Sukses

Modal 1 Bahan, Ini Cara Ampuh Bersihkan Limpa Sapi Agar Empuk dan Tidak Amis

Terdapat trik tersendiri untuk membersihkan limpa sapi agar tidak bau amis. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun limpa sapi tidak sepopuler bagian jeroan lain seperti usus dan babat, ternyata limpa sapi juga dapat diolah jadi berbagai hidangan lezat seperti gulai, tumisan hingga rendang.

Melansir dari Mad butcher meat, limpa sapi sarat akan zat besi, vitamin B12 dan zinc yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan mendukung daya tahan tubuh.

Layaknya bagian jeroan lain, limpa sapi juga harus dibersihkan dengan lebih teliti karena terdapat kotoran sapi yang mengumpul. Kalau tidak dibersihkan dengan baik, maka limpa akan cenderung keras dan bau amis.

Namun tenang saja, karena seorang pemilik kanal YouTube/Sasmita Pratiwi memiliki cara yang ampuh untuk membersihkan limpa sapi. Berikut ulasan lengkapnya pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kupas Kulit Limpa

Pada limpa sapi yang masih segar dengan warna merah kecoklatan, terkadang masih banyak kulit luar limpa yang menempel. Cabut dan kupas seluruh kulit ini, karena jika tidak limpa sapi akan jadi alot.

3 dari 11 halaman

Cuci Bersih

Usai mengupas seluruh kulit limpa, sekarang limpa sapi harus dicuci bersih dengan air mengalir. Pastikan semua bagian limpa benar-benar terkena air cucian agar bersih merata.

4 dari 11 halaman

Potong Limpa Sapi

Jika sudah dibersihkan, letakkan limpa sapi pada talenan untuk dipotong sesuai selera. Limpa bisa dipotong besar maupun langsung diiris kecil-kecil. Sesudah dipotong, cuci bersih lagi limpa sapi di atas piring untuk menghindari risiko darah limpa yang menetes.

5 dari 11 halaman

Rebus Limpa 2 Kali

Rebus limpa yang sudah dibersihkan pada air rebusan yang sudah mendidih sampai menyusut, lalu buang air rebusan.

Potong limpa jadi ukuran yang kecil-kecil, lalu rebus lagi dengan menambahkan daun salam agar aromanya harum. Pada tahap ini, bisa juga tambahkan garam untuk mempercepat perebusan.

Tunggu rebusan limpa sampai benar-benar matang, setelah itu matikan kompor dan tiriskan limpa untuk diolah lebih lanjut dengan bumbu masakan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Limpa Sapi

7 dari 11 halaman

Limpa Sapi Itu Apa?

Limpa sapi merupakan sumber yang kaya akan protein serta asam lemak omega-3. Selain itu, organ ini juga memiliki kandungan zinc dan selenium yang tinggi, dua mineral yang penting bagi sistem imun dan fungsi hormonal tubuh.

8 dari 11 halaman

Limpa Sapi Terletak di Mana?

Limpa terletak hampir tegak lurus di bagian depan kantung dorsal rumen dan permukaan depan retikulum di sebelah kiri perut. Organ ini memanjang dari ujung atas dua tulang rusuk terakhir hingga persimpangan antara tulang rusuk ke-7 dan ke-8.

9 dari 11 halaman

Jeroan Sapi Itu Apa Saja?

Bagian-bagian dalam sapi sangat bervariasi, mulai dari usus, jantung, paru-paru, hati, limpa, ginjal, hingga dinding lambung yang dikenal sebagai babat.

10 dari 11 halaman

Apakah Limpa Kolesterol Tinggi?

Bagian dalam sapi seperti babat, iso, paru, dan limpa yang sering kita temui di rumah makan Padang adalah makanan dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi serta purin yang dapat memicu asam urat.

11 dari 11 halaman

Apakah Tetelan Itu Jeroan?

Jeroan seperti babat, gajih, dan tetelan lainnya memberikan cita rasa gurih yang khas pada bakso. Selain itu, berbagai hidangan nusantara juga menggunakan jeroan, baik dari ayam maupun sapi. Beberapa contohnya adalah soto babat, sup lidah sapi, gulai otak, paru-paru goreng, atau sate hati ampela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini