Sukses

8 Desain Dapur Minimalis Sederhana yang Bikin Masak Makin Nyaman

Menciptakan dapur yang cantik dan estetik di dalam rumah tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang mahal dan mewah. Desain dapur beranggaran rendah yang sederhana namun nyaman ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu. Yuk, simak!

Liputan6.com, Jakarta Merancang dapur dengan biaya rendah dan ekonomis tidak berarti harus terlihat biasa atau murahan. Ada berbagai tips dan trik yang dapat digunakan untuk mendesain dapur agar tetap tampil cantik dan estetik meskipun dengan anggaran terbatas.

Selain itu, saat ini banyak barang cantik dan fungsional yang mudah ditemukan di e-commerce. Beberapa desain dapur beranggaran rendah di internet juga bisa dijadikan inspirasi.

Berikut ini adalah 8 desain dapur low budget yang cantik dan nyaman, dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Minimalis Modern

Inspirasi desain dapur low budget yang pertama adalah dapur cantik dengan gaya minimalis modern. Desain dapur satu ini tidak menggunakan kitchen set, tapi tetap tampak rapi dan harmonis karena dilapisi dengan keramik bermotif marmer. Perpaduan warna putih dan biru dongker, serta keramik bermotif untuk dinding dapur merupakan perpaduan yang pas untuk desain satu ini.

3 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Ukuran 3x3

Memilih desain dapur low budget yang cocok untuk dapur berukuran 3x3 memang cukup tricky. Hal itu karena ukurannya yang menengah, tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil.

Menggunakan kitchen set berukuran sedang adalah solusi supaya dapur 3x3 ini tidak mengeluarkan banyak budget. Warna yang tidak terlalu terang maupun gelap dengan tekstur, seperti material kayu bisa membantu desain dapur satu ini tidak tampak kosong.

4 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Sederhana dan Rapi

Desain dapur low budget yang sederhana dan rapi ini juga tidak menggunakan kitchen set. Hanya terdiri dari meja dapur yang dibuat sendiri dengan tembok dan keramik. Warna putih dan material kayu menjadi perpaduan paling cocok untuk desain simpel ini karena tampak jauh lebih rapi. Desain dapur low budget yang satu ini menggunakan bentuk L, karena menyesuaikan dengan kebutuhan dapur yang tidak terlalu banyak.

5 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Mini

Desain dapur low budget satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya sedikit ruang untuk dapur. Desain ini tidak menggunakan kitchen set, hanya mengandalkan meja dapur yang simpel. Bentuk desain dapur low budget ini sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik menggunakan bentuk lurus maupun bentuk L. Rak tempel dinding di atas meja dapur adalah pilihan yang bagus dan efisien untuk lebih menghemat budget dan ruang.

6 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Tanpa Kitchen Set

Desain dapur low budget yang satu ini tidak menggunakan kitchen set. Hanya menggunakan meja dapur yang dilapisi keramik dan wallpaper keramik 3D, menciptakan penampilan lebih rapi dan elegan yang tak kalah dengan kitchen set mahal. Tambahan rak-rak yang manis bisa menjadi salah satu trik untuk mengisi dapur.

7 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Minimalis

Inspirasi desain dapur low budget selanjutnya adalah desain dapur yang sangat sederhana tanpa kitchen set. Tak banyak juga menggunakan rak penyimpanan untuk mengisi dapur pada desain ini. Meski begitu, dapur tetap tampak cantik dan manis. Wallpaper 3D yang mirip keramik bisa menjadi pilihan untuk menghiasi dinding dapur.

8 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Sederhana Versi di Kampung

Inspirasi desain dapur low budget untuk rumah di kampung ini sangat sederhana. Tidak menggunakan rak di dinding maupun meja dapur bertembok. Desain ini hanya mengandalkan desain yang sangat sederhana untuk meja dapur. Muat untuk kompor dan wastafel, bagian bawahnya pun bisa disulap menjadi rak penyimpanan tersembunyi yang rapi. Tirai bermotif yang cantik menjadi kombinasi yang pas sebagai penutup rak penyimpanan di bagian bawah meja dapur.

9 dari 14 halaman

Dapur Low Budget Semi Outdoor

Inspirasi desain dapur low budget yang terakhir adalah desain dapur semi outdoor terpisah dengan bagian utama rumah. Desain satu ini cocok untuk kamu yang sudah tidak memiliki sisa ruang kosong lagi di dalam rumah, atau untuk menghindari bau saat memasak berputar di dalam rumah.

Warna hitam dan putih adalah warna paling simpel dan mudah diimbangi dengan warna besi yang tidak membutuhkan sentuhan tambahan lagi. Desain satu ini juga tidak menggunakan kitchen set, kamu bisa melapisi seluruh permukaan dapur low budget ini dengan keramik yang berwarna senada untuk penampilan lebih menarik dan enak dipandang.

10 dari 14 halaman

Apakah Dapur Perlu Jendela?

Jendela adalah bagian penting dari sebuah dapur. Dengan adanya jendela, ruangan dapur yang bisa dipenuhi asap dari kegiatan memasak tak akan pengap. Selain itu, jendela juga membuat ruangan jadi terang karena memasok cahaya alami dari matahari.

11 dari 14 halaman

Apa Itu Kitchen Helper?

Seperti namanya, tugas utama cook helper adalah membantu dalam persiapan bahan makanan (mise en place). Bukan cuma di tahap persiapan, tetapi juga membantu dalam proses finishing makanan. Biasanya peserta didik perhotelan bidang F&B service akan dimagangkan di posisi ini. Commis adalah posisi entry-level dalam dapur.

 

 

12 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Cold Kitchen?

Bagian cold kitchen atau garde manger merupakan bagian yang mengolah makanan dingin di dapur. Selain itu juga membuat makanan untuk pembuka (appetizer), sandwich, canapé. Produk dari cold kitchen ditampilkan baik untuk meja buffet dan menu ala carte.

13 dari 14 halaman

Apa Nama Meja di Dapur?

Counter table adalah bagian permukaan yang terletak di atas kabinet bawah pada kitchen set. Bagian ini digunakan sebagai meja dapur untuk menyiapkan bahan-bahan masakan. Pada counter table biasanya terdapat sink atau tempat mencuci piring, kompor tanam, serta rak piring.

14 dari 14 halaman

Apa Itu Dapur Island?

Kitchen island adalah salah satu komponen dapur yang terletak di tengah ruangan. Umumnya, furnitur ini berbentuk meja yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Bersifat multifungsi, furniture tambahan ini dapat Anda gunakan untuk banyak hal, mulai dari area memasak, tempat penyimpanan barang, hingga meja makan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.