Sukses

7 Hewan Ini Bereproduksi Hanya untuk Kesenangan, Tanpa Rasa Cinta

Hewan bisa melakukan proses reproduksi tanpa adanya rasa cinta dan hanya untuk kesenangan semata, bahkan ada yang bercinta saat sedang hamil.

Liputan6.com, Malang Banyak yang percaya bahwa manusia adalah satu-satunya makhluk di planet ini yang dapat melakukan seks tanpa melibatkan rasa cinta. Namun, beberapa hewan juga dapat melakukan aktivitas seksual semata untuk kesenangan. Contohnya, bonobo sering kali terlibat dalam hubungan seksual bahkan saat sedang hamil, menunjukkan bahwa mereka menikmati momen intim tersebut.

Tak hanya itu, ada spesies lain yang terlibat dalam perkawinan dengan individu yang memiliki jenis kelamin yang sama, tanpa tujuan reproduksi lain selain untuk kesenangan pribadi. Inilah mengapa mereka berbeda dengan spesies lain yang hanya berhubungan seks untuk tujuan reproduksi. Simak artikel berikut tentang hewan-hewan yang melakukan reproduksi tanpa cinta dan alasan di balik perilaku mereka, yang telah disusun dari berbagai sumber, pada Minggu (16/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Bonobo

Bonobo sering melakukan reproduksi dalam posisi berhadapan. Biasanya, bonobo jantan mengambil posisi belakang saat berhubungan, sementara bonobo betina lebih suka berhadapan.

Ketika jantan mencoba posisi belakang, betina sering beralih ke posisi berhadapan karena klitorisnya yang membesar membuatnya lebih nyaman dalam posisi itu.

3 dari 13 halaman

Lumba-lumba Hidung Botol

Lumba-lumba hidung botol memiliki klitoris yang besar dan memberikan sensasi menyenangkan saat berhubungan seksual. Meskipun berbeda dengan manusia, bentuk vulva manusia dan lumba-lumba cenderung mirip.

Saraf di klitoris lumba-lumba sangat besar, beberapa bahkan memiliki panjang lebih dari 0,019 inci. Vagina mereka terletak di area yang sangat responsif terhadap rangsangan seksual. Lumba-lumba menggunakan sirip, moncong, dan cacing untuk saling menyentuh alat kelamin.

4 dari 13 halaman

Singa

Singa menikmati proses reproduksi sebagai kegiatan untuk kesenangan, karena mereka berhubungan secara intens dalam periode singkat dan dapat berkembang biak sepanjang tahun.

Setelah menyapih anak, singa betina segera tertarik untuk berhubungan kembali dan menggoda singa jantan tanpa ragu. Singa betina ovulator, sehingga mereka akan kawin berkali-kali dalam beberapa hari. Selama periode ini, mereka tidak berburu atau makan, hanya minum untuk tetap terhidrasi. Singa jantan dan betina bahkan berupaya berhubungan dengan sesama jenis.

5 dari 13 halaman

Monyet

Para peneliti menemukan bahwa kera melakukan reproduksi untuk kesenangan, mirip dengan manusia dalam perubahan fisiologis seperti peningkatan detak jantung dan kejang vagina selama kawin.

Wanita kera menunjukkan perilaku yang menyerupai manusia saat orgasme, seperti memandang pasangannya dan meraih tangannya. Meskipun belum pasti bahwa perilaku ini murni disebabkan oleh kesenangan, kesamaan ini menarik perhatian dalam studi perilaku seksual kera dan manusia. Kera juga cenderung mengalami orgasme lebih sering saat berhubungan dengan jantan yang memiliki status sosial tinggi, menyoroti peran hierarki sosial dalam gairah seksual mereka.

6 dari 13 halaman

Gorilla

Gorila betina melakukan reproduksi atas dasar kesenangan, bahkan bisa melakukan aktivitas lesbis jika ditolak oleh pejantan. Banyak primata lain juga dikenal karena perilaku homoseksual.

Ilmuwan telah mengamati perilaku intim gorila betina yang menunjukkan aspek seksualitas mereka, bukan orientasi seksual. Meskipun hubungan sesama jenis umumnya terjadi setelah ditolak oleh pejantan, terkadang terjadi setelah mereka terangsang oleh aktivitas kawin. Ada juga teori bahwa perilaku ini mungkin dimaksudkan untuk menarik perhatian pejantan.

7 dari 13 halaman

Simpanse

Simpanse betina memiliki lebih banyak kebebasan dalam memilih pasangan dan cenderung menunggu lebih lama antara kelahiran. Strategi seksual simpanse jantan dan betina juga lebih beragam daripada manusia.

Tanda yang paling mencolok bahwa simpanse melakukan reproduksi atas dasar kesenangan adalah ketika mereka melakukannya meskipun tidak mungkin untuk berkembang biak, seperti saat betina sudah hamil.

Simpanse betina sering berpasangan dengan beberapa simpanse jantan selama periode kesuburannya, meskipun kadang-kadang pejantan dominan akan menghalangi mereka dari hubungan dengan pejantan lain. Beberapa kelompok simpanse juga meninggalkan komunitas mereka untuk berkembang biak berulang kali, sementara beberapa betina bergabung dengan kelompok lain untuk terlibat dalam reproduksi berkelompok.

8 dari 13 halaman

Berang-berang Laut Jantan

Berang-berang laut jantan menunjukkan perilaku agresif dalam proses reproduksi, dengan menangkap dan menggigit betina yang sering mengakibatkan luka parah.

Setelah inseminasi, pejantan melepaskan cengkeramannya, namun sering kali betina mengalami cedera parah bahkan kematian. Fenomena serupa terlihat pada anjing laut pelabuhan, di mana pejantan sering menyebabkan cedera fatal pada anak yang lebih agresif dan frustrasi karena kesempatan berkembang biak yang terbatas.

Beberapa pejantan bahkan terlibat dalam hubungan seksual dengan anak-anak betina setelah kematian mereka. Alasan di balik perilaku ini masih belum sepenuhnya dipahami, namun beberapa ilmuwan menduga kesenangan atau ketidakseimbangan gender dapat memainkan peran dalam hal ini. Jumlah berang-berang laut jantan yang melebihi betina membuat mereka

9 dari 13 halaman

Adakah Hewan Biseksual yang Hidup di Dunia?

Ya, ada. Beberapa hewan bisa melakukan hubungan seksual dengan hewan berjenis kelamin sama dengannya. 

 

10 dari 13 halaman

Hewan Biseksual Apa Saja yang Ada di Dunia?

Hewan-hewan seperti bonobo, angsa hitam, burung camar, sunga, cumi-cumi dan hewan lainnya bisa berhubungan dengan hewan berjenis kelamin sama dengannya.

11 dari 13 halaman

Apakah Ada Hewan yang Berhubungan Tanpa Tujuan Reproduksi?

Tidak hanya manusia, namun hewan-hewan seperti lumba-lumba, singa, bonobo, gorilla, simpanse, kera, dan beberapa jenis primata lainnya dapat berhubungan seks tanpa tujuan reproduksi.

12 dari 13 halaman

Bagaimana Bonobo Melakukan Proses Reproduksi?

Bonobo sering melakukan proses reproduksi secara berhadapan. Jantan biasanya berada di belakang, sementara betina cenderung memilih posisi berhadap-hadapan.

13 dari 13 halaman

Hewan Apa Saja yang Bisa Berhubungan Hanya untuk Kesenangan?

Hewan jenis primata seperti kera, gorilla, bonobo, simpanse melakukan hubungan tanpa rasa cinta, melainkan hanya untuk kesenangan semata dan tanpa bertujuan untuk reproduksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini