Sukses

Trik Cepat Rebus Daging dalam 12 Menit, Empuk Sempurna Tanpa Presto

Metode ini bisa bantu mengempukkan daging sapi maupun kambing hanya dalam waktu dua belas menit saja, tanpa perlu presto. Yuk, simak langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan panci presto memang efektif untuk membuat tekstur daging jadi lebih lembut. Didesain bertekanan tinggi, daging jadi empuk hanya dalam tiga puluh menit. 

Meski begitu, tidak semua orang memiliki panci presto, sehingga perlu memutar otak untuk bisa mendapatkan olahan daging anti alot.

Adapun, metode 5 30 7 seperti yang dibagikan warganet TikTok @faathimaza ini bisa dipraktekkan di rumah. Hanya perlu dua belas menit perebusan, daging bisa lebih empuk.

Berikut ulasan lengkapnya, dirangkum pada Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Didihkan Air

Pertama kali, tentu didihkan air terlebih dahulu. Sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah daging yang akan direbus. Pastikan ketika proses perebusan daging bisa terendam dengan baik.

3 dari 10 halaman

Rebus Daging Selama 5 Menit

Langkah kedua, masukkan daging ke dalam air yang sudah mendidih dan rebus selama lima menit. Untuk hasil yang lebih optimal, akan lebih baik daging langsung dipotong kecil-kecil supaya lebih mudah empuk hingga ke serat-seratnya. 

4 dari 10 halaman

Diamkan Selama 30 Menit

Jika sudah tepat lima menit direbus, matikan api dan diamkan daging dalam panci selama tiga puluh menit tanpa membuka tutupnya.

5 dari 10 halaman

Rebus Selama 7 Menit

Setelah tiga puluh menit, nyalakan api. Daging direbus kembali dengan durasi tujuh menit.

6 dari 10 halaman

Daging Siap Dimasak

Dengan total waktu perebusan yang hanya dua belas menit, tekstur daging yang empuk sudah bisa didapat. Selanjutnya, daging bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan yang diinginkan.

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging

8 dari 10 halaman

Dikasih Apa Daging Sapi Biar Empuk?

Daun pepaya mengandung enzim proteolitik papain yang dapat memecah kolagen pada daging sapi, membuat serat ototnya lebih renggang. Akibatnya, tekstur daging menjadi lebih lembut dan empuk.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Mengatasi Agar Daging Tidak Alot atau Keras?

Iris atau potong dengan lebar, pukul memakai alat pemukul daging, pakai daging yang tidak beku, rebus dalam air mendidih, jika dagingnya keras, lunakkan dengan nanas, bungkus dengan daun pepaya.

10 dari 10 halaman

Kenapa Daging Tidak Perlu Dicuci?

Daging yang tersedia di supermarket biasanya sudah melalui serangkaian prosedur keamanan pangan yang ketat, mencakup pemrosesan dan pemanggangan yang benar. Mencuci daging bisa menghapus lapisan pelindung alami yang terbentuk setelah pemrosesan, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya kontaminasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini