Sukses

Top 3: Daftar PTS yang Menerima KIP-K Jalur Mandiri 2024

Artikel tentang belum lolos SNBT 2024? Jangan sedih, ini daftar PTS yang menerima KIP-K jalur mandiri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis (13/6/2024), menjadi hari yang ditunggu-tunggu para calon mahasiswa baru yang tengah mengikuti UTBK SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 2024, sebab pengumuman hasil telah diinformasikan pada pukul 15.00 WIB tadi di situs resmi SNPMB.

Sebanyak 231.104 dari 785.058 peserta telah dinyatakan telah lulus UTBK SNBT tahun ini. Seperti yang diumumkan oleh Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof Ganefri, para peserta yang lulus ini tersebar di 145 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Bagi mereka yang berhasil lolos pada seleksi SNBT 2024, pengumuman ini tentu menjadi buah manis dari perjuangan yang panjang. Namun sebaliknya, sebanyak 500 ribu lebih calon mahasiswa yang gagal masih harus berjuang untuk mendapatkan kampus impian mereka. 

Mereka harus kembali menempuh tahapan seleksi dan tes lewat jalan terakhir, yaitu jalur mandiri universitas. Namun, bagi sebagian calon mahasiswa baru, khususnya mereka yang kurang mampu secara ekonomi, jalur mandiri universitas negeri seringkali menjadi momok.

Artikel tentang belum lolos SNBT 2024? Jangan sedih, ini daftar PTS yang menerima KIP-K jalur mandiri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang puasa Tarwiyah dan Arafah 2024, ini niat dan keutamannya.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 5 zodiak yang jago menyembunyikan red flag di awal hubungan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Belum Lolos SNBT 2024? Jangan Sedih, Ini Daftar PTS yang Menerima KIP-K Jalur Mandiri

 

Hal ini dikarenakan adanya sistem uang pangkal yang diterapkan oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jumlah yang tidak bisa dikatakan sedikit. Oleh sebab itu, para calon mahasiswa harus memikirkan cara lain untuk tetap dapat menempuh pendidikan di universitas, namun dengan bayaran yang terjangkau.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah serupa, tidak adalah salahnya untuk mencoba melirik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang juga menawarkan beasiswa KIP Kuliah. Kamu mengikuti seleksi jalur mandiri di PTS yang menerima KIP Kuliah.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024, Ini Niat dan Keutamaannya

Saat memasuki bulan Dzulhijjah, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah seperti berpuasa, berdzikir, bersedekah, dan membaca Alquran. Bulan ini menjadi momen yang istimewa karena dalam kalender Islam, Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Idul Adha bukan hanya sekadar perayaan, tapi juga merupakan waktu bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu, serta melakukan penyembelihan hewan kurban.

Namun menjelang Idul Adha, terdapat puasa sunah yang dianjurkan, yaitu puasa Dzulhijjah dari tanggal 1 hingga 9. Pada tanggal 8, umat Muslim melakukan puasa Tarwiyah, sementara pada tanggal 9, berpuasa Arafah.

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa hari-hari tersebut memiliki keistimewaan yang luar biasa di mata Allah, bahkan lebih dicintai-Nya daripada hari-hari lainnya, seperti dikutip dari NU Online, Jumat (14/6/2024).

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Artinya,

Tidak ada hari di mana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Tidak juga dari jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.

Sebagaimana puasa pada umumnya, sebelum memulai puasa Arafah dan Tarwiyah, umat Muslim diwajibkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Durasi puasanya sama seperti puasa lainnya, dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 5 Zodiak yang Jago Menyembunyikan Red Flag di Awal Hubungan

Dalam hubungan, kesan pertama tidak selalu mencerminkan kebenaran secara utuh. Ada individu yang mempunyai bakat dalam menyembunyikan kekurangan dan tanda-tanda bahaya atau red flag mereka, menampilkan diri mereka dengan sebaik-baiknya ketika awal menjalin hubungan.

Dalam astrologi, ada zodiak-zodiak tertentu yang sangat pandai dalam menyembunyikan identitas mereka, menjadikannya sulit bagi orang lain untuk melihat melampaui permukaan.

Penasaran siapa saja mereka? Ini dia beberapa zodiak yang paling jago menyembunyikan red flag mereka saat awal menjalin hubungan, seperti melansir dari The Signature Beauty Box, Jumat (14/6/2024).

1. Cancer 

Cancer dikenal karena sifatnya yang sensitif dan penuh kasih sayang, yang seringkali menutupi rasa tidak aman dan beban emosional yang lebih dalam.

Pada tahap awal suatu hubungan, pemilik zodiak ini akan terlihat peduli dan penyayang, namun di balik permukaan, mereka mungkin kesulitan menghadapi perubahan suasana hati dan keterikatan.

Mereka mungkin menyembunyikan kebutuhan dan ketergantungan mereka, takut akan penolakan atau pengabaian, namun sifat-sifat ini akan menjadi lebih jelas seiring dengan kemajuan hubungan.

2. Libra

Libra ahli dalam diplomasi dan pesona, menggunakan keterampilan sosialnya untuk menavigasi hubungan dengan mudah.

Mereka mungkin menyembunyikan keragu-raguan dan kecenderungannya untuk menyenangkan orang lain di balik kedok kepercayaan diri dan keanggunan. 

Namun seiring berjalannya waktu, ketidakmampuannya untuk mengambil keputusan dan menegaskan kebutuhan mereka dapat menciptakan ketegangan dan konflik.

Individu dengan zodiak ini akan menghindari konfrontasi dengan cara apa pun, tetapi perilaku pasif-agresifnya mungkin muncul saat mereka merasa terpojok atau terancam.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.