Sukses

Tak Hanya Dilihat Warnanya, Begini Trik Pilih Nanas yang Manis dan Matang Sempurna

Jika sering zonk saat memilih nanas, lakukan beberapa trik ini agar mendapat buah nanas yang manis dan tentunya matang sempurna. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Bernama latin Ananas comosus, nanas merupakan buah tropis yang cukup mudah dijumpai di Indonesia.

Cita rasanya yang segar membuat tak sedikit orang suka mengonsumsinya, seperti dijadikan rujak, jus, selai, ataupun dikonsumsi secara langsung.

Terkenal dengan kandungan enzim bromelain yang mampu memecah protein menjadi asam amino dan peptida kecil, nanas sangat bermanfaat bagi pengidap insufisiensi pankreas. 

Meski kandungan nutrisi dan manfaatnya yang banyak, di beberapa kondisi nanas terasa sangat asam. Sehingga, bagi yang memiliki gigi sensitif dan masalah lambung, tentunya hal ini akan cukup mengganggu.

Untuk itu, silakan simak beberapa trik memilih nanas dengan rasa yang manis dan tingkat kematangan yang tepat. Dirangkum dari Instagram @cutsyansyahnan, pada Senin (24/6/2024), berikut penjelasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Perhatikan Pola Kulit Nanas

Trik pertama, menurut @cutsyansyahnan, salah satu trik dalam memilih nanas yang manis dan matang sempurna adalah dengan melihat dari pola kulitnya.

Nanas yang sudah matang biasanya ditandai dengan pola pada kulit nanas yang besar-besar. Maka, hindari nanas dengan pola kulit yang kecil dan sempit karena itu tandanya nanas belum masak sempurna. 

3 dari 13 halaman

Perhatikan Mahkota Nanas

Trik kedua, nanas yang sudah matang dan rasanya manis, biasanya memiliki mahkota yang tegak dan hijau cerah. Hindari memilih nanas yang mahkotanya melengkung karena hal ini berpotensi sebagai tanda bahwa rasa buahnya asam.

4 dari 13 halaman

Perhatikan Berat Nanas

Trik ketiga, timbang massanya. Semakin tinggi massa nanas, maka akan semakin manis pula rasa buahnya, serta cenderung lebih berair. 

5 dari 13 halaman

Perhatikan Aroma Nanas

Trik keempat, nanas dengan aroma yang manis menunjukkan bahwa buahnya sudah matang sempurna. Untuk itu, hindari memilih nanas yang tidak beraroma, atau nanas yang aromanya terlalu menyengat mirip cuka karena ini pertanda bahwa buahnya sudah tidak segar lagi.

6 dari 13 halaman

Tes dengan Pukulan

Trik kelima, seorang warganet dengan username @abdulloh.annass–melalui kolom komentar–menambahkan jika nanas yang dipukul dan bunyinya padat menunjukkan bahwa rasa buahnya manis. Sebaliknya, jika ketika dipukul nanas berbunyi seperti kopong–”tuk-tuk”–maka biasanya rasa buahnya asam. 

7 dari 13 halaman

Perhatikan Bentuk Nanas

Trik keenam, warganet tersebut juga menambahkan bahwa bentuk nanas yang terlihat cacat justru menandakan jika rasa buahnya manis. “...misal cacat or boncel insyaaAlloh manis. Jadi kalo jumpa Nanas bentuknya cacat, dipukul padat, sisiknya besar n berkilat insyaaAlloh MasyaaAlloh manisnya…” ujar akun @abdulloh.annass tersebut berbagi tips.

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Nanas

9 dari 13 halaman

Buah Nanas Bermanfaat untuk Apa?

Nanas kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu melawan infeksi.

10 dari 13 halaman

Apa yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Buah Nanas?

Paduan antara nanas dan susu dapat menghasilkan zat yang sulit dicerna, menimbulkan gangguan pada lambung. Enzim pada nanas bisa merusak protein dalam susu, sehingga menghambat proses pencernaan.

11 dari 13 halaman

Buah Nanas untuk Obat Apa?

Nanas menawarkan banyak manfaat untuk berbagai organ tubuh, termasuk organ pencernaan, kulit, tulang, dan sendi. Kesehatan tubuh secara keseluruhan juga dapat meningkat dengan mengonsumsi nanas, karena buah ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengatur kadar kolesterol, dan mempertahankan tekanan darah yang sehat.

12 dari 13 halaman

Apakah Nanas Ada Efek Sampingnya?

Konsumsi buah nanas yang berlebihan dapat menimbulkan gejala maag seperti perut terasa perih, mual, dan kembung. Situasi ini bisa terjadi pada individu yang sudah memiliki masalah dengan asam lambung, seperti GERD.

13 dari 13 halaman

Apakah Boleh Makan Nanas Mentah?

Berdasarkan informasi dari Departemen Hortikultura Purdue University, mengonsumsi buah nanas yang belum matang atau minum jus dari nanas mentah bisa berisiko tinggi. Buah nanas yang belum matang dapat berbahaya bagi manusia, menimbulkan gejala seperti diare dan muntah-muntah yang hebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini