Sukses

Tanpa Nanas atau Daun Pepaya, Ini Cara Marinasi Daging Sapi Agar Empuk dengan 2 Bahan

Ternyata ada bahan pengganti selain nanas dan daun pepaya untuk memarinasi daging sapi. Ini dia bahan dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Memasak dan mengolah daging sapi memang membutuhkan keahlian khusus. Jika dimasak terlalu lama, rasa daging sapi akan cenderung hambar. Sedangkan jika terlalu cepat, daging malah jadi alot.

Selain direbus dalam waktu yang lama, daging sapi juga bisa diempukkan jika dimarinasi dengan nanas atau daun pepaya. Kedua bahan tersebut memang dikenal ampuh untuk membuat daging sapi jadi lebih lembut

Meski demikian, ada dua bahan alternatif selain nanas dan daun pepaya yang ternyata juga bisa mengempukkan daging sapi. Dua bahan ini digunakan oleh seorang YouTuber Indoculinaire Hunter. Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Taburkan Bumbu Marinasi

Siapkan potongan-potongan daging sapi di dalam mangkuk. Taburkan merica dan ketumbar bubuk pada daging masing-masing satu sendok teh. Selain kedua bahan tersebut, taburkan juga bumbu berikut:

●     1 sdm bawang putih yang diblender.

●     ½ sdm jahe yang diblender.

●     3 sdm kecap asin.

3 dari 11 halaman

Aduk-aduk

Jika semua bumbu marinasi sudah ditaburkan pada daging, sekarang aduk-aduk dengan tangan agar semua bumbu tersebut tercampur dan meresap sempurna pada daging.

Pemilik kanal ini juga menyebutkan bahwa daging sapi akan terasa nikmat dengan bumbu marinasi ini meskipun tidak memakai bumbu sate.

4 dari 11 halaman

Simpan di Kulkas

Setelah diaduk-aduk, tutup mangkuk dengan plastik. Pastikan mangkuk benar-benar tertutup rata sehingga daging tidak terpapar udara. Masukkan daging sapi ke dalam kulkas lalu tunggu minimal selama setengah jam.

5 dari 11 halaman

Daging Sapi Jadi Sangat Empuk

Sesudah setengah jam, keluarkan daging sapi dari kulkas dan buka pembungkus plastik pada mangkuk. Sekarang, bumbu marinasi sudah meresap sempurna dan daging juga sudah empuk sehingga siap untuk diolah.

Pemilik kanal Indoculinaire Hunter ini sendiri akan membuat sate dari daging sapi ini. Potongan-potongan daging sapi bisa langsung dimasukkan ke setiap tusuk sate untuk dipanggang.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Marinasi Daging Sapi

7 dari 11 halaman

Apa Itu Marinasi Daging?

Marinasi adalah proses merendam daging dalam larutan yang mengandung garam dengan berbagai konsentrasi, rempah-rempah, asam organik, dan tanaman herbal.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Marinasi Daging Sapi?

Pemilihan jenis, bagian, dan potongan daging mempengaruhi lama waktu marinasi. Potongan daging dengan tekstur lembut, seperti tenderloin dan sirloin, membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun, untuk daging bertekstur keras, waktu marinasi minimal 3 jam dan maksimal 24 jam.

9 dari 11 halaman

Bahan Apa yang Digunakan untuk Marinasi?

Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan untuk marinasi sekaligus berfungsi sebagai antibakteri meliputi rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, serai, bawang putih, jeruk nipis, dan jintan. Penggunaan bahan-bahan marinasi ini juga mampu mengurangi kadar residu kimia pada daging, sehingga meningkatkan keamanan pangan bagi konsumen.

10 dari 11 halaman

Apa Tujuan Marinasi?

Proses marinasi bertujuan utama untuk memperkaya rasa di seluruh bagian daging. Oleh sebab itu, perlu menunggu beberapa saat agar bumbu marinasi dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging.

11 dari 11 halaman

Mengapa Daging Steak Harus Dimarinasi Terlebih Dahulu Sebelum Dimasak?

Sebelum memasak daging, marinasi terlebih dahulu. Disarankan untuk mengolesi daging hanya dengan garam, tanpa menambahkan merica atau saus lainnya. Hal ini karena merica dapat menyebabkan steak menjadi hangus jika wajan terlalu panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.