Sukses

Trik Goreng Terong Agar Tetap Segar Berwarna, Hanya Butuh 1 Bumbu Dapur

Proses menggoreng seringkali menghilangkan warna ungu alami pada kulit terong, sehingga tampilannya jadi kurang menarik. Namun, tips singkat ini dapat dicoba agar terong goreng tetap bisa ungu. Yuk, simak!

Liputan6.com, Jakarta Terong menjadi salah satu sayuran yang banyak digemari. Karenanya, ada banyak sekali olahan terong, seperti diolah menjadi sayur lodeh, balado terong, terong goreng untuk teman lalapan, dan masih banyak lagi. 

Namun demikian, nyatanya tak sedikit orang yang belum bisa mengolah terong agar warna ungu alaminya tidak hilang. Terlebih, jika proses memasaknya adalah dengan cara digoreng. Pemanasan dengan minyak tersebut rawan menghilangkan warna ungu cerah pada terong.

Meski begitu, tak perlu khawatir karena salah satu akun TikTok @myllakitchen membagikan trik simpel bagaimana membuat warna pada terong goreng tetap ungu. Berikut penjelasannya dirangkum pada Sabtu (22/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Terong

Langkah pertama tentu adalah menyiapkan terong ungu segar sejumlah yang dibutuhkan. Kemudian, cuci terong dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, potong-potong sesuai selera. 

3 dari 12 halaman

2. Rendam Terong di Air Garam

Langkah ke dua inilah kunci yang akan mempertahankan warna ungu pada terong goreng, yaitu air garam. Rendam potongan terong tadi dalam air garam selama beberapa menit. Air garam ini akan membantu mengunci warna alami pada terong agar tidak hilang ketika digoreng. 

4 dari 12 halaman

3. Goreng Terong di Minyak Panas

Selanjutnya, tiriskan rendaman terong dari air garam. Lalu, tanpa perlu dicuci lagi, langsung goreng terong dalam minyak yang sudah panas. Jangan lupa untuk dibolak balik agar matangnya merata. 

5 dari 12 halaman

4. Tiriskan dan Sajikan

Jika terong sudah terlihat lebih lunak dan sedikit mengerut, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga minyak yang meresap ke terong benar-benar berkurang. Terong ungu goreng siap disajikan. 

6 dari 12 halaman

Cara Tepat Menyimpan Terong Agar Tahan Lama

Cara menyimpan sayuran berwarna, seperti terong ungu, tentu bisa memengaruhi keawetan dan warnanya. Berikut ini beberapa cara menyimpan terong ungu supaya tahan lama:

  1. Pastikan membeli terong yang masih segar
  2. Hindari mencuci terong yang akan disimpan. Cukup cuci terong ketika akan diolah.
  3. Perhatikan tempat penyimpanan, yaitu pastikan tempatnya kering dan sejuk, serta hindarkan dari sinar matahari langsung
  4. Jangan simpan terong bersama dengan buah-buahan lainnya.
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengolah Terong Ungu

8 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Menggoreng Terong Agar Tidak Menyerap Minyak?

Untuk menghindari terong menyerap terlalu banyak minyak saat dimasak, Anda dapat menyebarkan garam di atas potongan terong sebelumnya. Diamkan terong dengan garam selama 30 hingga 60 menit sebelum dimasak. Proses ini akan membantu menjaga tekstur terong tetap kering dan mengurangi penyerapan minyak berlebih.

9 dari 12 halaman

Kenapa Terong Harus Direndam Air Garam?

Terong yang telah dipotong kemudian direndam dalam air garam selama sekitar 15 hingga 20 menit. Proses perendaman ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi rasa pahitnya, tetapi juga untuk menjaga konsistensi terong agar tetap baik saat dimasak.

10 dari 12 halaman

Kenapa Terong Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

Menyimpan terong secara tidak tepat dapat menyebabkan terong menjadi keriput dan berubah warna menjadi hitam sebelum proses memasaknya. Terdapat metode penyimpanan yang dapat menjaga kesegaran terong hingga enam bulan lamanya. Kulkas, freezer, atau suhu ruang dapat dimanfaatkan untuk tujuan tersebut.

11 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Agar Terong Tidak Hitam?

Menyimpan potongan terong tanpa mengubah warnanya menjadi hitam bisa dilakukan dengan cara merendamnya dalam air lemon di dalam wadah kedap udara, sebagaimana dilaporkan oleh Leaf.tv. Caranya adalah dengan memeras air lemon di atas potongan terong.

12 dari 12 halaman

Apakah Kulit Terong Perlu Dikupas?

Salah satu sumber antioksidan ialah kulit terong. Oleh karena itu, hindarilah mengupasnya mulai sekarang. Hidangan terong yang disiapkan dengan baik akan memiliki rasa lembut dan tekstur yang halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini