Sukses

35 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Berbagai Penyakit dan Perawatan Tubuh

Daun sirih adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Daun sirih telah dikenal luas dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia, tidak hanya sebagai obat alami tetapi juga menjadi bagian penting dari praktik kecantikan dan kebersihan. 

Sebagai salah satu tanaman herbal yang telah digunakan sejak zaman dulu, daun sirih juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu melawan infeksi bakteri dan jamur.

Salah satu kandungan utama daun sirih adalah eugenol dan tanin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada masalah gigi dan mulut.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat daun sirih, simak 35 manfaat daun sirih di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (23/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 41 halaman

1. Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dalam berkomunikasi dengan orang lain, meskipun tidak berpotensi mengancam nyawa. 

Daun sirih sering digunakan untuk mengatasi masalah ini, karena minyak esensial yang terkandung di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengurangi bau mulut serta memberikan aroma yang menyegarkan.

3 dari 41 halaman

2. Mengurangi Bakteri di Mulut

Minyak esensial yang terdapat dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang kuat. Kandungan ini mampu menghancurkan bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Dengan kekayaan akan senyawa fenolik dan fitokimia, daun sirih bahkan lebih efektif dalam membasmi bakteri serta menghambat pertumbuhannya.

Untuk mengurangi jumlah bakteri dalam mulut, dapat menggunakan larutan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur. Namun, bagi yang lebih memilih cara praktis, tersedia juga pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih.

4 dari 41 halaman

3. Meredakan Sakit Gigi

Sebagian orang menyatakan bahwa sakit hati mungkin lebih mudah ditangani daripada sakit gigi, karena sakit gigi bisa sangat menyakitkan. Hanya dengan sedikit guncangan atau suara keras, gigi bisa terluka. Bahkan, sakit gigi sering memerlukan waktu yang cukup lama untuk sembuh sepenuhnya.

Sakit gigi dapat diredakan dengan mengunyah daun sirih. Sifat antibakterinya membantu membunuh bakteri yang biasanya hidup pada gigi yang berlubang. Dengan mengunyah daun sirih, sakit gigi bisa mereda secara bertahap.

5 dari 41 halaman

4. Mencegah Gusi Bengkak

Penyebab umum dari gusi yang bengkak adalah infeksi bakteri. Penghilangan bakteri dapat membantu mengatasi pembengkakan pada gusi. Daun sirih mengandung sifat antibakteri alami yang dapat membantu efektif dalam membasmi bakteri-bakteri penyebab infeksi tersebut. Penggunaan pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih juga dapat memberikan manfaat serupa.

6 dari 41 halaman

5. Mengatasi Plak Gigi

Kandungan minyak esensial yang terdapat dalam daun sirih memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomycetes kiatus yang dapat menyebabkan pembentukan plak gigi. 

Senyawa ini juga terdapat dalam buah pinang, sehingga mengonsumsi daun sirih dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya plak di mulut.

7 dari 41 halaman

6. Mengatasi Peradangan pada Mata

Infus daun sirih dapat efektif digunakan sebagai pengobatan untuk pasien yang mengalami konjungtivitis atau peradangan pada mata. Penelitian menunjukkan bahwa sifat antibakteri dari daun sirih memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab gangguan ini.

8 dari 41 halaman

7. Membersihkan Mata

Daun sirih sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, khususnya untuk membersihkan mata. Pemanfaatan rebusan atau ekstrak daun sirih dianggap lebih aman karena mengandung senyawa alami. 

Senyawa-senyawa alami yang terdapat pada daun sirih seperti fenol, kardinin, kariofilen, terpene, terpinen, eugenol, menthol, dan seskuiterpen diketahui memiliki peran penting dalam khasiatnya.

9 dari 41 halaman

8. Mengobati Mata Gatal dan Merah

Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk meredakan gejala mata gatal dan merah. Caranya adalah dengan merebus 6 lembar daun sirih kemudian mendinginkannya, lalu larutan tersebut dapat langsung digunakan untuk mencuci mata. 

10 dari 41 halaman

9. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat adalah masalah umum yang sering menjadi keluhan. Penyebabnya bervariasi, dari produksi sebum yang berlebihan hingga infeksi bakteri. Salah satu cara pengobatan yang umum digunakan untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan rebusan daun sirih. 

Daun sirih mengandung tanin, flavonoid, dan saponin yang memiliki sifat antibakteri dan telah dikenal efektif dalam merawat kulit dan mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

11 dari 41 halaman

10. Mengobati Luka Ringan

Cedera dari goresan sering terjadi di daerah wajah dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kecelakaan tak disengaja atau sebab lainnya. Jika goresan tidak segera diobati, kemungkinan infeksi meningkat karena bakteri dapat dengan mudah masuk melalui luka pada kulit tersebut.

Untuk mengobati luka, dapat memanfaatkan infus daun sirih hijau karena kandungannya yang mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri.

12 dari 41 halaman

11. Mengatasi Alergi pada Wajah

Alergi yang menyebabkan rasa gatal juga bisa terjadi di area wajah, yang tentunya sangat mengganggu bagi siapa pun yang mengalaminya. Untuk mengurangi gejala alergi ini, dapat diatasi dengan mencampur daun sirih dan bubuk kunyit, kemudian mengoleskannya seperti memakai masker wajah. Senyawa aktif yang terdapat dalam daun sirih dan kunyit juga diketahui memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi pada wajah.

13 dari 41 halaman

12. Menyembuhkan Luka

Daun sirih merah mengandung saponin yang memiliki sifat antiseptik, yang berperan krusial dalam proses penyembuhan luka. Selain saponin, daun sirih merah juga mengandung tanin yang bermanfaat dalam pembentukan kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

14 dari 41 halaman

13. Mencegah Infeksi Bakteri

Salah satu manfaat dari merebus daun sirih adalah mencegah infeksi bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid yang terdapat dalam daun sirih merah memiliki sifat yang dapat mencegah risiko terjadinya infeksi. Bahkan, daun sirih juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

15 dari 41 halaman

14. Sebagai Obat Rematik

Rematik adalah penyakit autoimun di mana tubuh menyerang sendi, menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Orang yang mengalami radang sendi sering kali mengandalkan terapi obat untuk meredakan gejala tersebut. Namun, penggunaan obat-obatan kimia secara berkelanjutan dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Oleh karena itu, banyak penderita rematik mulai mencari alternatif pengobatan herbal. Salah satu pilihannya adalah menggunakan rebusan daun sirih merah. 

Flavonoid dan fenol yang terdapat dalam daun sirih merah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada penderita rematik.

16 dari 41 halaman

15. Obat Diabetes

Daun sirih telah digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes, dengan kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin pada daun sirih merah diyakini memiliki efek menurunkan kadar gula dalam tubuh. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa daun sirih dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 10% hingga 38%.

Daun sirih mengandung antioksidan yang berlimpah, yang juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Antioksidan ini berperan dalam mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam produksi insulin.

17 dari 41 halaman

16. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan faktor yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius dengan merusak sel-sel tubuh. Beberapa senyawa seperti flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid yang terdapat dalam infus daun sirih memiliki sifat antioksidan yang efektif dalam melawan radikal bebas. 

Dengan demikian, manfaatnya tidak hanya terbatas pada pencegahan penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer, tetapi juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.

18 dari 41 halaman

17. Menjaga Kesehatan Jantung

Rebusan daun sirih juga memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah hipertensi dan menjaga detak jantung tetap stabil. Dengan demikian, kesehatan jantung dapat terjaga dan risiko gangguan kesehatan dapat diminimalkan.

19 dari 41 halaman

18. Obat Diare

Tanaman herbal ini memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri, khususnya bakteri E. coli yang sering menjadi penyebab diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan sterol dalam rebusan daun sirih yang berfungsi melawan patogen berbahaya di dalam tubuh.

20 dari 41 halaman

19. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Daun sirih mengandung antioksidan alami dan berperan sebagai agen antibakteri. Kandungan minyak atsiri pada daun sirih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut.

Sifat antibakteri dari daun sirih memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi asam. Daun herbal ini juga diyakini dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan mulut lainnya, termasuk radang tenggorokan, karena mengandung vitamin B, vitamin C, dan alkaloid yang memiliki efek antiinflamasi.

21 dari 41 halaman

20. Mengurangi Kolesterol Jahat

Senyawa eugenol yang terdapat dalam rebusan daun sirih dapat menghambat produksi kolesterol di hati serta penyerapannya di usus. Hal ini membantu dalam pemecahan kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

22 dari 41 halaman

21. Mencegah Serangan Asma

Rebusan daun sirih memiliki sifat antihistamin dan anti inflamasi yang tidak menghambat aliran udara melalui bronkus. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan serangan asma.

23 dari 41 halaman

22. Mengatasi Depresi

Senyawa fenol aromatik yang terdapat dalam infus daun sirih dipercaya memiliki efek sebagai stimulan katekolamin. Katekolamin adalah hormon yang membantu mengurangi gejala depresi.

24 dari 41 halaman

23. Mengatasi Kerontokan Rambut

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun sirih berperan dalam mengurangi masalah kerontokan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, serta mencegah rambut beruban.

25 dari 41 halaman

24. Mencegah Malaria

Di pedesaan Malaysia, rebusan daun sirih telah lama digunakan sebagai obat antimalaria. Flavonoid yang terkandung dalam daun sirih telah terbukti efektif sebagai zat anti parasit yang dapat melawan infeksi penyakit malaria.

26 dari 41 halaman

25. Mencegah Kanker

Daun sirih mengandung senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, antimutagenik, antiproliferatif, dan antibakteri. Selain itu, daun sirih kaya akan fitokimia yang bermanfaat sebagai agen anti kanker.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Senyawa-senyawa ini berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker serta penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

27 dari 41 halaman

26. Membantu Mengatasi Batuk

Rebusan daun sirih dapat membantu mengurangi gejala sesak dada, batuk, dan pilek karena memiliki sifat antibiotik. Namun, senyawa yang terdapat dalam daun sirih tidak lagi memiliki efek meredakan peradangan yang disebabkan oleh batuk.

28 dari 41 halaman

27. Menurunkan Berat Badan

Daun sirih dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh, yang mengakibatkan pengurangan lemak dalam tubuh.

29 dari 41 halaman

28. Mencegah Sakit Lambung

Daun sirih dapat meningkatkan produksi lendir yang berfungsi sebagai perlindungan untuk organ pencernaan.

Lendir ini juga berperan dalam mencegah terbentuknya luka pada usus dan lambung serta membantu meredakan gejala GERD serta menetralkan pH tinggi di lambung.

Oleh karena itu, mengonsumsi rebusan daun sirih dapat membantu mengurangi gejala maag, mengatasi peningkatan asam lambung, dan mengurangi kembung pada perut. 

Daun sirih juga memiliki manfaat dalam meredakan gejala asidosis lambung serta bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan saluran pencernaan seperti sembelit dan diare.

30 dari 41 halaman

29. Mengurangi Aroma Tidak Sedap pada Area Intim

Senyawa antioksidan seperti eugenol dan chavicol yang terdapat dalam daun sirih berperan dalam mengeliminasi bakteri penyebab inflamasi yang menghasilkan bau tidak sedap. Untuk menggunakannya, dapat merebus daun sirih terlebih dahulu dan mengambil air rebusannya untuk diminum.

31 dari 41 halaman

30. Mengurangi Keputihan

Keputihan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Daun sirih diyakini dapat membantu mengobati gangguan ini. Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mencampur air rebusan daun sirih dan  bahan alami lain seperti kunyit atau rempah-rempah yang telah direkomendasikan.

32 dari 41 halaman

31. Mengatasi Nyeri Haid

Rasa sakit yang timbul selama menstruasi adalah hal yang umum dialami oleh wanita, tetapi jika nyeri tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari, langkah-langkah tertentu dapat diambil untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut. 

Penggunaan campuran daun sirih dengan kunyit telah terbukti dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi. Selain kunyit, penggunaan mahkota dan umbu dewa yang direbus bersama daun sirih juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk meredakan kram menstruasi.

33 dari 41 halaman

32. Mengatasi Gatal-gatal pada Area Kemaluan

Gatal-gatal juga dapat dirasakan di daerah intim wanita. Sensasi gatal ini dapat diatasi dengan menggunakan rebusan air perasan daun sirih untuk membersihkan area tersebut atau dengan mengonsumsinya langsung.

Penggunaan daun sirih sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus meskipun memiliki sifat antiseptik. Ini disebabkan karena daun sirih dapat mengubah pH di area reproduksi wanita. 

Oleh karena itu, penggunaannya perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Jika masalah kesehatan tidak membaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

34 dari 41 halaman

33. Mengatasi Masalah Bau Badan

Sifat antimikroba dan antiseptik dari daun sirih ternyata efektif dalam mengurangi bau badan. Daun sirih sering digunakan dalam berbagai produk perawatan tubuh seperti sabun dan deodoran untuk mengatasi masalah bau tubuh.

Penggunaan daun sirih sebagai antiseptik telah terbukti efektif sejak lama. Senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau jamur.

35 dari 41 halaman

34. Meredakan Radang Sendi

Mengonsumsi ekstrak daun sirih diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan sendi (rheumatoid arthritis). Manfaat kesehatan dari daun sirih ini didasarkan dengan keberadaan berbagai senyawa antiradang seperti flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid.

36 dari 41 halaman

35. Dapat Menghentikan Mimisan

Banyak orang meyakini bahwa cara menaruh daun sirih yang digulung ke dalam lubang hidung dapat menghentikan mimisan, dan metode ini terbukti efektif. 

Penyebabnya adalah karena daun sirih mengandung tanin, sebuah jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh merespons dengan cepat terhadap pembekuan darah.

Tanin ini tidak hanya membantu dalam menghentikan mimisan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan pembuluh darah yang terluka di dalam hidung.

37 dari 41 halaman

Apa Manfaat Mandi dengan Rebusan Air Daun Sirih?

Mandi dengan menggunakan air yang telah direbus dengan daun sirih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan aroma tidak sedap pada tubuh. Daun sirih sering kali dimasukkan ke dalam produk-produk perawatan pribadi seperti sabun atau deodoran untuk memberikan efek kesegaran dan mengatasi masalah bau badan.

38 dari 41 halaman

Apakah Boleh Minum Air Rebusan Daun Sirih Setiap Hari?

Dengan memperhatikan jumlah dan interval waktu yang sesuai untuk mengonsumsinya, manfaat minum air sirih setiap hari dapat dirasakan secara maksimal. Air sirih memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

39 dari 41 halaman

Kapan Waktu yang Baik untuk Minum Rebusan Daun Sirih?

Ramuan ini direkomendasikan untuk diminum setiap pagi dan malam. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya karena dapat memberikan efek cepat setelah dikonsumsi. Salah satu manfaat dari ramuan daun sirih cina bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam melindungi sistem pencernaan secara efektif.

40 dari 41 halaman

Apa Manfaat Merendam Miss V dengan Air Daun Sirih?

Menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area vagina telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah keputihan menurut beberapa penelitian. Pendekatan tradisional ini didukung oleh bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa daun sirih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi, termasuk infeksi jamur vagina yang disebabkan oleh Candida albicans.

41 dari 41 halaman

Mengapa Daun Sirih Tidak Boleh Digunakan Terlalu Sering?

Meskipun daun sirih bermanfaat untuk kesehatan rongga mulut, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan risiko fibrosis submukosa, yang sering kali diidentifikasi sebagai lesi pra-kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini