Sukses

Tidak Usah Pakai Nanas atau Pepaya, Ini 2 Bumbu Marinasi Agar Steak Daging Tetap Gurih dan Empuk

Ada 2 bumbu khusus saat memarinasi daging sapi agar jadi lebih nikmat dan juicy. Ini dia bumbu dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jika daging ayam dipilih karena lebih murah dan mudah diolah, maka daging sapi digemari karena bisa diolah jadi berbagai macam hidangan.

Daging sapi sendiri merupakan daging merah, yang dilansir dari NCBI mengandung berbagai macam protein penting, asam amino esensial, vitamin dan mineral.

Meskipun daging sapi cukup sehat dan banyak varian olahannya, ternyata mengolah dan memasak daging sapi tidaklah semudah yang dibayangkan.

Sebagai contoh, daging sapi dikenal sangat alot dan harus dimarinasi dengan bumbu yang tepat agar empuk seperti nanas atau pepaya.

Namun, ada bumbu dapur alternatif pengganti nanas atau pepaya untuk memarinasi daging sapi, persis seperti yang dilakukan pemilik kanal YouTube/Nin is Cooking.

Lantas, bumbu apa saja yang digunakan? Simak jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Senin (17/6/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Keringkan Daging Sapi

Siapkan bagian daging sapi yang ingin dimasak dalam keadaan sudah kering. Namun jika belum kering, daging sapi bisa dikeringkan dengan tisu sambil ditepuk-tepuk.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Kecap Ikan dan Lada

Jadi, bumbu marinasi yang digunakan di sini hanyalah kecap ikan dan lada. Tuangkan kecap ikan secukupnya sampai melumuri daging, lalu tambahkan setengah sendok makan lada. Setelah itu, usap-usap bumbu sampai tercampur dan meresap ke dalam daging.

4 dari 11 halaman

Panaskan Daging

Usai dimarinasi, oleskan sedikit minyak di atas pancook lalu nyalakan kompor sampai minyak benar-benar panas. Jika sudah panas, letakkan daging yang sudah dimarinasi tadi di atas pancook sambil dibolak-balik setiap menit.

5 dari 11 halaman

Daging Sapi Jadi Sangat Empuk

Jika daging sudah kecoklatan dan terlihat matang sempurna, matikan kompor untuk mengangkat daging dan diletakkan di atas piring. Biarkan daging sejenak selama lima menit sebelum dipotong-potong dan dihidangkan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Steak Daging Sapi

7 dari 11 halaman

Bagian Steak Mana yang Paling Empuk?

Tenderloin merupakan potongan daging sapi yang paling lembut. Sangat ideal bagi mereka yang mengutamakan tekstur lembut daripada aspek lainnya. Agar kelembutannya tetap optimal, tenderloin paling baik dimasak dengan cara dipanggang di wajan panas atau di atas pemanggang bersuhu tinggi.

8 dari 11 halaman

Rib Eye Steak Bagian Apa?

Rib eye adalah potongan daging yang berada di sekitar tulang rusuk sapi. Bagian daging yang kerap disebut sebagai tulang iga ini memiliki tekstur yang sangat empuk. Potongan daging ini mencakup iga mulai dari iga ke-6 hingga iga ke-12.

9 dari 11 halaman

Kenapa Sirloin Alot?

Kekenyalan: sirloin lebih keras sebab kandungan lemaknya rendah. Kandungan gizi: tenderloin mengandung banyak lemak, sedangkan sirloin kaya akan protein.

10 dari 11 halaman

Apa Bedanya Tomahawk dan Rib Eye?

Perbedaan antara tomahawk dan rib-eye terlihat dari cara penyajiannya. Tomahawk sering kali disajikan dengan tulang rusuk besar yang dapat dipegang dengan satu tangan. Bentuk potongannya mirip dengan kapak tomahawk. Sebaliknya, rib-eye umumnya disajikan dalam bentuk potongan daging utuh tanpa tulang.

11 dari 11 halaman

Daging Wagyu dari Bagian Apa?

Wagyu dapat diambil dari berbagai bagian sapi, seperti sirloin, tenderloin, dan ribeye. Perbedaan utama Wagyu dibandingkan dengan daging sapi lainnya terletak pada kualitas dan sifat dagingnya, bukan pada bagian sapi tempat daging itu diambil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini