menipu manusia. Simpanse sangat cerdas dan sosial. Hewan ini bahkan terkadang bisa mengungguli manusia dalam ujian.

3 dari 17 halaman

2. Lebah

Lebah mungkin adalah salah satu hewan paling pelupa di dunia. Serangga terbang ini memiliki banyak manfaat tetapi juga memiliki ingatan yang sangat singkat, terkadang hanya 2,5 detik. Namun, lebah memiliki daya ingat yang sangat baik, meskipun cara kerjanya berbeda dengan daya ingat manusia. 

Lebah sangat termotivasi oleh makanan dan akan kembali ke tempat dimana makanannya berada. Rentang daya ingatnya seekor lebah mungkin bergantung pada jenis spesifiknya.

4 dari 17 halaman

3. Hamster

Meskipun hamster dapat menemukan jalan melalui labirin dan merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan, hewan ini tidak memiliki ingatan yang baik. Hamster memiliki rentang memori jangka pendek rata-rata 2 hingga 3 detik. Namun hamster dapat mempelajari dan menghafal informasi jangka panjang. 

Hewan pengerat kecil ini cerdas dan mungkin daftar menghafal objek dan rutinitas dasar sehari-hari. Namun, kemampuannya untuk mengingat jangka panjang dikaitkan dengan kelangsungan hidup. Para ahli masih melakukan penelitian untuk memahami hamster dalam ingatan dan kecerdasannya.

5 dari 17 halaman

4. Anjing Laut

Berikutnya dalam daftar hewan paling pelupa di dunia adalah anjing laut. Hewan air yang cantik ini cerdas dan sangat sosial. Meskipun anjing laut cerdas, mereka memiliki daya ingat jangka pendek yang buruk.

Anjing laut memiliki ingatan jangka pendek sekitar 18 detik. Meskipun anjing laut memiliki kemampuan ingatan jangka pendek yang buruk, rentang ingatan jangka panjangnya luar biasa. Anjing laut bahkan bisa belajar meniru pembicaraan manusia.

6 dari 17 halaman

5. Ular

Ular memiliki ingatan jangka pendek yang terbatas dan ingatan yang buruk sama sekali. Ular dapat mengidentifikasi bau, tetapi tidak akan mengingat memori yang terkait dengan aroma atau bau tersebut. Informasi yang ular ingat semua karena kebutuhan untuk bertahan hidup.

7 dari 17 halaman

6. Kalkun

Kalkun memiliki ingatan yang buruk dan merupakan salah satu hewan paling pelupa di dunia. Kalkun memiliki ingatan jangka pendek yang sangat terbatas dan kecenderungan pelupa yang aneh. 

Kalkun bisa kembali ke tempat yang sama dua kali, bahkan setelah menghadapi bahaya. Namun, kalkun memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik untuk bertahan hidup. Menariknya, kalkun memiliki indra penciuman yang buruk.

8 dari 17 halaman

7. Kungkang

Spesies hewan pelupa lainnya adalah sloth atau kungkang, sloth sangat lambat dan pelupa. Hewan ini memiliki keterampilan mengingat yang buruk dan penglihatan yang buruk. Meskipun kungkang memiliki ingatan jangka pendek yang buruk, kungkang memiliki ingatan spasial yang sangat baik. 

Kungkang juga lambat bereaksi. Ingatan jangka pendek yang buruk dan masalah penglihatan terkadang menyebabkan mereka salah mengira lengan mereka sebagai dahan pohon.

9 dari 17 halaman

8. Burung Unta

Burung unta adalah burung berukuran besar dengan kepala sangat kecil dan leher panjang. Burung unta mudah dikenali dan sulit untuk dilewatkan, tetapi hewan ini juga memiliki ingatan jangka pendek yang buruk. 

Burung yang sangat pelupa ini memiliki ingatan jangka pendek hanya 10 detik. Artinya, mereka bisa langsung melupakan kebutuhannya untuk lari atau bersembunyi dari pemangsa. Burung unta juga tidak terlalu cerdas. Mereka memiliki otak sebesar buah kenari, bahkan matanya lebih besar dari otaknya.

10 dari 17 halaman

9. Jerapah

Jerapah seringkali melambangkan kedamaian, kelembutan, dan kebijaksanaan, namun hewan berleher panjang ini memiliki ingatan jangka pendek yang buruk. Rata-rata, jerapah memiliki rentang memori jangka pendek hingga 30 detik.

11 dari 17 halaman

10. Babun

Babun adalah hewan yang sangat sosial dan cerdas. Penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki kapasitas memori jangka panjang yang besar, namun ingatan jangka pendek mereka buruk. 

Hewan ini pelupa, namun juga cukup cerdas untuk mempelajari bahasa dan perilaku. Meskipun kesulitan dalam menghasilkan ingatan jangka pendek, babun unggul dalam tugas pemecahan masalah dan penalaran sosial. Babun juga membentuk keluarga besar dan ikatan sosial yang menunjukkan kecerdasan emosionalnya.

12 dari 17 halaman

Hewan Hewan Apa yang Pelupa?

  1. Hamster
  2. Simpanse
  3. Jerapah
  4. Sloth
  5. Ular 
  6. Kalkun
  7. Burung unta
13 dari 17 halaman

Berapa Lama Ingatan Ikan Dory?

Salah satunya memiliki daya ingatan yang hanya tiga detik. Setelah itu, ikan mas tidak dapat menyimpan ingatan apa pun dan tampaknya menghadapi dunia dengan kesan pertama. Pandangan ini didukung oleh film Finding Dory, karya dari rumah produksi Pixar.

14 dari 17 halaman

Hewan Apa yang Ingatannya Kuat?

Gajah dikenal sebagai mamalia dengan memori yang sangat baik. Hewan ini mampu mengingat lokasi tempat kerabatnya meninggal, mengenali siapa yang merupakan teman atau lawan, serta mengingat tempat-tempat di mana mereka dapat mencari makan, bahkan jika letaknya sangat jauh.

15 dari 17 halaman

Hewan Apa yang Cepat Lupa?

  1. Lumba-lumba
  2. Simpanse
  3. Anjing
  4. Kucing
16 dari 17 halaman

Berapa Lama Ingatan Ikan Koki?

Menurut Culum Brown, seorang pakar kognisi ikan di University of Macquarie, Australia, anggapan bahwa ikan mas koki hanya memiliki ingatan tiga detik adalah keliru. Brown menyatakan bahwa ikan mas koki sebenarnya memiliki kemampuan mengingat yang jauh lebih lama, mencakup rentang waktu mulai dari mingguan, bulanan, hingga bertahun-tahun.

17 dari 17 halaman

Berapa Detik Ingatan Ikan Mas?

Namun, hasil penelitian awal saya menunjukkan bahwa ikan mas tidak hanya mampu belajar dengan cepat, tetapi ingatan mereka juga lebih lama dari tiga detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini