Sukses

Tanpa Dibakar Dahulu, Begini Trik Ampuh Bersihkan Kepala Kambing

Alih-alih dibakar, isi kepala kambing bisa dibersihkan dengan lebih mudah. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Di kala perayaan Idul Adha, orang-orang akan bersuka cita untuk menunggu pembagian daging hewan kurban. Salah satu bagian hewan kurban yang paling banyak diincar adalah kepala kambing.

Kepala kambing dapat diolah jadi hidangan yang lezat seperti tongseng atau rica-rica kepala kambing. Hanya saja, membersihkan kepala kambing memang cukup sulit, sehingga banyak orang yang memilih untuk membakarnya terlebih dahulu.

Padahal, kepala kambing yang dibakar kadang-kadang juga tidak maksimal dan cenderung bau gosong.

Karena itulah seorang warganet YouTube/AyahSuka Masak membagikan cara alternatif untuk membersihkan kepala kambing. Dirangkum pada Senin (17/6/2024), berikut adalah urutan bagian kepala kambing yang harus dibersihkan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Telinga Kambing

Bagian kepala kambing yang harus dibersihkan pertama kali adalah telinga. Pertama-tama, rebus air pada panci yang agak besar sampai mendidih. Usai mendidih, celupkan salah satu telinga kambing pada rebusan selama dua menit.

Setelah dua menit, ambil sendok makan yang tipis untuk mengerok bagian luar dan dalam telinga kambing sampai semua bulu kambing terpisah. Lakukan hal yang serupa untuk bagian telinga yang satunya.

3 dari 11 halaman

Moncong Kambing

Bagian moncong kambing meliputi seluruh bagian mulut sampai ke hidung. Cara membersihkan moncong kambing juga sama-sama mudah, yaitu dengan dicelupkan ke rebusan yang mendidih lalu dikerok-kerok sampai bersih dengans sendok makan.

4 dari 11 halaman

Bagian Belakang Kepala Kambing

Selain moncong kambing, bagian dahi sampai ke belakang kepala kambing juga harus dibersihkan. Namun bagian ini belum termasuk tanduk. Caranya juga sama, yakni direbus selama satu menit dan dikerok dengan sendok.

5 dari 11 halaman

Tanduk Kambing

Cara mencabut tanduk kambing cukup mirip seperti yang sebelumnya. Hanya saja, setelah direbus tanduk kambing akan dipotong menggunakan pisau dengan cara dipukul-pukul. Dengan begitu, kepala kambing sudah bersih dari bulu dan tanduk sehingga siap untuk diolah.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kepala Kambing

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Kepala Kambing?

Panggang kepala kambing sampai rambutnya hangus. Lalu, sikat dan bilas hingga bersih. Setelah itu, rebus selama setengah jam, lalu tiriskan serta buang air rebusan awal.

8 dari 11 halaman

Apakah Kepala Kambing Ada Dagingnya?

Sebagian besar orang jarang memasak satu bagian daging, yaitu bagian kepala kambing. Hidangan yang melibatkan kepala kambing utuh masih dianggap langka bahkan ekstrem di beberapa negara. Namun, di Indonesia, kepala kambing sering disajikan dengan cara dipanggang dan dimasak menjadi rica-rica.

9 dari 11 halaman

Kenapa Kepala Kambing Dibakar?

Menurut laporan dari Maseru Metro, sebaiknya kepala kambing terlebih dahulu dipanggang sebelum dimasak dengan berbagai macam rempah. Penggunaan api akan mempermudah proses penghilangan bulu di kepala kambing sampai tuntas dan bersih.

10 dari 11 halaman

Apakah Kepala Kambing Enak Dimakan?

Bagi penduduk Indonesia, kepala kambing dapat dimasak menjadi beragam hidangan lezat seperti gulai, rendang, sup, dan sate.

11 dari 11 halaman

Apakah Kolesterol Boleh Makan Daging Kambing?

Tingkat kolesterol di dalam daging kambing lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu, daging ayam memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada daging kambing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini