Sukses

7 Desain Rumah Klasik dengan Berbagai Tipe, Sederhana tapi Dipastikan Nyaman

Kenyamanan tidak selalu harus bergengsi, desain rumah ini menawarkan inspirasi bagi mereka yang menginginkan keindahan sederhana. Ayo, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Di zaman dulu, rumah klasik seringkali ditandai dengan pilar-pilar besar dan ukiran emas pada eksteriornya. Namun, saat ini, desain rumah klasik modern menawarkan berbagai variasi yang mengikuti perkembangan zaman. Penemuan rumah modern klasik yang sesuai dengan selera pribadi menjadi lebih mudah. Secara umum, arsitektur modern klasik saat ini masih mempertahankan elemen-elemen klasik seperti jendela besar, cornice, dan detail yang rumit, namun dengan sentuhan modern seperti garis-garis yang tegas.

Berikut ini 7 desain rumah klasik yang tersedia dengan berbagai tipe, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik 1 Lantai

Desain rumah modern klasik 1 lantai yang masih sedikit melekat dengan istilah jadul ini biasanya berdiri megah di atas lahan yang sangat luas. Bagian depan rumah ini umumnya memiliki halaman yang sangat luas. Lalu, ada juga carport yang dapat menampung beberapa kendaraan.

Empat pilar yang merupakan ciri khas desain rumah putih klasik juga tampak cukup mencolok di rumah ini. Namun meski demikian, bangunan tetap tampak anggun dengan adanya sentuhan warna putih elegan.

3 dari 13 halaman

Rumah Klasik 2 Lantai

Desain rumah modern klasik 2 lantai ini tampak begitu megah, sebab memiliki luas lahan cukup besar serta dua lantai bangunan. Dari segi warna, rumah mewah 2 lantai ini menggunakan palet warna netral, meliputi putih dan abu-abu. Hal itu menghasilkan tampilan bangunan yang lebih timeless dan kalem.

4 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik Gaya Yunani

Desain rumah modern klasik ala Yunani yang satu ini selalu identik dengan pilar megah dan kokoh. Selain itu, sentuhan minimalis juga ditunjukkan melalui pemilihan palet warna hangat dan netral, seperti coklat dan beige. Dua warna ini menghadirkan kesan kalem pada rumah bergaya Yunani ini.

5 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik Gaya Amerika

Desain rumah modern klasik bergaya Amerika yang terasa homey ini menggunakan palet warna netral, yaitu putih dan coklat. Pilihan warna yang apik tersebut kemudian disatukan dengan atap miring berwarna gelap. Jumlah jendela yang banyak dan seragam juga menjadi ciri khas utama dari desain rumah satu ini.

6 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik Gaya Spanyol

Desain rumah modern klasik ala Spanyol ini memiliki kesan yang elegan dan trendy berkat model fasadnya. Jendela berbentuk sederhana dan berwarna hitam yang dipadukan dengan kehadiran pilar merupakan ciri khas arsitektur Mediterania juga tampak di rumah ini. Warna putih gading menjadi pilihan paling pas untuk menonjolkan gaya modern pada rumah satu ini.

7 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik Material Kayu

Penggunaan material kayu dapat memberikan sentuhan alami pada desain interior rumah. Tambahkan juga highlight kayu pada bagian fasad rumah, dengan porsi secukupnya. Penggunaan material kayu juga bisa menciptakan kesan elegan serta modern untuk desain rumah klasik.

8 dari 13 halaman

Rumah Modern Klasik Gaya Eropa dengan Bay Window

Rumah mewah 1 lantai bergaya Eropa ini memiliki bay window atau jendela melengkung untuk bersantai sebagai ciri khasnya. Umumnya, pemilik rumah akan menempatkan seating area di samping bay window dalam rumah ini. Bay window dalam rumah modern klasik bergaya Eropa sangat cocok diletakkan di beberapa ruangan, seperti kamar tidur, ruang makan atau ruang keluarga.

9 dari 13 halaman

Apa Itu Desain Interior Klasik?

Desain interior klasik adalah gaya desain yang terinspirasi dari era Eropa kuno abad ke-18 yang mencerminkan kemewahan, elegansi, dan keindahan. Desain ini menggunakan bahan-bahan kayu berkualitas tinggi dan kain brokat yang diberi sentuhan ukir dan ornamen.

10 dari 13 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Arsitektur Klasik?

Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik desain bangunan yang mengacu pada zaman klasik atau zaman Yunani kuno, seperti yang digunakan pada zaman Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah, arsitektur klasik juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani.

 

11 dari 13 halaman

Apa Itu Gaya Interior Modern?

Desain interior modern sendiri merujuk pada satu gaya desain dalam satu periode. Konsep desain interior modern sendiri mulai berkembang tahun 1920, dengan ciri tampilan ruangan yang rapi, bersih, dan minim hiasan.

12 dari 13 halaman

Apa Itu Konsep Modern Klasik?

Gaya modern klasik adalah gaya yang menggabungkan unsur klasik dan modern di dalam suatu ruangan. Kombinasinya harus seimbang supaya kedua unsur tersebut saling melengkapi.

13 dari 13 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Klasik?

Rumah klasik biasanya memiliki ciri khas yang mewah mulai dari fasad rumah hingga bagian interior rumah. Ciri yang paling mudah ditemukan adalah penggunaan tiang-tiang besar atau pilar yang erat dengan kesan kuno khas Yunani ataupun Roma.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini