Sukses

8 Desain Taman di Atap Rumah yang Bisa Bikin Rumah Tambah Asri

Tidak memiliki lahan untuk memperindah rumah dengan taman? Desain taman di atap rumah ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Mari simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Taman atap rumah, yang juga dikenal sebagai roof garden, merupakan salah satu jenis taman yang populer dan menjadi pilihan banyak orang. Taman di bagian atas rumah ini dapat mengubah penampilan dan suasana rumah secara signifikan.

Meskipun ukurannya cukup kecil, taman atap rumah ini bisa menjadi titik menarik yang memperindah rumah jika ditata dan dirawat dengan baik. Dengan desain yang tepat, atap rumah bisa disulap menjadi tempat yang menyenangkan.

Berikut ini beberapa desain taman di atap rumah yang cantik dan asri, dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Minimalis Modern

Inspirasi taman atap rumah minimalis yang pertama adalah taman kering bergaya minimalis modern yang bisa dengan mudah diikuti. Gunakan berbagai jenis pot dan tanaman merambat yang bisa disandingkan di dinding kayu atau ditambahkan pada dinding rooftop.

Tambahkan sofa di bagian pojok taman atap rumah ini untuk dijadikan tempat bersantai dan beristirahat. Gunakan juga rumput sintetis untuk alas taman agar suasana taman lebih hijau dan asri dengan perawatan yang mudah.

3 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Sederhana dan Kering

Desain taman atap rumah yang satu ini sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Jenis taman kering yang satu ini tidak menggunakan banyak tanaman untuk memenuhi taman, melainkan lebih masuk ke dalam kategori taman untuk tempat bersantai.

Gunakan berbagai tanaman dengan tinggi yang lumayan di dalam pot dan letakkan di berbagai tempat yang diinginkan. Rumput sintetis dan dek lantai kayu menjadi kombinasi paling pas untuk taman model ini.

4 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Minimalis Lengkap dengan Bar

Desain taman atap rumah dengan bar ini sangat cocok untuk kamu yang sering mengadakan acara-acara berkumpul dengan teman maupun keluarga. Gunakan tanaman di pot yang dibangun langsung di dinding taman atap rumah atau di pot portable. Gunakan tanaman dengan berbagai warna untuk menciptakan penampilan yang ramai dan cantik. Isi taman dengan berbagai jenis tempat duduk, seperti sofa atau kursi taman.

5 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Lantai Kayu

Desain taman atap rumah sering kali muncul dan terlihat di berbagai produk media, seperti frama atau dokumenter. Memiliki kesan yang agak retro dan kikuk, taman cantik satu ini ini bisa dengan mudah ditata sendiri, perawatannya pun cenderung mudah.

Tutupi lantai atap rumah dengan dek lantai kayu yang berwarna agak gelap dan bertekstur kasar agar tidak mudah licin. Setelah itu, kumpulkan berbagai tanaman yang ingin kamu rawat di berbagai jenis pot yang cantik.

6 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah dengan Ayunan

Inspirasi desain taman atap rumah ini termasuk dalam kategori taman kering sekaligus tempat bersantai yang nyaman. Kursi gantung dengan suasana tropis dan juga saung kecil yang unik bisa dimanfaatkan sebagai isi dari taman yang sangat fungsional ini. Tambahkan juga rumput sintetis sebagai alas lantai atap rumah agar suasana taman lebih kental. Jangan lupakan juga aneka pot tanaman hias di setiap pojok taman.

7 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Lahan Kecil

Atap rumah dengan lahan yang sempit juga bisa disulap menjadi taman atap rumah yang cantik. Kumpulkan berbagai pot tanaman hias warna-warni untuk menciptakan taman yang penuh warna dan terkesan lebih luas. Tambahkan juga rak bunga yang rapi dan tempat yang cantik di dinding taman atap rumah untuk memasang tanaman hias merambat.

8 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah Lahan Luas

Desain taman atap rumah satu ini memanfaatkan atap rumah yang cukup luas untuk tempat bersantai yang nyaman dan bisa dikreasikan sendiri. Gunakan rumput sintetis sebagai alas di taman ini, kemudian isi dengan berbagai perabotan yang nyaman dan biasa digunakan untuk bersantai. Jangan lupa untuk meletakkan berbagai tanaman hias untuk meramaikan suasana dan atap portabel yang unik.

9 dari 14 halaman

Desain Taman Atap Rumah untuk Kebun Organik

Desain taman yang terakhir ini membuat taman cantik berisi campuran antara tanaman hias dengan berbagai tanaman sayuran dan buah. Dengan memanfaatkan lahan yang tersisa, kamu bisa menghasilkan sendiri kebutuhan di dapur. Desain taman atap rumah satu ini memungkinkan kamu untuk efisien dan cantik di saat yang bersamaan, sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi berkebun.

10 dari 14 halaman

Atap Balkon Namanya Apa?

Setiap rumah dan bangunan memiliki atap memanjang yang biasanya menjadi atap pada garasi ataupun balkon. Atap ini biasanya disebut dengan kanopi.

11 dari 14 halaman

Teras Lantai Atas Namanya Apa?

Rooftop adalah area datar yang berada pada bagian paling atas bangunan. Biasanya, setiap gedung memiliki rooftop, tetapi tidak untuk semua rumah . Hanya beberapa rumah saja yang memiliki rooftop pada lantai paling atasnya.

 

12 dari 14 halaman

Atap Teras Rumah Disebut Apa?

Atap kanopi adalah jenis atap yang dirancang untuk melindungi area outdoor seperti teras, halaman, atau garasi dari sinar matahari, hujan, dan cuaca ekstrem lainnya. Atap kanopi terdiri dari rangka dan pelat penutup yang menutupi area di bawahnya.

13 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Roof Garden?

Roof Garden adalah taman yang berada di atas atap bangunan atau gedung.

14 dari 14 halaman

Apa Arti dari Kata Rooftop?

Bagian atas rumah nggak melulu hanya bisa ditutup dengan beragam jenis bentuk atap tetapi juga bisa berpotensi membuat lahan baru pada suatu bangunan yang lebih fungsional. Pemanfaatan area terbuka ini dengan membuat lahan yang luas di atap rumah umumnya dikenal sebagai rooftop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.