Sukses

Hanya Perlu Tambahan 2 Bahan Dapur, Begini Trik Atasi Bau Pesing di Kamar Mandi

Tak perlu mahal beli pengharum ruangan, trik ini bikin bau pesing hilang dan kamar mandi jadi lebih wangi tahan lama. Mari simak ulasan selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Bekas urin di kamar mandi yang tidak disiram sampai benar-benar bersih tentu akan menimbulkan bau pesing yang sangat mengganggu. Karenanya, banyak orang memanfaatkan kamper sebagai penyerap bau tak sedap di kamar mandi.

Agar tak hanya bebas bau tak sedap, namun juga lebih wangi tahan lama, seorang warganet dengan akun Instagram @casanaf_ membagikan trik praktis dan efektif untuk mengatasi bau di kamar mandi.

Tak hanya mengandalkan kamper, ia juga menambahkan dua bahan dapur yang semakin memaksimalkan fungsi kamper sebagai penghilang bau.

Untuk mengetahui cara lengkapnya, silakan simak informasi yang dirangkum pada Selasa (25/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan-bahan

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Kamper kamar mandi
  • Pewangi pakaian
  • Garam
  • Cuka dapur
3 dari 9 halaman

Siapkan Wadah

Siapkan gelas atau mangkuk kecil sebagai wadah racikan pewangi kamar mandi. Dalam video reel-nya, @casanaf_ tampak menggunakan gelas kaca. Namun demikian, ia menegaskan bahwa untuk wadahnya bebas saja, tidak harus berbahan kaca. 

4 dari 9 halaman

Gabungkan Seluruh Bahan

Langkah pertama, racik seluruh bahan yang sudah disiapkan. Masukkan 2 sendok teh garam ke dalam gelas, lalu tambahkan 1 buah kamper, 1 saset pewangi pakaian, dan 5 tetes cuka dapur. Kemudian, aduk hingga garam larut dengan cairan pewangi. 

5 dari 9 halaman

Letakkan di Rak Kamar Mandi

Setelah racikan selesai dibuat, letakkan gelas racikan pewangi di rak kamar mandi. Jika di kamar mandi tidak ada rak, bisa juga ditaruh di ventilasi atau angin-angin kamar mandi.

Jangan diletakkan di bawah karena berisiko terkena cipratan air yang akan mengurangi efektifitasnya. Adapun untuk ketahanan wanginya kurang lebih bertahan selama 1-4 minggu. Selamat mencoba!

6 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menghilangkan Bau Kamar Mandi

7 dari 9 halaman

Apa Penyebab Bau di Kamar Mandi?

Saluran pembuangan yang tersumbat sering menjadi penyebab utama timbulnya bau pada saluran air, dan mencegah penyumbatan akan membantu Anda mengatasi masalah ini secara keseluruhan. Rambut merupakan salah satu faktor utama yang menyumbat saluran air dan bisa diatasi dengan memakai alat penangkap rambut.

8 dari 9 halaman

Kenapa WC Bau saat Disiram?

Bila toilet tidak digunakan dalam waktu yang lama, air di bagian bawahnya dapat menguap. Keberadaan air ini berfungsi mencegah bau dari saluran pembuangan yang terhubung dengan toilet. Dalam situasi seperti ini, menyiram toilet akan menambah air yang diperlukan untuk mengatasi bau tidak sedap.

9 dari 9 halaman

Kamar Mandi Bau karena Apa?

Terjadinya penyumbatan pada saluran air adalah masalah umum yang sering membuat kamar mandi berbau tidak sedap. Penumpukan limbah seperti sabun, pasta gigi, rambut, dan kotoran lainnya di dalam pipa menjadi faktor utama terjadinya penyumbatan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini