Sukses

Resep Jamu Menggunakan 5 Rempah Ajaib untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Secara Efektif

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang kaya akan berbagai macam khasiat, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Liputan6.com, Malang Indonesia melimpah dengan beragam rempah-rempah yang kaya akan vitamin dan memberikan berbagai manfaat positif bagi kesehatan. Oleh karena itu, rempah-rempah sering digunakan dalam pembuatan jamu tradisional yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, serta membantu mengatasi masalah seperti asam urat. Selain itu, konsumsi jamu herbal juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah, bahkan mengurangi risiko kanker.

Keunggulan rempah-rempah dalam mendukung kesehatan terletak pada kandungan antioksidan yang tinggi, serta sifat antimikroba, antiinflamasi, antijamur, dan bahkan antibiotik yang dimilikinya. Berbagai jenis jamu tradisional dapat diolah dengan memanfaatkan kekayaan rempah-rempah ini. Untuk menemani keseharian, berikut ini kami sajikan beberapa resep jamu herbal yang tidak hanya lezat namun juga mudah untuk disiapkan, seperti dilansir oleh Fimela.com pada Selasa (18/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat jamu, siapkan alat dan bahan berikut:

  • 7 cm jahe
  • 1 genggam kayu secang
  • 3 butir cengkeh
  • 5 cm temulawak
  • 1 batang serai
  • Air secukupnya
3 dari 8 halaman

Langkah-langkah Pembuatan

Cara PembuatanAgar tidak salah langkah, perhatikan cara pembuatan jamu herbal berikut dengan seksama:

  1. Cuci bersih semua bahan terlebih dahulu.
  2. Geprek jahe, temulawak, dan serai.
  3. Masukkan seluruh bahan (kayu secang, jahe, temulawak, cengkeh, dan serai) ke dalam panci yang sudah terisi air hingga seluruh bahan terendam sempurna.
  4. Rebus semua bahan hingga mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu, angkat dan biarkan hingga sedikit hangat.
  5. Saring air rebusan, lalu tambahkan sedikit madu atau gula untuk menambah rasa manis.
  6. Nikmati selagi hangat.

Itulah resep untuk membuat jamu herbal dengan 5 rempah yang mudah diikuti dan tentunya memiliki rasa yang lezat. Tertarik untuk mencobanya?

4 dari 8 halaman

Apa Manfaat Jamu?

Seperti yang telah disebut sebelumnya, jamu bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya adalah jamu temulawak yang mengandung senyawa kimia seperti fellandrean, turmerol, dan minyak atsiri, seperti yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan.

 

5 dari 8 halaman

Kapan Waktu yang Baik untuk Minum Jamu?

Setiap hari, menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, disarankan untuk mengonsumsi 2-3 kali sehari sebelum makan.

6 dari 8 halaman

Apa Saja Rempah-rempah yang Bisa Digunakan untuk Membuat Jamu?

Rempah-rempah yang dapat digunakan untuk membuat jamu antara lain adalah, jahe, cengkeh, kayu manis, kunyit, cengkeh, pala, dan masih banyak lagi. 

7 dari 8 halaman

Apakah Boleh Mengkonsumsi Jamu Setiap Hari?

Jika terlalu banyak mengonsumsi jamu, beban kerja liver akan meningkat dan akhirnya dapat mengganggu fungsinya. Efek jangka panjangnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal karena ginjal perlu bekerja lebih keras untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang berlebihan dari tubuh.

8 dari 8 halaman

Apa Manfaat Rempah Jahe, Kunyit, Kencur?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan mengurangi gejala seperti nyeri, mual, kelemahan, batuk, pilek, pembengkakan, diare, gatal, serta mengontrol kadar gula, lemak, dan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.