Sukses

Cara Ampuh Empukkan Daging Sapi Tanpa Baking Soda, Cukup Ganti dengan 1 Bahan Dapur

Mengolah daging sapi dengan cara yang tidak tepat, menjadikan hasil masakan kurang sedap dan alot. Ingin empukkan daging sapi dengan mudah? Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Memasak daging sapi yang empuk dan lezat sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Untuk menghasilkan tekstur yang diinginkan, banyak resep yang merekomendasikan penggunaan bahan-bahan khusus seperti baking soda. 

Namun, ternyata ada cara yang lebih mudah dan alami untuk mengempukkan daging sapi tanpa perlu menggunakan bahan kimia tersebut, yaitu hanya dengan satu bahan dapur saja.

Selain lebih praktis, cara ini juga lebih sehat karena menghindari penggunaan bahan tambahan yang mungkin tidak diinginkan. Satu bahan dapur ini tidak hanya mampu mengempukkan daging dengan efektif, tetapi juga menambah cita rasa alami yang kaya pada masakan. 

Untuk mengetahui bahan dapur apa yang digunakan, simak penjelasannya berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Biji Kurma Dapat Mengempukkan Daging Sapi

Ada satu bahan yang harus disiapkan untuk mempraktikkan cara pengempukan daging sapi yang praktis dan mudah. Bahan ini mungkin terdengar tidak biasa, tetapi sangat efektif dan sudah sering kali ditemukan di dapur. Bahan yang dimaksud adalah biji kurma, yang seringkali dianggap sebagai sampah dapur karena biasanya dibuang setelah buah kurma dimakan. 

3 dari 11 halaman

Manfaat Biji Kurma

Meskipun seringkali dianggap sebagai limbah, biji kurma sebenarnya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kemampuan uniknya dalam membantu mengempukkan daging. 

Penggunaan biji kurma untuk keperluan ini tidak hanya ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah dapur, tetapi juga memberikan hasil yang sangat memuaskan pada tekstur daging sapi. Dengan biji kurma, dapat menghasilkan keempukan daging yang sempurna tanpa harus menggunakan bahan kimia seperti baking soda.

Jadi, sebelum membuang biji kurma, pertimbangkan untuk menyimpannya dan mencoba trik ini. Dengan sedikit pengetahuan dan bahan yang sederhana, dapat meningkatkan keterampilan memasak ke level berikutnya dan menikmati daging sapi yang selalu empuk dan lezat.

4 dari 11 halaman

Alat dan Bahan untuk Merebus Daging Sapi

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk mengempukkan daging sapi yaitu teflon atau panci, daging sapi, biji kurma, dan air secukupnya.

Sebelum merebus daging sapi, potong terlebih dahulu daging sapi menjadi kecil-kecil. 

5 dari 11 halaman

Langkah-langkah Mengempukkan Daging Sapi dengan Biji Kurma

Setelah itu, masukkan potongan daging sapi ke dalam teflon atau panci. Lalu, tambahkan air secukupnya dan 2 buah biji kurma ke dalam rendaman daging sapi.

Ketika semua bahan sudah masuk ke dalam panci, masak daging sapi dengan keadaan panci tertutup selama 30 menit, sampai daging sapi sudah matang sempurna, terbukti saat daging bisa disuwir dengan tangan. 

Tambahkan berbagai bahan sop ke dalam panci, seperti potongan wortel, kentang, daun bawang, pala, buncis, bubuk bawang putih, dan garam. 

6 dari 11 halaman

Masak Sampai Matang dan Rasanya Sempurna

Saat merebus, aduk merata dan masak hingga sop daging sapi siap matang. Jika sudah matang dan rasanya sempurna, sajikan ke dalam mangkuk. Lalu, tambahkan air perasan jeruk nipis sesuai selera untuk menambah cita rasa. Dengan cara tersebut, sop daging sapi siap dinikmati dengan empuk dan lezat.

7 dari 11 halaman

Merebus Daging Sapi biar Cepat Empuk Dikasih Apa?

Pertama, kupas buah nanas, lalu cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran kira-kira sepanjang jari telunjuk. Setelah itu, didihkan air dalam panci dan masukkan daging sapi bersama dengan 2-3 potongan buah nanas untuk setiap 1-2 kilogram daging sapi. Masak hingga daging menjadi empuk, kemudian matikan api. Penting untuk tidak menambahkan terlalu banyak potongan nanas agar daging tidak menjadi terlalu lunak dan hancur.

8 dari 11 halaman

Apakah Garam Membuat Daging Cepat Empuk?

Untuk menghindari masalah tersebut, penting untuk mengetahui cara membuat daging cepat empuk dengan proses yang mudah. Anda hanya perlu menggunakan bahan alami seperti garam, larutan asam, daun pepaya, dan buah nanas. Bahan-bahan ini dapat mempercepat proses pengempukan daging jika digunakan dengan benar.

9 dari 11 halaman

Apakah Merebus Daging Pakai Sendok Bisa Empuk?

Sendok logam tidak akan seefektif panci logam dalam melunakkan daging saat dimasak. Untuk dapat melunakkan potongan daging dengan benar, pertama-tama Anda perlu memahami faktor-faktor yang menyebabkan daging menjadi keras.

10 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Daging Empuk?

Selain menggunakan daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas sebagai metode untuk mengempukkan daging sapi. Nanas, seperti daun pepaya, mengandung enzim alami yang mampu membuat daging merah lebih cepat empuk. Perbedaannya terletak pada cara penggunaannya: jika daun pepaya cukup digunakan sebagai pembungkus daging, buah nanas perlu dihaluskan atau dijus sebelum digunakan.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Merebus Daging Sapi?

Biasanya, daging sapi harus dimasak dalam panci presto selama sekitar 20-30 menit untuk potongan yang kecil hingga sedang. Sementara itu, potongan yang lebih besar dan tebal memerlukan waktu memasak antara 40-60 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini