Sukses

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Menggunakan 1 Jenis Bunga Saja

Mata panda sering terjadi akibat kebiasaan buruk dan membuat tampilan wajah menjadi tidak segar. Berikut ini cara menghilangkan mata panda secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Mata panda, atau kantung hitam di bawah mata, seringkali menjadi masalah kecantikan yang membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Berbagai faktor seperti kurang tidur, stres, genetika, dan penuaan dapat menyebabkan pembengkakan dan warna gelap di area sekitar mata. 

Banyak produk perawatan kulit dan tindakan medis yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini. Namun, ada juga solusi alami yang bisa menjadi alternatif secara efektif dan aman.

Salah satu solusi alami dengan menggunakan satu jenis bunga. Penggunaan secara teratur dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan warna gelap di bawah mata, sehingga memberikan tampilan yang lebih segar dan cerah. 

Lalu, bunga apa yang dapat menghilangkan mata panda? Simak pembahasan di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (02/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Manfaat Bunga Saffron untuk Kulit dan Mata Panda

Bunga saffron kaya akan antioksidan seperti crocin, safranal, dan kaempferol yang membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta stres oksidatif. 

Sifat pencerah kulit alami yang dimiliki saffron membantu untuk menyamarkan perbedaan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, sifat anti inflamasi saffron membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di bawah mata.

3 dari 11 halaman

Manfaat Susu untuk Mencerahkan Kulit

Susu mengandung asam laktat yang membantu dalam proses pengelupasan kulit dengan lembut, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mempercerah area di bawah mata.

Susu juga berperan dalam menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan kesegarannya. Kandungan protein dan enzim dalam susu memiliki sifat menenangkan pada kulit, yang membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan di sekitar mata.

4 dari 11 halaman

Kandungan Biji Almond Dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Biji almond mengandung vitamin E yang berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan. Kandungan asam lemak dalam almond membantu menjaga kelembaban kulit serta mengurangi kekeringan dan garis halus. 

Antioksidan yang terdapat dalam almond memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan dan memberikan efek pencerahan pada kulit di sekitar mata. 

Selain itu, biji almond juga mengandung vitamin E yang berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

5 dari 11 halaman

Cara Membuat Masker Alami untuk Menghilangkan Mata Panda

Ada banyak cara alami untuk menghilangkan mata panda, salah satu yang paling praktis adalah dengan membuat masker alami. Bahan yang perlu disiapkan adalah 5 helai bunga saffron, 1 sendok teh susu, dan 1 biji almond.

Berikut langkah-langkah pembuatan masker alami:

  1. Masukkan bunga saffron ke dalam penumbuk dan haluskan
  2. Ambil serbuk bunga saffron yang telah dihaluskan
  3. Tuangkan susu murni ke dalam wadah
  4. Taburkan serpihan serbuk bunga saffron
  5. Gosokkan biji almond pada bahan tersebut sampai halus
  6. Masker mata siap digunakan
6 dari 11 halaman

Penggunaan Masker Alami untuk Menghilangkan Mata Panda

Setelah masker mata sudah siap digunakan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk penggunaannya:

  1. Pastikan area mata sudah bersih
  2. Oleskan masker alami di bawah mata
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan air bersih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara rutin agar mata panda hilang dan tampilan wajah menjadi lebih segar.

7 dari 11 halaman

Apakah Mata Panda Akan Hilang dengan Sendirinya?

Kantung hitam di bawah mata memiliki kemungkinan untuk menghilang secara alami seiring berjalannya waktu, terutama jika faktor-faktor penyebabnya dapat diidentifikasi dan ditangani secara efektif.

8 dari 11 halaman

Apakah Mata Panda Bisa Hilang Permanen?

Biasanya, kantung di bawah mata, yang sering disebut sebagai mata panda, cenderung muncul sejalan dengan penuaan. Penampilan mata panda dapat menjadi permanen pada individu yang lebih tua karena elastisitas kulit menurun seiring bertambahnya usia. Namun, kondisi ini juga tidak jarang terjadi pada orang yang masih muda.

9 dari 11 halaman

Mata Panda Hitam Pakai Apa?

Untuk mengurangi warna gelap di bawah mata yang disebabkan oleh mata panda, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak almond atau gel lidah buaya. Anda juga bisa mencoba produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk area mata, yang mengandung temulawak atau senyawa curcumin.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Mata Panda Hilang dengan Es Batu?

Agar mata panda bisa teratasi, Anda dapat menggunakan kompres dingin di bagian bawah mata untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Caranya adalah dengan melapisi es batu dengan kain bersih atau merendam kain dalam air dingin, kemudian letakkan pada kulit di sekitar mata yang gelap selama 15-20 menit.

11 dari 11 halaman

Berapa Jam Tidur agar Mata Panda Hilang?

Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan tidur yang mencukupi, minimal 7 hingga 8 jam setiap malam. Posisi tidur yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya mata panda. Ketika kepala berada pada posisi yang sejajar dengan tubuh, cairan cenderung mengumpul di bawah mata, yang kemudian dapat menyebabkan pembengkakan di area tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.