Sukses

Jangan Dimasukkan ke Freezer, Ini Cara Simpan Daging Sapi Agar Awet Hingga Seminggu

Daging sapi tetap akan awet segar hingga seminggu lamanya meskipun tidak disimpan di freezer. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya saat hari raya Idul Adha, daging sapi juga cukup banyak dinikmati sebagai makanan sehari-hari dalam berbagai hidangan seperti rendang atau gulai.

Bahkan, tidak sedikit yang sampai rela menyimpan stok daging sapi dalam jumlah banyak. Cara termudah untuk menyimpan daging sapi adalah dikemas dalam wadah yang tertutup rapat, lalu disimpan dalam freezer.

Namun, ada metode lain untuk menyimpan daging sapi tanpa dibekukan di freezer. Metode ini dibagikan oleh warganet Instagram @sukakalimasak, yang dirangkum pada Minggu (16/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Masak Daging Sapi

Pertama-tama, siapkan daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis agar mudah empuk saat dimasak. Lalu, masukkan daging sapi ke penggorengan dan tambahkan bumbu berikut:

●     2 cm lengkuas geprek.

●     2 sdm bumbu putih.dan 3 lembar daun salam.

●     3 siung bawang putih dan 2 siung bawang merah.

●     2 kemiri yang sudah ditumis dan dihaluskan.

●     1 sdt kaldu bubuk, ½ sdt garam dan ¼ sdt merica bubuk.

●     300 ml air.

3 dari 11 halaman

Tunggu Sampai Air Menyusut

Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk sedikit agar bumbu tercampur dengan daging. Tutup wajan lalu tunggu sampai air menyusut. Jika sudah menyusut, angkat tutup panci dan aduk lagi sedikit.

4 dari 11 halaman

Simpan dalam Wadah

Usai diaduk, matikan kompor dan masukkan semua potongan daging sapi ke dalam wadah yang tertutup rapat. Masukkan wadah tersebut ke dalam chiller dan daging sapi dijamin akan awet hingga seminggu.

5 dari 11 halaman

Bisa Dijadikan Berbagai Jenis Hidangan

Warganet Instagram satu ini mengklaim bahwa daging sapi yang ia masak dan simpan di dalam chiller bisa diolah jadi berbagai aneka hidangan seperti:

●     Dendeng balado.

●     Taburan nasi goreng.

●     Topping Pizza.

●     Tambahan spaghetti bolognese.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menyimpan Daging Sapi

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Daging Sapi Mentah Bertahan di Kulkas?

Oleh sebab itu, mengetahui masa simpan daging sebelum menjadi tidak aman sangatlah penting. Berdasarkan informasi dari laman keamanan pangan Amerika Serikat, foodsafety.gov, pada Minggu (2/7/2023), daging merah mentah dapat disimpan di lemari es maksimal selama 5 hari. Jika sudah dimasak, daging tersebut bisa bertahan hingga 2 minggu.

8 dari 11 halaman

Apakah Daging Sapi Harus Dicuci Sebelum Masuk Freezer?

Sebaiknya hindari mencuci daging sebelum menyimpannya. Mencuci daging dapat meningkatkan aroma tidak sedap. Selain itu, air yang masuk ke dalam serat daging akan membuatnya lebih cepat rusak.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Ciri-ciri Daging Sapi Busuk?

Jika Anda menemukan lapisan lendir pada daging, itu merupakan indikasi kuat bahwa daging tersebut telah rusak. Lendir ini biasanya diiringi dengan bau tak sedap dan perubahan warna. Daging yang menunjukkan tanda-tanda seperti ini sebaiknya segera dibuang.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan?

Berdasarkan uraian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa larangan menyimpan daging kurban lebih dari tiga hari hanya berlaku sementara waktu. 

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Daging Beku di Freezer?

Menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, daging dapat disimpan di dalam freezer selama 4 hingga 12 bulan. Berdasarkan laporan dari Times of India, daging sapi dan jenis daging merah lainnya dapat bertahan di suhu dingin selama lima hari. Namun, jika daging tersebut dibekukan, masa simpannya bisa mencapai satu tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.