Sukses

Tetap Nikmat, Ini Trik Khusus untuk Kurangi Kandungan Lemak pada Sop Buntut

Sop buntut tanpa lemak tidak hanya lebih sehat, tapi juga tetap enak. Ini cara singkirkan lemaknya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan kehangatan dan tekstur yang gurih, sop buntut akan sangat nikmat jika disantap di kala hujan. Tak hanya itu, sop buntut juga tidak boleh absen saat hari-hari perayaan seperti lebaran.

Terlepas dari semua itu, sop buntut ternyata cukup dihindari bagi orang yang sedang diet atau mengidap penyakit tertentu.

Hal itu tak sepenuhnya salah. Melansir dari Livestrong, dalam setiap 100 gram sajian buntut sapi terdapat 262 kalori, di mana 130 di antaranya merupakan lemak.

Dari situ, sudah jelas tantangan terbesar saat makan sop buntut adalah kandungan lemak yang terlalu tinggi.

Namun, bagaimana jika lemak pada sop buntut bisa dihilangkan? Hal ini persis seperti yang dilakukan oleh warganet Instagram @alvinaolivia dalam menghilangkan lemak pada buntut sapi, yang caranya akan dirangkum pada Rabu (12/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Masak Sop Buntut Sehari Sebelumnya

Warganet dengan nama akun @alvinaolivia ini ternyata sudah memasak sop buntut sehari sebelum disajikan. Rupanya, ia melakukan hal ini karena sop buntut tersebut akan dibekukan di dalam freezer.

3 dari 11 halaman

Lemak Akan Membeku

Setelah didiamkan seharian di dalam freezer, keluarkan sop buntut. Bisa dilihat, lemak sop buntut sudah mengendap dan mengeras di bagian atas.

4 dari 11 halaman

Kerok Lemak Sop Buntut

Karena sudah membeku, maka lemak bisa langsung diserok menggunakan sendok logam. Namun, lemak harus dikerok dengan berhati-hati karena pasti akan cukup keras. Selain itu, jangan sampai daging pada sup buntut jadi rusak saat dikerok.

5 dari 11 halaman

Bisa untuk Olahan Daging Lain

Tidak hanya pada sop buntut, teknik ini juga bisa digunakan dengan sama persis pada olahan sup daging lain seperti rawon atau soto. Rasanya pun juga tidak akan kalah lezat meskipun tanpa lemak.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Sop Buntut

7 dari 11 halaman

Sop Buntut Terbuat dari Apa?

Menggunakan potongan buntut sapi yang digoreng atau dipanggang, disuguhkan dengan sayuran dalam kuah kaldu sapi yang kental tetapi transparan. Terdiri dari kentang yang direbus, wortel, tomat, daun bawang, seledri, bawang merah yang digoreng, dan jamur hitam kering.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Sop Buntut?

Sup buntut memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi karena mengandung senyawa fosfor. Fosfor dan kalsium berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi.

9 dari 11 halaman

Kenapa Sop Buntut Mahal?

Di warung tenda, biasanya sop buntut dijual dengan harga sekitar 60-100 ribu rupiah. Namun, di restoran atau hotel berbintang, harganya bisa mencapai ratusan ribu. Kenaikan harga ini bukan tanpa alasan, karena pengolahan sop buntut membutuhkan perhatian khusus dan menggunakan bahan-bahan yang spesial.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Buntut Sapi Sampai Empuk?

Umumnya, proses merebus buntut sapi hingga empuk memakan waktu sekitar delapan jam. Selama proses ini, air rebusan dapat diganti sesuai kebutuhan, mungkin dilakukan dua atau tiga kali. Setelah dimasak, buntut sapi dapat diolah lebih mudah sesuai dengan preferensi masing-masing.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Sop Daging Bertahan?

Apabila disimpan di dalam kulkas, sup yang mengandung sayuran atau daging akan tetap segar selama 3 hingga 4 hari. Jika Anda memutuskan untuk membekukan sup tersebut, maka diperkirakan sup tersebut dapat bertahan selama 2 hingga 3 bulan dalam lemari pembekuannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini