Sukses

Mengejutkan, Ternyata Ada Gunung dengan Tinggi Hanya 6,1 Meter di Jepang

Gunung Benten dengan tinggi hanya 6,1 meter menjadi gunung terpendek di Jepang. Mengapa bisa disebut gunung? Cek faktanya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pemandangan gunung-gunung indah yang mendominasi Jepang, terdapat satu gunung yang menarik perhatian karena ketinggian yang tidak lazim biasa, yaitu hanya setinggi 6,1 meter. 

Fenomena ini mungkin terdengar tidak masuk akal bagi banyak orang, karena terbiasa dengan gambaran gunung yang tinggi. Namun, dibalik ketinggian gunung ini tersimpan cerita menarik tentang geografi dan keunikan alam Jepang.

Meskipun hanya setinggi 6,1 meter, gunung ini memiliki karakteristik yang menarik dan penting dalam konteks sejarah serta kehidupan masyarakat lokal di sekitarnya. 

Yuk simak dan ikuti fakta menariknya berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (14/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Lokasi Gunung Terpendek di Jepang

Terletak di tengah sawah subur di sepanjang Jalan Prefektur 10 Tokushima, Gunung Benten adalah gunung terpendek di Jepang dan salah satu gunung terpendek di dunia. 

Rata-rata orang hanya membutuhkan satu menit untuk mencapai puncak gunung ini, namun lebih dari 10.000 orang melakukan perjalanan ke sini setiap tahun untuk tujuan khusus.

3 dari 10 halaman

Tujuan Para Pengunjung yang Berbeda-beda

Bagi sebagian orang, mendaki gunung setinggi 6,1 meter merupakan hal yang baru, sebagian lainnya datang untuk mengagumi pohon lilin, bunga kamelia, dan bunga-bunga lain yang menjadikan bebatuan sebagai rumah mereka, dan sebagian lagi melakukan perjalanan singkat untuk mencapai Kuil Itsukushima yang dibangun untuk menghormati Benzaiten, dewi kebijaksanaan.

4 dari 10 halaman

Peresmian Gunung Benten Dibuka untuk Wisatawan

Gunung Benten secara resmi dibuka untuk wisatawan pada tanggal 1 Juni, ketika acara “Pendakian Pertama Tahun Baru” yang diselenggarakan oleh organisasi nirlaba setempat. Pengunjung yang mencapai puncak setinggi 6,1 meter pada hari itu akan diberi Sertifikat Bukti Penskalaan. 

5 dari 10 halaman

Menjadi Tempat untuk Berbagai Acara

Sepanjang tahun, gunung terpendek di Jepang ini menjadi tuan rumah berbagai acara, mulai dari festival bunga sakura hingga upacara pernikahan. 

Tidak mengherankan, gunung Benten bukan hanya gunung terpendek namun juga gunung teraman di Jepang, dan tidak ada laporan kecelakaan atau orang hilang yang pernah tercatat di sini.

6 dari 10 halaman

Apa Nama Gunung Terpendek di Indonesia?

Gunung Nglanggeran, yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, adalah gunung terpendek di Indonesia.

7 dari 10 halaman

Gunung Apa yang Paling Kecil di Dunia?

Gunung Jingshan memiliki ketinggian kurang dari 1 meter, tepatnya hanya 60 cm. Keunikan ini menjadikannya sebagai gunung terkecil dan terpendek di seluruh dunia.

8 dari 10 halaman

Gunung Apa yang Terpendek di Dunia?

Gunung Wycheproof, yang terletak di Victoria, Australia, merupakan salah satu gunung terendah dengan ketinggian hanya sekitar 43 meter atau setara dengan 148 meter di atas permukaan laut (mdpl).

9 dari 10 halaman

Apa Nama Gunung Tertua di Indonesia?

Rupanya, terdapat sebuah gunung berapi di Indonesia yang termasuk dalam daftar gunung api tertua di dunia, yaitu Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah. Statusnya sebagai gunung berapi tertua didasarkan pada penemuan bukti letusan yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu, yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

10 dari 10 halaman

Gunung Tertinggi di Dunia Nomor 1 Dimana?

Gunung Everest atau Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia jika diukur dari permukaan laut. Garis puncaknya menandai perbatasan antara Nepal dan Tibet, dengan puncaknya berada di wilayah Tibet. Di Nepal, gunung ini dikenal dengan nama Sagarmatha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini