Sukses

Hanya Pakai Sendok Makan, Ini Trik Mudah Bersihkan Kepala Kambing Sebelum Diolah

Membersihkan kepala kambing jadi lebih mudah karena tidak lagi harus dibakar dulu. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Saat hari raya kurban, bukan hanya daging sapi saja yang diincar oleh orang-orang. Namun, kepala kambing ternyata juga menjadi favorit sebagian orang karena dapat diolah jadi hidangan yang lezat.

Meski demikian, membersihkan kepala kambing juga cukup susah dan tidak jauh berbeda saat membersihkan kepala sapi.

Tentu, kepala kambing akan lebih mudah dibersihkan jika dibakar. Hanya saja, cara tersebut masih kurang efektif karena terkadang masih ada bau prengus yang tersisa dari kepala kambing.

Kebetulan, ada teknik membersihkan kepala kambing yang lebih efektif tanpa dibakar dengan berbekal satu alat saja. Teknik ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube/AyahSuka Masak, yang akan dirangkum pada Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Telinga Kambing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merebus telinga kambing pada air mendidih. Celupkan telinga kambing ke dalam air mendidih selama dua menit.

Setelah itu, bulu pada telinga kambing bisa langsung dikerok sampai habis menggunakan sendok makan. Lakukan langkah ini pada kedua telinga kambing.

3 dari 11 halaman

Bersihkan Moncong Kambing

Bagian moncong atau depan kepala kambing terdiri dari mulut sampai hidung. Persis seperti telinga kambing, cara membersihkan moncong kambing adalah dengan dicelupkan ke air mendidih selama dua menit lalu dikerok dengan sendok makan.

4 dari 11 halaman

Kerok Kepala Belakang

Bagian berikutnya yang perlu dibersihkan adalah kepala belakang kambing dengan cara yang sama seperti bagian kepala yang lain. Namun, perlu diingat bahwa tanduk kambing tidak termasuk di bagian ini dan akan dibersihkan dengan cara yang berbeda.

5 dari 11 halaman

Cabut Tanduk Kambing

Jika bagian yang lain dikerok sampai bulunya habis, maka tanduk kambing akan dicabut. Celupkan dahulu bagian tanduk kambing dalam air mendidih selama dua menit. Selepas itu, pukul tanduk kambing dengan pisau sampai copot.

Sekarang, kepala kambing sudah bersih dari bulu dan tanduk sehingga siap untuk dimasak lebih lanjut.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Seputar Kepala Kambing

7 dari 11 halaman

Kenapa Kepala Kambing Dibakar?

Proses memanggang kepala kambing terlebih dahulu dilakukan sebelum dicampur dengan beragam rempah. Proses ini membantu menghilangkan rambut di kepala kambing secara menyeluruh dengan lebih mudah dan bersih.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Kepala Kambing?

Setelah direbus selama setengah jam, tiriskan dan buang air rebusan pertama. Kambing kemudian dibelah kepalanya dan dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam mulut serta telinganya. Kepala kambing dicuci dengan bersih dan direbus kembali sampai empuk.

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat Kepala Kambing?

Makan kepala kambing memiliki keuntungan yang signifikan, terutama dalam mendapatkan nutrisi esensial. Salah satunya adalah vitamin B12, yang dikenal sebagai nutrisi penting, disertai dengan lemak, zat besi, kalsium, dan fosfor. Konsumsi susu yang kaya akan lemak dan kalsium juga dapat mendukung kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Otak Kambing?

Selain mengandung omega 3, zat Fosfatidilserin juga hadir dalam otak kambing. Fosfatidilserin diakui dapat mempertahankan kekuatan ingatan otak seiring dengan bertambahnya usia.

11 dari 11 halaman

Kenapa saat Makan Kambing Kepala Pusing?

Kepala pusing yang muncul setelah makan daging, entah itu kambing, sapi, atau jenis daging merah yang telah diolah, disebabkan oleh senyawa tiramin yang bersifat sebagai efek samping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini