Sukses

8 Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah yang Minimalis tapi Nyaman, Bikin Tenang dan Pikiran Adem

Bagi mereka yang menjalankan bekerja dari rumah (WFH), terdapat beberapa rekomendasi untuk memperindah ruang kerja minimalis di rumah agar terasa nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan merebaknya pandemi, banyak individu beralih ke aktivitas bekerja dari rumah. Oleh karena itu, bagi mereka yang berkecimpung dalam aktivitas tersebut, tentu diperlukan suatu ruang kerja yang nyaman serta menarik secara visual.

Pilihan ruang kerja minimalis menjadi favorit bagi banyak orang untuk diterapkan di rumah. Selain sederhana dalam konsepnya, jenis ruang kerja ini juga tidak memerlukan upaya berlebihan.

Namun, terdapat beberapa panduan yang sebaiknya dipahami sebelum menyusun ruang kerja minimalis di dalam rumah.

Berikut merupakan beberapa petunjuk untuk mendesain ruang kerja minimalis di rumah yang dikutip dari beberapa sumber pada Rabu (10/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Pewarnaan Netral

Ruang kerja dengan konsep minimalis umumnya menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu muda. Anda dapat memilih furnitur, aksesori, atau dinding dengan warna-warna netral tersebut.

Selain sejalan dengan tema minimalis, warna-warna ini juga meningkatkan nilai estetika ruangan.

3 dari 14 halaman

2. Pemilihan Furnitur yang Nyaman

Rekomendasi selanjutnya adalah memilih furnitur yang nyaman digunakan. Gunakan meja dan kursi kantor dengan desain minimalis. Pilihlah furnitur yang memberikan kenyamanan saat Anda bekerja dalam waktu lama. Berbagai pilihan furnitur dapat dengan mudah ditemukan secara online.

4 dari 14 halaman

Siapkan Ruang Penyimpanan

Banyak orang beranggapan bahwa ruang kerja minimalis tidak memerlukan banyak barang. Namun, pandangan ini bisa saja keliru. Saat bekerja, sering kali Anda membutuhkan beberapa barang seperti buku, alat tulis, atau tas laptop.

Oleh karena itu, pastikan untuk menyediakan tempat penyimpanan seperti rak atau lemari di ruang kerja Anda.

5 dari 14 halaman

3. Sentuhan Nuansa Alam

Suasana alami dapat membuat interior rumah menjadi lebih segar dan nyaman. Kamu bisa menciptakan nuansa alami di ruang kerja agar terasa lebih nyaman dan natural.

Caranya, kamu bisa menempatkan tanaman di ruang kerja atau memanfaatkan cahaya matahari yang masuk melalui jendela.

6 dari 14 halaman

4. Tambahkan Aksesori

Terkadang, aksesoris favorit seperti mainan atau hiasan dinding bisa menambah semangat bekerja. Namun, pastikan aksesoris tersebut tidak terlalu banyak. Jika memungkinkan, pilihlah aksesoris yang memiliki fungsi dan sesuai dengan tema minimalis ruang kerja.

7 dari 14 halaman

5. Ergonomis

Tips lain untuk menciptakan ruang kerja minimalis di rumah adalah memperhatikan aspek ergonomis. Tidak ada gunanya ruang kerja terlihat estetis, tetapi tidak fungsional.

Aturlah ruang kerja di rumah agar seefisien dan seergonomis mungkin. Hal ini akan berpengaruh pada produktivitas dan kondisi fisikmu.

8 dari 14 halaman

6. Pisahkan Ruang Kerja dan Tempat Tidur

Pastikan ruang kerja terpisah dari tempat tidur atau kasur. Kehadiran tempat tidur di ruang kerja bisa memicu kemalasan dan godaan untuk beristirahat.

Meski begitu, bila terbatasnya ruang membuat ruang tidur dan kerja harus digabung, manfaatkanlah sudut-sudut tanpa tempat tidur sebagai area kerja.

9 dari 14 halaman

7. Jangan Terlalu Banyak Barang

Agar ruang kerja terasa minimalis, prinsip yang dapat diadopsi adalah 'kurangi lebih baik'. Pastikan setiap barang di ruang kerja memiliki fungsi atau kebutuhan yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Jangan sungkan untuk menghapus barang-barang yang tidak diperlukan.

10 dari 14 halaman

8. Pencahayaan

Pencahayaan alami di ruang kerja dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas. Namun, jangan abaikan pentingnya pencahayaan saat bekerja di malam hari.

Pilihlah lampu dengan desain menarik atau warna netral, dan pastikan lampu tersebut cocok dengan suasana sederhana di ruang kerja Anda.

11 dari 14 halaman

Faktor-faktor Apa Saja yang Memengaruhi Interior Kantor?

Beberapa elemen dalam desain kantor atau interior yang memengaruhi tingkat produktivitas, seperti perabotan, kebisingan, fleksibilitas, kenyamanan, komunikasi, pencahayaan, suhu, dan kualitas udara.

 

12 dari 14 halaman

Apa Fungsi dari Interior Kantor?

Desain interior kantor memiliki peran vital dalam membangun citra perusahaan serta meningkatkan efisiensi karyawan. Bahkan, desain yang optimal dapat mengurangi tingkat stres pekerja dengan efektif. Oleh karena itu, perencanaan interior kantor harus dilakukan dengan penuh perhatian.

 

13 dari 14 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Standarisasi Ruang Kantor?

Standar ukuran ruang kantor dan fasilitasnya bertujuan sebagai panduan bagi unit-unit utama dan teknis vertikal di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di seluruh daerah. Standar ini penting dalam perencanaan dan alokasi anggaran untuk pengadaan fasilitas kantor.

 

14 dari 14 halaman

Berapa Ukuran Standar Ruang Kerja?

Secara umum, standar kebutuhan luas ruang kantor yang umumnya diterapkan adalah sekitar 7 hingga 10 meter persegi per individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini