Sukses

Cara Tanak Nasi Sampai Pulen dan Rendah Gula dengan Metode Siram

Dengan metode siram, nasi yang dimasak bisa sangat pulen dan rendah gula. Ini cara masaknya.

Liputan6.com, Jakarta Saat menanak nasi, ada beragam cara yang bisa dilakukan agar hasilnya pulen dan enak. Tentu saja cara yang paling mudah untuk menanak nasi adalah dengan rice cooker.

Hanya saja, rice cooker hanya bisa membuat nasi dalam porsi sedikit. Memang ada rice cooker yang lebih besar yang mampu menanak dalam jumlah banyak. Namun, rice cooker tersebut pastinya lebih mahal dan kurang efisien untuk kebutuhan rumah tangga.

Untuk mengatasi hal tersebut, nasi bisa ditanak dengan panci walaupun terkadang jadi tidak terlalu pulen.

Meskipun demikian, ada satu metode yang dapat digunakan dalam menanak nasi agar pulen, matang sempurna dan bahkan rendah gula. Metode ini sendiri disebut sebagai metode siram, yang mana memang memerlukan ketelitian yang lebih tinggi.                                               

Namun tenang saja, karena seorang warganet Instagram @diametuah telah membagikan metode ini secara ringkas dan jelas. Berikut selengkapnya yang dirangkum pada Rabu (19/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kukus Beras

Pertama-tama, panaskan air di dalam kukusan lalu tunggu sampai mendidih terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam kukusan. Sebar beras secara merata, kemudian tutup kukusan dan biarkan dikukus selama lima belas menit.

Agar nasi bisa pulen dan matang sempurna, beras yang dikukus harus dalam keadaan kering. Jika beras masih sedikit basah/lembab usai dicuci, maka beras harus ditiriskan menggunakan jaring saat dimasukkan ke kukusan.

3 dari 11 halaman

Siram dengan Air Mendidih

Sambil menunggu beras dikukus, sekarang rebus air dalam panci yang lain sampai mendidih.

Jika beras sudah dikukus selama lima belas menit, angkat tutup kukusan dan tuangkan air mendidih tadi ke dalam kukusan sampai beras terendam sedikit. Jangan sampai beras terendam terlalu dalam agar nanti tidak lembek.

4 dari 11 halaman

Kukus Kembali Selama 20 Menit

Usai disiram air mendidih sampai sedikit terendam, tutup kukusan lagi dan nyalakan kompor untuk mengukus beras kembali selama dua puluh menit.

Dengan penyiraman air mendidih sebelumnya,  kandungan pati pada beras akan berkurang sehingga juga akan menurunkan indeks glikemik. Melansir dari laman Mealmastermind, menyantap nasi yang ditanak dengan metode ini akan memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga juga akan menghambat lonjakan gula darah.

5 dari 11 halaman

Beras Jadi Sangat Pulen

Selepas menunggu dua puluh menit, matikan kompor dan buka kukusan. Sekarang, tekstur nasi jadi sangat pulen dan tidak pera maupun kelembekan. Selain itu, nasi ini juga sehat karena lebih rendah gula.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menanak Nasi

7 dari 11 halaman

Apakah Nasi yang Dikukus Lebih Sehat?

Nasi kukus merupakan pilihan lebih sehat dalam hal kalori dan lemak. Khususnya jika Anda memilih nasi merah atau nasi liar, Anda akan mendapatkan hidangan dengan indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga menjadi opsi yang bagus untuk pengendalian gula darah.

8 dari 11 halaman

Apa Tanda Nasi Sudah Matang di Magicom?

Setelah nasi selesai dimasak, tombol akan bergeser dari posisi "cooking" ke "warm". Perpindahan ini menandakan bahwa nasi telah matang dan siap disantap.

9 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Nasi Aron?

Aron merupakan metode memasak tradisional yang dimulai dengan merendam beras dalam air. Setelah direndam, beras dimasak hingga setengah matang. Kemudian, beras yang telah setengah matang tersebut ditempatkan dalam wadah besar untuk proses pengukusan sampai benar-benar matang.

10 dari 11 halaman

Apakah Boleh Memanaskan Nasi yang Sudah Dingin?

Berdasarkan informasi dari National Health Service (NHS) UK, memanaskan nasi ulang berpotensi menimbulkan keracunan makanan. Risiko ini tidak berasal dari proses pemanasan, melainkan dari metode penyimpanan nasi sebelum dihangatkan kembali.

11 dari 11 halaman

Apakah Nasi Sisa Kemarin Tidak Mengandung Gula?

Nasi yang sudah dimasak kemarin dan nasi yang baru saja dimasak sebenarnya memiliki kandungan glukosa yang serupa. Mengonsumsi nasi dalam jumlah yang sesuai serta dengan kandungan gizi yang seimbang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini