Sukses

Dijamin Enak, Ini Cara Bikin Takoyaki ala Rumahan yang Padat Berisi

Takoyaki bisa dibikin sendiri di rumah hanya dengan 2 isian saja. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Takoyaki, salah satu camilan khas Jepang yang saat ini sedang digandrungi anak muda dan sangat mudah ditemui di berbagai restoran, cafe hingga di pinggir jalan.

Pembuatan takoyaki pun cukup sederhana, yakni dari tepung terigu yang dibumbui, lalu digoreng dengan cetakan berbentuk bulat. Biasanya takoyaki berisi daging gurita, walaupun ada juga yang berisi keju, sosis atau ayam.

Meskipun takoyaki bisa dibeli dengan harga yang cukup murah, terutama yang di pinggir jalan. Takoyaki akan lebih nikmat jika dimasak sendiri sesuai selera masing-masing.

Salah seorang warganet TikTok/@anaayu16 memiliki cara yang sangat sederhana untuk membuat takoyaki ala rumahan yang dijamin nikmat dan anti gagal. Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Senin (24/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Buat Adonan Takoyaki

Pertama-tama, siapkan dan aduk sampai merata bahan-bahan berikut pada mangkuk:

●     200  gram tepung terigu.

●     60 gram tepung kentucky.

●     1 sdm maizena.

●     2 butir telur.

●     ½ sdt baking powder.

●     Penyedap rasa.

●     600 ml air.

Jika sudah, letakkan adonan di dalam kulkas selama empat puluh menit.

3 dari 12 halaman

Siapkan Isian

Untuk takoyaki versi original kebanyakan menggunakan isian daging gurita. Namun untuk yang versi rumahan seperti ini bisa gunakan crab stick, sosis dan daun bawang saja. Potong kecil-kecil semua isian tersebut agar nanti bisa ditaburkan saat dimasak.

4 dari 12 halaman

Buat Saus Oles

Saus oles takoyaki sebenarnya bersifat opsional. Hanya saja, rasa takoyaki jadi kurang lengkap tanpa suas. Untuk membuat saus oles, masak dan aduk rata bahan-bahan berikut:

●     3 sdm saus tomat.

●     2 sdm saus sambal, saus tiram dan kecap manis.

●     2 sdm air.

●     1 sdm gula.

5 dari 12 halaman

Goreng Takoyaki

Sesudah empat puluh menit, keluarkan adonan takoyaki dari kulkas. Sekarang siapkan cetakan bulat di atas kompor, lalu nyalakan api sedang. Tuang adonan ke setiap cetakan, lalu taburkan isian di atasnya.

Jika bagian bawah sudah kering, putar sedikit lalu tambahkan adonan lagi sedikit. Kemudian, balikkan takoyaki lagi lalu tunggu sampai kering dan kecoklatan secara merata.

6 dari 12 halaman

Olesi dengan Saus

Jika takoyaki sudah kering merata, matikan kompor dan angkat takoyaki dengan hati-hati ke piring. Oleskan saus yang dibuat tadi pada takoyaki. Agar semakin nikmat, bisa tambahkan mayonais.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Takoyaki

8 dari 12 halaman

Takoyaki Isinya Apa Saja?

Takoyaki umumnya berbentuk bola kecil dan dibuat dari campuran tepung terigu. Di Jepang, takoyaki tradisional diisi dengan potongan gurita. Namun, saat ini terdapat berbagai variasi isian takoyaki selain gurita. Isian tersebut bisa berupa sosis, keju, cumi-cumi, atau bahan lainnya.

9 dari 12 halaman

Takoyaki Rasanya Seperti Apa?

Takoyaki pada umumnya mengandung potongan daging gurita, potongan tempura, acar jahe merah, serta daun bawang, dan diberi taburan. Rasa takoyaki cenderung gurih dan asin, dengan tambahan serpihan daging ikan asap di atasnya serta sentuhan rasa manis dari saus.

10 dari 12 halaman

Apakah Takoyaki Itu Sehat?

Takoyaki pada umumnya berisi daging gurita yang tidak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga kaya akan nutrisi. Kandungan gizinya meliputi protein, karbohidrat, zat besi, omega 3, omega 6, kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor, selenium, vitamin A, vitamin E, dan niasin.

11 dari 12 halaman

Apa Itu Black Takoyaki?

Hidangan takoyaki yang satu ini istimewa karena adonannya dicampur dengan tinta cumi, memberikan warna hitam pekat. Nama lain dari makanan unik ini adalah Kuro-tako atau Gurita Hitam. Tinta cumi yang digunakan tidak hanya memberi warna, tetapi juga menambah kelezatan takoyaki tersebut.

12 dari 12 halaman

Apa Bedanya Takoyaki dan Okonomiyaki?

Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi bentuk. Takoyaki memiliki bentuk bulat dengan diameter antara tiga sampai lima cm. Di sisi lain, okonomiyaki memiliki bentuk bulat namun pipih, menyerupai pizza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.