Sukses

Bukan Dioles Odol, Begini Trik Bersihkan Setrika Gosong dan Berkerak Pakai 1 Bahan Dapur

Alih-alih menggosok setrika dengan odol, cara sederhana dari warganet YouTube ini praktis dan lebih ampuh membersihkan noda gosong dan kerak pada setrika. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta Semakin lama waktu pakainya, permukaan alas setrika lama-lama jadi gosong bahkan sedikit berkerak. Hal ini tentu cukup mengganggu karena bisa berpengaruh terhadap pakaian yang disetrika.

Namun tak perlu khawatir karena ada tips praktis yang bisa dipraktekkan agar setrika bisa bersih kembali. Hanya dengan memanfaatkan satu bahan dapur saja setrika yang gosong dan berkerak bisa bersih kembali. 

Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum dari kanal YouTube my asisten, pada Rabu (12/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan dan Peralatan

Siapkan beberapa peralatan dan bahan dapur yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Soda kue
  • Air
  • Sikat gigi
  • Mangkuk
  • Amplas
  • Kain lap
3 dari 9 halaman

1. Buat Pasta Soda Kue

Langkah pertama, campurkan soda kue dengan air secukupnya. Aduk hingga membentuk konsistensi seperti pasta.

4 dari 9 halaman

2. Oleskan Pasta ke Permukaan Setrika

Langkah berikutnya, oleskan secara merata pasta soda kue ke permukaan alas setrika dan gosok menggunakan sikat gigi hingga beberapa saat. 

5 dari 9 halaman

3. Amplas Permukaan Alas Setrika

Langkah ketiga, lanjutkan proses pembersihan menggunakan amplas. Setelah digosok menggunakan sikat, pasta soda kue yang menempel di permukaan bawah setrika bisa lanjut digosok dengan amplas.

Gosok sampai pasta yang menempel berubah warna jadi gelap, sebagai tanda kerak yang noda dan kerak setrika yang mulai luruh.

6 dari 9 halaman

4. Gunakan Kain Lap

Langkah terakhir, alih-alih dibilas dengan air, my asisten menggunakan kain lembab untuk mengelap sisa kotoran di permukaan setrika. Setelah dilap, setrika pun jadi bersih kembali. Selamat mencoba!

7 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Setrika

8 dari 9 halaman

Bagaimana Cara Membersihkan Kerak pada Setrika?

Cuka putih di dapur bisa dipakai untuk membersihkan kerak gosong pada setrika. Pertama, panaskan cuka dan rendam kain lembut di dalamnya. Setelah itu, seka pelat setrika yang lengket secara perlahan dengan kain tersebut. Ulangi proses ini sampai noda benar-benar hilang.

9 dari 9 halaman

Kenapa Setrika Menjadi Lengket?

Suhu setrika terlalu tinggi. Apabila suhu setrika terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan setrika menjadi lengket dan sulit untuk bergerak dengan lancar di atas kain. Saran umum adalah memulai dengan suhu rendah untuk jenis kain yang lebih lembut dan kemudian meningkatkannya sesuai kebutuhan untuk bahan katun dan linen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.