Sukses

Tanpa Bahan Tambahan, Ini Trik Jitu Iris Daging Sapi Agar Mudah Empuk

Ada trik tersendiri untuk mengiris daging sapi agar cepat empuk dan matang. Simak triknya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali metode dan trik yang bisa digunakan agar daging sapi cepat empuk dan matang. Beberapa orang akan merebus daging sapi dengan metode 5-30-7, lalu ada juga yang menggunakan bumbu khusus saat memarinasi daging.

Padahal, agar daging cepat empuk dan matang sangat dipengaruhi dengan cara mengiris daging tersebut. Dengan teknik memotong yang tepat, daging sapi bisa cepat empuk dan matang.

Hal ini persis seperti yang dilakukan pemilik kanal YouTube Fau Fau. Berikut selengkapnya pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Ambil Bagian yang Berserat

Pertama-tama, ambil potongan daging yang berserat terlebih dahulu. Beberapa bagian daging memiliki serat yang memanjang dengan selaput berwarna putih. Bagian seperti inilah yang cukup alot saat dimasak.

3 dari 11 halaman

Potong dengan Ukuran Besar

Setelah mengambil bagian daging yang berserat, potong daging tersebut jadi beberapa potongan yang agak besar.

Hal ini dilakukan agar serat pada daging terpotong serta bisa dimasak dengan empuk dan tidak hancur. Untuk daging yang tidak berserat sendiri bisa dipotong dengan ukuran sesuai selera.

4 dari 11 halaman

Iris Daging yang Berlemak

Selain daging yang berserat, ada juga bagian daging yang berlemak dengan tekstur yang lembek dan kenyal.Untuk bagian yang berlemak sendiri harus dipotong kecil-kecil.

5 dari 11 halaman

Potong Daging yang Berselaput

Bagian daging yang berselaput juga harus dipotong dengan hati-hati agar empuk saat dimasak. Sama seperti yang berserat, daging yang berselaput juga harus dipotong dengan ukuran agak besar biar bisa empuk dan cepat matang.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Memotong Daging Sapi

7 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Memotong Daging Sapi Agar Empuk?

Salah satu teknik utama dalam memotong daging adalah melakukannya dengan arah yang berlawanan. Maksudnya, pemotongan harus dilakukan melawan arah serat otot. Dengan metode ini, serat otot akan terpotong lebih pendek, sehingga menghasilkan potongan daging yang lebih empuk dan mudah dikunyah.

8 dari 11 halaman

Mengapa Harus Memotong Daging Berlawanan dengan Serat?

Serat yang ada pada daging bisa membuat teksturnya menjadi keras. Maka dari itu, Anda bisa memotong daging dengan cara melawan arah serat supaya serat daging tersebut menjadi lebih pendek dan teksturnya lebih empuk.

9 dari 11 halaman

Apakah Garam Membuat Daging Cepat Empuk?

Agar daging cepat empuk, penting untuk mengetahui metode yang tepat dan sederhana. Cukup dengan menggunakan bahan alami seperti garam, larutan asam, daun pepaya, atau buah nanas. Dengan penggunaan yang benar, bahan-bahan ini mempercepat proses pengempukan daging.

10 dari 11 halaman

Kenapa Daging yang Sudah Dipotong Masih Bergerak?

Daging mengalami kondisi rigor mortis, yaitu suatu proses di mana daging menjadi kaku dan kehilangan kelenturannya. Dalam kondisi ini, terdapat sisa-sisa energi dalam otot yang memungkinkan otot atau daging untuk bergerak seperti mengalami kejang.

11 dari 11 halaman

Faktor Apa Saja yang Memengaruhi Kualitas Daging Sebelum Pemotongan?

Mutu daging dipengaruhi oleh faktor-faktor sebelum dan sesudah pemotongan. Salah satu faktor tersebut adalah lokasi otot yang bervariasi, seperti otot Longissimus dorsi pada punggung, Biceps femoris pada paha, dan Triceps brachii pada lengan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini