Sukses

Bikin Takut Mau Menyebrang, Inilah Jalan Terlebar di Dunia yang Punya 16 Jalur

Sebuah jalan di Argentina dengan lebar 140 meter, menjadi rekor jalan terlebar di dunia. Simak faktanya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Sebuah jalan raya di Argentina dengan ukuran luar biasa menjadi perhatian dunia. Jalan terlebar yang memiliki 16 jalur ini, telah mencatatkan rekor baru dan membuat siapa pun yang ingin menyeberang harus berpikir dua kali. 

Keberadaan jalan ini tidak hanya menambah efisiensi transportasi, tetapi juga menjadi simbol kemajuan infrastruktur di kawasan tersebut. Dengan jalan yang sangat lebar, jalan ini berhasil mengatasi masalah kemacetan di kota-kota besar.

Namun, dibalik kemegahannya, jalan ini juga menjadi tantangan bagi para pejalan kaki. Menyeberangi 16 jalur kendaraan bukanlah hal yang mudah, dan diperlukan keberanian untuk melintasi jalan yang begitu lebar dan sibuk ini. 

Untuk mengenal lebih dalam jalan terlebar ini, yuk simak artikel berikut yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (14/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Proses Pembangunan Jalan Terlebar di Dunia

Buenos Aires Argentina disebut sebagai 'Paris Amerika Selatan', sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk memperkuat reputasi tersebut dengan membangun infrastruktur yang terinspirasi oleh Champs Elysee di Paris. 

Namun, dengan mengikuti inspirasi saja tidak cukup. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan mengesankan, sehingga mereka membangun jalan raya perkotaan dengan melewati pusat kota yang lebarnya dua kali lipat dari jalan raya Prancis. 

Pembangunan jalan ini adalah proyek kolosal yang memakan waktu hampir setengah abad untuk menyelesaikannya. Namun pada tahun 1980, jalan Avenida 9 de Julio akhirnya selesai. Jalan ini masih memegang rekor 'jalan terluas di dunia'.

Menciptakan ruang yang cukup untuk sebuah jalan raya yang lebih luas dibandingkan jalan lainnya di pusat kota metropolitan merupakan tantangan besar, yang mengakibatkan pembongkaran 60.000 meter persegi real estate perkotaan dan ribuan penduduk mengungsi hanya untuk menyelesaikan pembangunan ini.

3 dari 9 halaman

Membutuhkan Waktu yang Lama untuk Menyebrang

Jalan ini memiliki total 16 lajur dari satu sisi ke sisi lain, serta empat lajur tambahan untuk bus angkutan umum, satu kawasan pusat pejalan kaki, dan tidak kurang dari tujuh trotoar di antara lajur mobil, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melintasinya.

Seorang TikToker baru-baru ini mengunggah sebuah video yang menampilkan  dirinya berjalan dari satu sisi Avenida 9 de Julio ke sisi lainnya, dan ia membutuhkan waktu 4 menit 17 detik, meskipun ia mengaku berjalan lebih cepat dari biasanya. 

Hal itu termasuk seluruh waktu yang dia habiskan untuk menunggu di lampu lalu lintas. Sebagai perbandingan, rata-rata jalan hanya membutuhkan waktu 25 detik untuk menyeberang.

4 dari 9 halaman

Menjadi Rekor Jalan Terluas di Dunia

Menariknya, Avenida 9 de Julio mengklaim gelar ‘jalan terluas di dunia’ dengan bantuan dua jalan lainnya. Di sebelah timur jalan ini terdapat Jalan Carlos Pellegrini dan di sebelah barat adalah Jalan Cerrito. 

Keduanya berfungsi sebagai lajur tambahan untuk jalan tersebut, sehingga gabungan enam lajurnya diperhitungkan saat mengukur lebar Avenida 9 de Julio. Tanpa lajur tambahan, jalan ini memiliki lebar hanya 120 meter, dibandingkan dengan lebar yang ditetapkan secara resmi yiatu 140 meter.

5 dari 9 halaman

Berapa Minimal Lebar Jalan?

Dirancang dengan kecepatan rencana minimal 15 km per jam, jalan yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda tiga atau lebih harus memiliki lebar minimal 6,5 meter. Sementara itu, jalan yang tidak diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda tiga atau lebih harus memiliki lebar minimal 3,5 meter.

6 dari 9 halaman

Berapa Ukuran Lebar untuk Jalan Lokal?

Jalan lokal adalah jalan yang digunakan secara umum untuk memfasilitasi kendaraan dalam perjalanan pendek dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Lebar jalan ini mencapai lebih dari 5 meter.

7 dari 9 halaman

Jalan Dibedakan Menjadi Berapa?

Klasifikasi jalan raya berdasarkan fungsinya kembali terbagi menjadi empat jenis utama, yakni jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan. Setiap klasifikasi ini memiliki sub-kategori yang spesifik.

8 dari 9 halaman

Berapa Lebar Median Jalan?

Lebar minimum median terdiri dari jalur tepian selebar 0,25 meter. Jenis median ini adalah median yang ditinggikan, dibuat lebih tinggi daripada permukaan jalan, dengan lebar total 1,2 meter. Di sisi luar median harus ada kereb. Ketinggian median dari permukaan jalan berkisar antara 18 cm dan 25 cm.

9 dari 9 halaman

Berapa Lebar Jalan Primer?

Jalan arteri primer menghubungkan pusat kegiatan nasional (PKN) dengan pusat kegiatan wilayah (PKW). Jalan ini dirancang untuk memenuhi persyaratan teknis tertentu, termasuk kecepatan rencana minimal 60 km/jam dan lebar badan jalan setidaknya 11 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.