Sukses

Inilah Resep Jamu Kudu Laos, Cara Alami untuk Menangkal Kolesterol dan Asam Urat

Banyak cara alami untuk mengatasi kolesterol dan asam urat, salah satunya dengan minuman jamu.Yuk simak resep jamu kudu laos berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang kaya akan manfaat kesehatan dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Salah satu varian jamu yang memiliki khasiat luar biasa adalah jamu kudu laos. Dikenal dengan kemampuannya yang ampuh dalam menurunkan kolesterol dan asam urat, jamu ini menggabungkan bahan-bahan alami yang telah teruji khasiatnya dalam pengobatan tradisional. 

Selain manfaat kesehatannya yang luar biasa, jamu kudu laos juga cukup mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses pembuatan yang sederhana, siapapun bisa merasakan khasiatnya tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia. 

Simak resep jamu kudu laos di bawah ini, yang dirangkum dari Fimela.com pada Kamis (20/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan dan Alat yang Perlu Disiapkan

Sebelum membuat jamu kudu laos, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan yaitu 2 buah mengkudu, 10 cm lengkuas, 5 cm kencur, 2 lembar daun salah, 4 sdm gula merah, 1 sdm gula pasir, dan air secukupnya.

Selain itu, juga perlu menyiapkan beberapa alat untuk proses pembuatannya, seperti parutan, panci, saringan, sebuah wadah, dan gelas.

3 dari 9 halaman

Proses Awal Pembuatan Jamu Kudu Laos

Sebelum memasak jamu kudu laos, pilih mengkudu yang belum terlalu lembek atau empuk, atau yang masih hijau asalkan sudah cukup matang. Kemudian, cuci bersih semua bahan. 

Setelah itu, parut mengkudu, lengkuas, dan kencur. Masukkan semua bahan yang sudah diparut serta daun salam ke dalam panci dengan air secukupnya hingga semua bahan terendam.

4 dari 9 halaman

Proses Merebus Jamu Kudu Laos

Setelah semua bahan sudah tercampur, rebus campuran tersebut selama 10-15 menit. Lalu, tambahkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga merata. 

Setelah rebusan sudah matang, saring jamu tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan hingga suhunya menurun.Sajikan jamu kudu laos dalam gelas, jamu ini bisa dinikmati dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu.

5 dari 9 halaman

Apa Saja Manfaat Jamu Kudu Laos?

Jamu Kudu Laos memiliki manfaat untuk meningkatkan aliran darah, memberikan sensasi hangat pada tubuh, mengurangi ketidaknyamanan perut, meningkatkan nafsu makan, mengatur siklus menstruasi, serta memberikan kesegaran pada tubuh.

6 dari 9 halaman

Jamu Apa yang Bagus untuk Wanita?

Sebagai bagian dari pengobatan herbal, jamu dapat dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan secara umum. Beberapa jenis jamu yang disarankan untuk perawatan kesehatan wanita meliputi jamu beras kencur, jamu kunyit asam, jamu sinom, jamu pahitan, dan jamu kunci sirih.

7 dari 9 halaman

Apa Efek Samping Minum Jamu?

Jika jamu yang tidak memenuhi standar dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka panjang, dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Endapan-endapan zat dalam jamu dapat meningkatkan beban kerja ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

8 dari 9 halaman

Apa Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan?

Buah mengkudu memiliki senyawa anti-kanker yang dapat membunuh serta menghentikan pertumbuhan sel-sel tidak normal dalam tubuh. Selain itu, senyawa analgesik yang terdapat dalam buah mengkudu juga berguna dalam mengurangi nyeri pada sendi.

9 dari 9 halaman

Kapan Waktu yang Tepat Minum Jamu?

Agar bisa merasakan manfaat jamu secara optimal, disarankan untuk mengonsumsinya sekali sehari. Minumlah jamu sebelum makan untuk mendukung kesehatan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini