Sukses

Daftar 10 Hewan Paling Kuat di Bumi yang Ada di Darat Maupun Laut

Banyak hewan yang mengandalkan kekuatannya agar tetap bisa bertahan hidup. Lalu, hewan apa yang paling kuat di bumi? Simak pembahasannya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia hewan, kekuatan adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kelangsungan hidup dalam ekosistem. Dari daratan hingga lautan, ada banyak hewan yang dikenal karena kemampuannya dalam bertahan hidup dan mengatasi berbagai tantangan alam. 

Kekuatan hewan tidak hanya terbatas pada kemampuan fisik, tetapi juga termasuk kecepatan, ketahanan, dan kecerdasan yang memungkinkan mereka menjadi penguasa di lingkungan masing-masing.

Dalam beberapa kasus, mendekati hewan-hewan yang memiliki kekuatan besar bisa berbahaya, sehingga penting untuk memahami kekuatan hewan agar manusia bisa menghargai dan menghormati habitatnya dalam alam liar.

Untuk mengetahui lebih lanjut ada hewan apa saja, yuk simak 10 hewan terkuat di bumi berikut ini, yang dirangkum dari azanimals.com pada Kamis (20/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Paus

Paus menduduki peringkat pertama hewan terkuat di bumi ini hanya karena ukurannya yang sangat besar. Meski tidak mampu mengangkat, menggenggam, atau menendang, paus membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menggerakkan tubuh besarnya melewati air.

Gerakan ini difasilitasi oleh dua kelompok otot besar di dekat ekornya, yaitu otot epaksial untuk gaya ke atas dan otot hipaksial untuk gaya ke bawah. Paus biru dapat menghasilkan gaya maksimum sekitar 60 kilonewton, satu kilonewton adalah gaya yang cukup untuk mempercepat benda seberat 1.000 kilogram (2.200 pon) dengan kecepatan satu meter per detik.

3 dari 16 halaman

2. Gajah

Gajah adalah makhluk yang sangat kuat, dengan ukuran dan kekuatan yang bervariasi antar spesies. Gajah semak Afrika mempunyai keunggulan sebagai hewan darat terbesar di bumi ini. 

Gajah Afrika memiliki tinggi bahu maksimum 12 kaki dan berat hingga 12.000 pon. Gajah Asia yang berkerabat dekat ini dapat memiliki berat sekitar 11.000 pon.

Belalai merupakan alat peraba utama gajah, yang terdiri dari otot, saraf, dan pembuluh darah dengan jumlah lemak dan tulang yang sedikit. Gajah khas Asia memiliki 100.000 otot dan tendon yang tersusun di sepanjang belalainya. Hal ini memungkinkannya mengangkat hampir 800 pon atau seukuran pohon besar dengan relatif mudah.

Belalai gajah memiliki banyak potensi kegunaan, antara lain untuk makan, menyentuh, membersihkan, menata benda, dan berkomunikasi dengan orang lain. Belalainya juga memiliki kemampuan menampung sekitar dua galon air sekaligus.

Tubuh gajah juga secara khusus disesuaikan dengan kekuatannya. Meskipun sebagian besar mamalia memiliki rongga tulang yang kecil, gajah memiliki tulang yang sangat padat sehingga gajah melakukan segala macam tindakan mengesankan seperti berdiri dengan kaki belakangnya. 

4 dari 16 halaman

3. Gorila

Berdasarkan ukurannya, gorila adalah salah satu hewan terkuat di bumi ini. Dengan lengan yang berotot dan memanjang, gorilla setidaknya enam kali lebih kuat dari rata-rata manusia. Gigitannya juga dapat menghasilkan tekanan sekitar 1.300 pon per inci persegi.

Sebagai primata terbesar, gorila jantan pada umumnya dapat memiliki berat antara 200 dan 500 pon. Meskipun sebagian besar bersifat herbivora dan tidak terlalu agresif, tampilannya yang mengintimidasi dapat menakuti hewan paling berbahaya sekalipun.

5 dari 16 halaman

4. Buaya

Buaya mempunyai kekuatan menggigit terkuat di bumi. Dengan rahangnya yang kuat, makhluk ini dapat langsung membunuh hampir semua mangsa dengan memberikan tekanan hingga 5.000 pon per inci persegi.

Sebagai perbandingan, manusia hanya bisa menggigit dengan berat sekitar 100 pon per inci persegi. Kunci dari kekuatan buaya yang luar biasa adalah otot rahangnya yang sangat besar. 

Namun, kemampuannya ini memiliki satu kelemahan, yaitu mulutnya menunjukkan kekuatan pembukaan yang sangat kecil, bahkan rahangnya bisa dijepit dengan karet gelang.

6 dari 16 halaman

5. Beruang

Beruang adalah sosok yang familiar namun menakutkan dalam banyak ekosistem dunia. Beruang memiliki otot besar dan cakar kuat yang dapat menggali dan berburu dengan keahlian luar biasa.

Di antara semua spesies beruang, baik beruang grizzly maupun beruang kutub menempati posisi sebagai yang terkuat. Dengan berat lebih dari sekitar 800 pon, seekor grizzly jantan setara dengan sekitar lima manusia dalam hal kekuatan, bahkan lebih besar lagi ketika sedang marah.

Kunci kekuatan beruang grizzly adalah banyaknya otot yang menempel langsung pada tulang punggungnya. Hal ini membuat beruang itu tampak bulat dan berpunuk. Beruang kutub juga sangat kuat, beratnya berpotensi mencapai 1.600 pon. Mereka juga dapat mengurangi tekanan sekitar 1.200 pon per inci persegi.

7 dari 16 halaman

6. Harimau

Harimau adalah salah satu karnivora terbesar di dunia, yang hanya dikalahkan oleh beruang kutub dan beruang grizzly. Spesies paling menakutkan adalah harimau Siberia yang berpotensi memiliki berat hingga 800 pon. 

Sebagai pemburu, harimau bisa berenang, melompat, dan memangsa dengan kekuatan luar biasa. Tidak seperti karnivora lainnya, harimau dapat berdiri dan menyerang dengan kaki belakangnya.

Harimau memiliki penglihatan malam enam kali lebih baik dibandingkan manusia, sehingga membantunya berhasil berburu dalam kegelapan. Harimau biasanya berburu babi dan rusa, tetapi juga mampu memangsa hewan yang lebih besar dari dirinya

Kemampuan luar biasa ini dikarenakan struktur otot harimau yang sangat padat. Diperkirakan gigitannya dapat menghasilkan kekuatan sekitar 1.000 pon per inci persegi.

8 dari 16 halaman

7. Kuda Nil

Banyak orang yang mengira kuda nil tampak seperti hewan yang tenang, lamban, dan suka mengunyah sayuran, tetapi jika diganggu, kuda nil adalah salah satu makhluk paling berbahaya di dunia hewan. 

Rata-rata kuda nil dapat memiliki berat antara 3.000 dan 4.000 pon, para ilmuwan telah mencatat beberapa individu memiliki berat dua kali lipat. Dengan kemampuan membuka mulutnya hingga 180 derajat, kuda nil memiliki gigitan yang menghasilkan gaya sekitar 1.800 pon per inci persegi. 

9 dari 16 halaman

8. Badak

Badak adalah herbivora menakutkan dengan kecenderungan untuk menunjukkan pertahanan diri yang agak kejam. Meskipun terancam oleh manusia, badak putih adalah spesies badak terbesar di dunia dengan panjang sekitar 13 kaki dan berat 5.000 pon.

Badak juga dapat melakukan serangan mengerikan sebesar 30 hingga 40 mph. Meskipun tidak terlalu agresif, makhluk kuat ini akan mempertahankan wilayahnya dari ancaman, dan mereka diketahui sering mengguncang atau menjatuhkan seluruh kendaraan. 

10 dari 16 halaman

9. Jaguar

Jaguar adalah kucing kuat yang berasal dari wilayah di seluruh Amerika Tengah dan Selatan. Dengan berat maksimal mencapai 350 pon, jaguar bukanlah kucing terbesar, namun dengan gigitan yang kuat sekitar 1.500 pon per inci persegi, jaguar hanya memerlukan satu serangan cepat untuk menaklukkan mangsanya.

Jaguar dapat membuka mulutnya lebar-lebar dan menembus tengkorak atau cangkang lapis baja dengan giginya yang sangat besar. Jaguar juga memiliki kekuatan untuk menyeret bangkai besar yang kira-kira sama dengan ukuran tubuhnya ke atas pohon. Jaguar akan memakan hampir semua hal, termasuk rusa, kapibara, babi hutan, primata, dan hewan berkuku.

11 dari 16 halaman

10. Bovinae

Bovinae didefinisikan sebagai sekelompok hewan berkuku yang mencakup bison, kerbau, dan sapi. Karena kekuatannya yang luar biasa, bovinae digunakan oleh manusia ribuan tahun yang lalu untuk tujuan menarik gerobak, bajak, dan lainnya.

Sebagai salah satu bovinae terbesar, kerbau Afrika adalah hewan raksasa yang beratnya bisa mencapai 2.000 pon. Ketika merasa terancam, kerbau diketahui akan terjungkal pada kendaraan besar atau menyerang hewan dan manusia. 

Dengan ototnya yang kuat, tanduk yang mengintimidasi, dan postur pertahanan mereka, lebih banyak orang yang mati karena serangan sapi setiap tahun dibandingkan hewan lainnya.

12 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Kuat di Dunia?

Seekor gajah jantan dapat mencapai berat hingga 5,9 ton dan memiliki tinggi sekitar 3,9 meter, menjadikannya salah satu hewan terkuat di dunia. Belalai gajah ini terdiri dari lebih dari 40.000 otot, yang memungkinkannya untuk mengangkat beban berat, melawan predator, dan mengumpulkan makanan dengan efisien.

13 dari 16 halaman

Binatang Apa yang Paling Keras?

Selain dikenal sebagai hewan terbesar di dunia, paus biru (Balaenoptera musculus) juga merupakan salah satu yang paling nyaring—vokalisasi mereka bisa mencapai 188 desibel. Suara keras ini digunakan oleh paus biru untuk berkomunikasi dengan sesama mereka yang berada ratusan mil jauhnya.

14 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Tahan Banting?

Tardigrada, atau yang lebih dikenal sebagai beruang air, adalah satu-satunya hewan yang luar biasa tangguh di dunia. Mereka memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa di berbagai lingkungan ekstrem. Beruang air mampu bertahan hidup di lingkungan beku dengan suhu serendah 0 derajat Celsius. Yang lebih mengesankan lagi, mereka juga dapat beradaptasi di kondisi panas ekstrem, bahkan hingga mencapai suhu 151 derajat Celsius.

15 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Kuat di Hutan?

Singa dan harimau sering dianggap sebagai penguasa hutan. Kedua hewan ini dikenal sebagai predator puncak yang sangat kuat dan ditakuti di lingkungan tempat mereka tinggal.

16 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Lebih Kuat daripada Singa?

Penelitian telah mengungkapkan bahwa harimau memiliki kekuatan gigitan yang lebih kuat dibandingkan dengan singa. Kemampuan ini sangat bermanfaat saat mereka menghadapi mangsa besar atau ketika mereka bersaing dengan harimau lain untuk mempertahankan wilayahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini