Sukses

Tanpa Pasta Gigi, Ini Trik Hilangkan Bau Mengganggu pada Kulkas

Selain disikat pasta gigi, ternyata ada bahan lain yang bisa membersihkan kulkas. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak peralatan rumah tangga, kulkas merupakan salah satu yang paling penting untuk dibersihkan.

Bagaimana tidak, seluruh stok makanan dan minuman suatu rumah tangga pasti akan disimpan di kulkas. Dengan begitu, kebersihan kulkas sangat penting untuk dijaga demi kelangsungan dan keawetan makanan yang disimpan.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, kulkas berpotensi jadi bau dan tentu akan mengkontaminasi makanan yang ada di dalam. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang harus membersihkan kulkas dengan disikat menggunakan pasta gigi.

Namun, ternyata ada cara lain untuk membersihkan kulkas tanpa memerlukan pasta gigi. Cara ini diungkapkan oleh warganet Instagram @dadecordiaries, yang dirangkum pada Minggu (16/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Buat Cairan Pembersih

Sebelum membuat cairan, pastikan terlebih dahulu kabel kulkas sudah dicabut dan tidak ada daya listrik yang tersambung pada kulkas. Keluarkan juga seluruh makanan dan minuman dari kulkas.

Cairan pembersih yang digunakan bersifat alami dan tidak mengandung bahan kimia, yakni lemon dan baking soda. Tuang air pada mangkuk, lalu tambahkan perasan lemon dan baking soda. Aduk-aduk sampai cairan pembersih tercampur rata.

3 dari 11 halaman

Bersihkan dengan Lap

Siapkan lap yang masih kering untuk dicelupkan ke dalam cairan pembersih. Gunakan lap tersebut untuk mengusap seluruh sisi pada rak dan kulkas sampai benar-benar bersih.

Jika sudah dibersihkan dengan lap, ambil lap yang lain lalu celupkan ke dalam air bersih (tanpa cairan pembersih). Pakai lap tersebut untuk mengusap kembali bagian rak dan pintu kulkas yang sudah dilap dengan pembersih

4 dari 11 halaman

Sikat Bagian yang Tipis

Terdapat bagian yang sangat tipis dan sulit dijangkau seperti karet yang terdapat di pintu kulkas. Oleh karena itu, gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke cairan pembersih untuk menyikat bagian yang tipis tersebut.

5 dari 11 halaman

Berikan Alas di Setiap Rak

Untuk mencegah kontaminasi bakteri, letakkan alas di setiap rak kulkas. Masukkan kembali makanan dan minuman ke dalam kulkas. Sekarang kulkas jadi bersih mengkilap dan tidak bau lagi.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Kulkas

7 dari 11 halaman

Apakah Harus Dimatikan Dulu saat Membersihkan Kulkas?

Sebelum memulai membersihkan, matikan kulkas terlebih dahulu. Keluarkan semua makanan dan minuman dari dalamnya. Buanglah juga bahan-bahan yang sudah melewati masa kedaluwarsa atau yang sudah tidak layak konsumsi.

8 dari 11 halaman

Mencairkan Bunga Es Apakah Harus Mematikan Kulkas?

Pada beberapa merek kulkas satu pintu, Anda tidak perlu lagi repot mematikan kulkas untuk mencairkan bunga es. Kulkas-kulkas ini telah dilengkapi dengan fitur semi auto defrost yang memungkinkan pencairan bunga es tanpa mematikan kulkas. Tunggu sejenak hingga bunga es mencair sepenuhnya.

9 dari 11 halaman

Kenapa Colokan Kulkas Tidak Boleh Dicabut?

Hal ini terjadi karena kompresor kulkas dan bagian lainnya memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri sebelum dihidupkan lagi. Jika kamu langsung menyambungkan kembali steker kulkas yang baru saja dicabut ke sumber listrik, risiko kerusakan pada kompresor akan meningkat.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Kulkas Dinyalakan Kembali Setelah Dibersihkan?

Sebenarnya, tidak ada ketentuan pasti mengenai berapa lama kulkas harus dibiarkan setelah dipindahkan. Meski begitu, disarankan untuk menunggu antara 2 hingga 24 jam sebelum menghidupkan kulkas kembali.

11 dari 11 halaman

Apakah Membersihkan Kulkas Harus Dibuka Pintunya?

Buka pintu kulkas dan biarkan tetap terbuka selama proses pembersihan agar aliran udara tetap lancar. Dengan menjaga pintu kulkas terbuka, suhu di dalam kulkas akan menyesuaikan dengan suhu ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini