Sukses

Sangat Sederhana, Ini Cara Bikin Kerak Telor Ala Rumahan yang Lengket dan Renyah

Membuat kerak telor sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kerak telor, salah satu makanan tradisional khas Betawi ini dikenal cukup mengenyangkan karena dibuat dari campuran telur, ketan dan kelapa parut.

Di area Jabodetabek, kerak telor akan sangat mudah ditemui oleh para penjual di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.

Namun bagi yang tinggal di luar area tersebut jangan khawatir, karena ternyata kerak telor bisa dibuat alat rumahan dengan bahan yang sederhana tapi tetap nikmat. Melansir dari video yang diunggah kanal YouTube Resep PawonPutri, berikut cara dan bahan-bahannya yang dirangkum pada Kamis (20/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Ketan atau Nasi

Pertama-tama, tambahkan sedikit ketan di atas wajan atau teflon tanpa harus menyalakan kompor terlebih dahulu. Kerak telor asli versi Betawi sendiri menggunakan ketan. Namun karena ini versi rumahan, ketan bisa diganti dengan nasi.

Sesudah memasukkan ketan, pecahkan satu atau dua butir telur di atas wajan sesuai selera.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Kelapa Parut dan Bumbu

Tambahkan sekitar dua sendok makan kelapa parut atau serundeng kelapa, serta merica dan garam secukupnya. Jika ingin rasa dan aroma yang lebih tajam, bisa tambahkan satu sendok teh abon udang atau ikan laut.

Aduk-aduk sampai semua bumbu tersebut tercampur rata. Jika dirasa masih kurang, bisa tambahkan lagi telur atau kelapa parut.

4 dari 11 halaman

Masak Kerak Telor

Usai diaduk, ratakan kerak telor ke seluruh sisi teflon sampai benar-benar tipis. Nyalakan api kompor kecil saja, lalu balikkan teflon menghadap api.

Dengan bahan dan cara ini, kerak telor akan tetap menempel pada teflon dan tidak akan jatuh. Namun, perhatikan juga kualitas dan kebersihan teflon agar kerak telor tetap menempel. Lakukan langkah ini pada kedua sisi kerak telor agar dua-duanya matang.

5 dari 11 halaman

Kerak Telor Rumahan Siap Disajikan

Jika kedua sisi kerak telor sudah dimasak sampai matang dengan cara dibalik, matikan kompor dan letakkan kerak telor di atas piring. Namun perlu diingat agar berhati-hati saat mengerok kerak telor dari teflon karena cukup lengket.

Selepas diletakkan di piring, kerak telor bisa langsung disantap atau ditambahkan lagi dengan beragam bumbu dan serundeng.

 

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kerak Telor

7 dari 11 halaman

Apa yang Menjadi Ciri Khas Kerak Telor?

Kerak telor, sebuah makanan tradisional Jakarta, merupakan camilan yang dibanggakan oleh masyarakat setempat. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan unik karena menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan utamanya. Kerak telor sering dijumpai dalam berbagai pesta serta perayaan kemerdekaan RI dan ulang tahun Kota Jakarta.

8 dari 11 halaman

Berasal dari Manakah Kerak Telor?

Pada tahun 1920-an, sekelompok masyarakat Betawi yang bermukim di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, menciptakan kerak telor. Kelimpahan buah kelapa di daerah tersebut mendorong mereka untuk mengolah kelapa menjadi berbagai jenis makanan.

9 dari 11 halaman

Apa Makna dari Kerak Telor dalam Masyarakat Betawi?

Kerak telor dibuat dengan berbagai bahan dan rempah yang melambangkan kepemimpinan yang mampu mengatasi perbedaan sifat setiap individu di bawahnya. Sang pemimpin, yang diwakili oleh telur, berhasil menyatukan seluruh rempah tersebut, mencerminkan penyatuan berbagai karakter individu.

10 dari 11 halaman

Apakah Kerak Telor Termasuk Makanan Ringan?

Kerak Telor adalah camilan khas Betawi yang sering dinikmati saat bersantai. Bahan-bahannya meliputi ketan, kelapa parut, ebi, merica, garam, dan telur.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Kerak Telor?

Kerak telor memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin B12, mineral, serat, dan karbohidrat. Nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa menjadi alternatif pengganti nasi dalam diet karbohidrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini