Sukses

Tidak Perlu Microwave atau Kompor, Ini Trik Hangatkan Rendang Agar Tidak Basi sampai Berhari-hari

Stok rendang bisa dihangatkan kembali setiap hari tanpa microwave atau kompor. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu makanan terenak di Indonesia, rendang sering kali dijadikan bekal atau oleh-oleh dalam jumlah banyak bagi mahasiswa yang indekos.

Tentu saja rendang akan semakin nikmat saat masih hangat atau baru dipanaskan. Hanya saja, rendang cenderung mudah sekali dingin dan dagingnya jadi agak alot, sehingga jadi kurang nikmat.

Terlebih lagi, tidak semua indekos menyediakan fasilitas seperti kompor atau bahkan microwave untuk menghangatkan rendang.

Namun jangan khawatir, karena pemilik kanal YouTube/Abidin248 memiliki cara khusus untuk menghangatkan rendang tanpa kompor atau microwave.

Lantas, alat atau metode apa yang ia gunakan? Cari tahu jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Selasa (18/6/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Air Panas

Jadi, cara yang digunakan di sini adalah  merendam rendang dengan air panas. Air panas cenderung lebih mudah didapat karena bisa dibeli langsung di warung makan terdekat atau dipanaskan dengan termos.

3 dari 11 halaman

Rendam Rendang dengan Air

Ambil wadah yang agak besar dan muat untuk menampung rendang untuk diisi dengan air panas. Usai diisi air panas, letakkan wadah berisi rendang di dalam wadah air panas tersebut sampai bagian dasarnya terendam.

Tutup wadah rendang lalu tunggu sampai setengah jam. Suhu panas pada wadah air panas akan bereaksi dan mengalami perpindahan secara konduksi ke seluruh bagian wadah rendang, sehingga rendang akan menjadi hangat.

4 dari 11 halaman

Lakukan Sebanyak 3 Kali

Setelah setengah jam, rendaman air panas akan sudah dingin kembali. Karena itu, ganti wadah rendaman air panas tersebut untuk kembali merendam rendang.

Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali, karena suhu pada air panas ini memang tidak bisa bertahan lama dan akan terus menurun sehingga langkah ini harus dilakukan lebih dair sekali.

5 dari 11 halaman

Aduk-aduk Rendang

Jika langkah tadi sudah diulang sebanyak tiga kali, maka wadah rendang sekarang boleh dibuka untuk dilihat hasilnya.

Rendang harus diaduk terlebih dahulu agar bisa hangat lebih merata. Hal itu disebabkan karena bagian dasar rendang yang lebih terpapar rendaman pasti akan lebih panas dari yang di permukaan. Dengan cara ini, rendang bisa terus dihangatkan hingga berhari-hari.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Menghangatkan Rendang

7 dari 11 halaman

Apakah Rendang Bisa Dihangatkan?

Sebaliknya, agar terhindar dari risiko santan terhadap kesehatan, hidangan berbahan santan seperti opor ayam dan rendang hanya dapat dipanaskan hingga tiga kali saja.

8 dari 11 halaman

Berapa Menit Memanaskan Rendang?

Untuk menghangatkan rendang, pastikan menggunakan api kecil saja. Proses pemanasan ini memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit, bergantung pada ukuran daging rendang. Selama proses tersebut, jangan lupa mengaduk rendang secara berkala, setidaknya setiap 3 menit.

9 dari 11 halaman

Apakah Boleh Daging Rendang yang Sudah Dimasak Dimasukkan ke Kulkas?

Menyimpan rendang dalam lemari es bisa memperpanjang masa simpannya. Namun, agar rendang tidak cepat basi, disarankan menunggu hingga dagingnya dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

10 dari 11 halaman

Apakah Rendang Bisa Dipanaskan di Microwave?

Selain itu, rendang juga dapat dihangatkan dengan microwave tanpa perlu menambahkan air. Meski begitu, rendang yang telah dipanaskan sebaiknya segera dimakan, karena teksturnya akan menjadi kering jika dibiarkan terlalu lama.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Rendang Tahan di Luar Kulkas?

Rendang yang dimasak hingga rempah-rempahnya menghitam dan kering dapat bertahan hingga sebulan tanpa perlu disimpan dalam lemari pendingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.