Sukses

Hanya Tambah 1 Bahan dapur, Ini Trik Simpan Rebung Agar Awet Segar

Punya stok rebung di rumah? Lakukan cara menyimpan rebung ala warganet YouTube satu ini, supaya rebung bisa tetap segar meski tidak langsung diolah. Yuk, simak lebih lanjut!

Liputan6.com, Jakarta Rebung atau tunas bambu ini bisa merupakan salah satu tanaman yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain dijadikan sayur, rebung juga populer sebagai isian salah satu jajanan khas Indonesia, yaitu lumpia. 

Jika stok rebung tidak dipersiapkan dengan cara yang benar, biasanya akan timbul bau kurang sedap dan tingkat kesegarannya pun menurun.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, akun YouTube Pipit Wijayanti memiliki tips sederhana yang efektif membuat rebung jadi segar tahan lama.

Tanpa berlama-lama, berikut penjelasan tentang cara lengkapnya, dirangkum pada Kamis (13/6/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Iris-iris Rebung

Langkah pertama, siapkan irisan rebung. Iris tipis-tipis supaya ketika diolah teksturnya bisa lebih mudah empuk. Baru setelah itu, cuci rebung sampai bersih.

3 dari 11 halaman

2. Tambahkan Air

Langkah kedua, masukkan rebung ke dalam panci dan tuangkan air sampai seluruh irisan rebung terendam. 

4 dari 11 halaman

3. Tambahkan Garam

Langkah ketiga, taruh panci ke atas kompor dan nyalakan api. Tambahkan ¼ sendok teh garam lalu aduk supaya garam larut dan merata. 

5 dari 11 halaman

4. Rebus Rebung

Langkah keempat, rebus rebung hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar matangnya merata. Koreksi tekstur, jika sudah empuk matikan api.

6 dari 11 halaman

5. Tiriskan

Langkah keempat, angkat dan tiriskan rebung yang sudah empuk. Sebelum dikemas, diamkan dulu hingga suhunya turun. 

7 dari 11 halaman

6. Masukkan ke Wadah Kedap Udara

Langkah terakhir, rebung yang sudah dingin bisa dimasukkan ke dalam food container atau wadah apapun yang kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas. Selamat mencoba!

8 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar

9 dari 11 halaman

Rebung Bagaimana Rasa Rebung?

Bambu muda memiliki tekstur yang garing dengan rasa yang cenderung ringan serta sedikit manis. Tunas yang masih muda dan belum mekar mempunyai cita rasa yang lebih epuk.

10 dari 11 halaman

Kenapa Sayur Rebung Bau?

Diketahui bahwa salah satu penyebab rebung terasa pahit dan berbau adalah getahnya.

11 dari 11 halaman

Rebung Berkhasiat untuk Apa?

Mengonsumsi rebung meningkatkan asupan vitamin E, yang bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rebung bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini